Bengkel bubut bekasi akhir-akhir ini banyak dibidik oleh kalangan pengusaha terkhusus di wilayah bekasi dan sekitarnya. Sebelum kita masuk pada inti pembahasan, mari kita bahas dahulu sejarahnya mesin bubut mengapa bisa tersohor sampai saat ini.

Bengkel bubut CV. Teknik Jaya Component melayani jasa : Jasa Bubut CNC, Jasa Machining, Jasa CNC, Jasa Reparasi, Jasa Fabrikasi, dan Jasa pengerjaan logam lainnya. Sudah barang tentu hasil produksi kami adalah hasil kualitas tinggi. Tidak sedikit yang memberikan testimoni dan pujiannya atas hasil kerja CV. Teknik Jaya Component. Bisa anda lihat hasil produksi kami di sini : Instagram Teknik Jaya

bengkel bubut bekasi

Bengkel Bubut Bekasi
CV. Teknik Jaya Component
W.A : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id

Pengerjaan Jasa di Bengkel Bubut Bekasi

Sejak 1994, Bengkel Bubut Bekasi Teknik Jaya Component terus menjadi mitra tepercaya untuk banyak industri di seluruh wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Di mana pun Anda berada, jika workshop “normal” menganggap toleransi yang rumit dan sangat ketat yang diperlukan komponen Anda “tidak mungkin” dicapai, kami akan memberikan yang terbaik dengan hasil yang ultra presisi. Maksudnya adalah membuat suku cadang Anda dikerjakan sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Untuk Siapa jasa bengkel bubut bekasi ini ?

Bagi yang menghendaki pembuatan suku cadang atau spare part machining

Apa Kelebihan jasa kami dibanding jasa lainnya ?

3 paket sekaligus : Harga, Kualitas, dan Pengiriman yang memuaskan

Bagaimana cara memesan atau mengorder di bengkel bubut bekasi ?

Anda cukup mengontak dengan WA, tim kami akan merespon dengan sigap dan tanggap. dan kirimkan drawing atau sample part ke kami

Apakah ada jaminan atau garansi after sales pada hasil produk?

Jelas, kelebihan bengkel bubut teknik jaya adalah memberikan jaminan after sales, jika barang tidak sesuai dengan drawing kesepakatan maka akan di repair.

Mesin bubut merupakan salah satu alat mesin yang digunakan untuk memotong logam dari suatu benda kerja untuk memberikan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Jasa Bubut di bengkel bubut bekasi digunakan dalam pengerjaan logam, woodturning, metal spinning, thermal spraying, glass working, dan bagian reklamasi.

Berbagai operasi lain yang dapat Anda lakukan dengan bantuan mesin bubut dapat mencakup pengamplasan, pemotongan, knurling, pengeboran, dan deformasi alat yang digunakan dalam membuat objek yang memiliki simetrisitas sekitar sumbu rotasi. Tim workhsop bengkel bubut bekasi biasa mengerjakan operasi ini semua.

Mesin bubut merupakan bapak dari semua peralatan perkakas mesin standar. Fungsi Bubut adalah untuk menghilangkan logam dalam bentuk serpihan dari sebuah pekerjaan dengan cara memasang logam yang sama secara kaku pada spindel mesin dan berputar pada kecepatan yang diperlukan. Alat pemotong diaplikasikan pada benda kerja baik secara longitudinal atau melintang untuk menghasilkan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan.

Bagian Mesin di Bengkel Bubut Bekasi

Dalam pengerjaan jasa bubut, kita harus tau dahulu bagian-bagian mesin bubut. Jadi Apa Saja Bagian dari Mesin Bubut? Alat mesin bubut terdiri dari beberapa bagian seperti :

  • Headstock : terletak di sisi kiri bed bubut dan merupakan rumah dari mekanisme penggerak dan mekanisme kelistrikan dari alat mesin bubut.
  • Bed : dasar dari mesin bubut, terbuat dari bahan pengecoran dari Semi-baja (Besi Cor Dingin). Bed terdiri dari dua slide logam berat yang memanjang, dengan step atau ‘V’ terbentuk di atasnya dan didukung secara kokoh dengan lingkar silang.
  • Tailstock : Sebagai alat dukung terletak di ujung berfungsi untuk menahan benda kerja panjang dan meminimalkan getaran juga titik center. Tailstock adalah alat digunakan untuk melakukan operasi khusus seperti pengeboran, reaming, penyadapan, dan lain-lain.
  • Carriage : digunakan untuk mendukung, memandu, dan mengumpankan pahat terhadap pekerjaan saat opeasi bubut selesai.
  • Saddle : Berbahan semi baja coran berbentuk ‘H’ dan memiliki panduan ‘V’ dan panduan datar untuk memasangnya di jalur tempat bed.
  • Cross-slide : dipasang di bagian atas saddle. Permukaan atas cross-slide dilengkapi dengan T-slot.
  • Compound rest : Menahan tiang pahat dan pahat di berbagai posisinya. Dapat diputar pada posisi yang diinginkan di bidang horizontal. Hal ini diperlukan untuk mengubah sudut dan mengecilkan panjang pahat.
  • Toolpost : bagian paling atas dari carriage dan digunakan untuk memasang berbagai pisau pahat atau pemegang alat.
  • Apron : adalah tempat mekanisme pemakanan. Apron diikat ke saddle dan hangover di depan tempat bed
  • Lead Screw : sebagai ulir daya atau ulir pengubah. Ini mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan linier. Lead Screw digunakan untuk operasi Pemotongan Ulir.
  • Feed rod : digunakan untuk memindahkan carriage dari sisi kiri ke sisi kanan dan juga dari sisi kanan ke sisi kiri.
  • Chuck : digunakan untuk menahan benda kerja dengan aman, terdapat 2 jenis yaitu chuck 3 dan 4.
  • Main spindle : poros silinder berlubang di mana pekerjaan panjang dapat melewatinya. Spindle dirancang dengan sangat baik sehingga daya dorong pahat tidak membelokkan spindel.
  • Leg : adalah kaki-kaki membawa seluruh beban komponen mesin bubut dan dipindahkan ke tanah. Kaki-kaki diikat dengan kuat ke lantai dengan baut.

Spesialis Machining dan Pembuatan spare Part
W.A : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id

Kenali Mesin Bubut Lebih Dalam

Mesin bubut ditemukan oleh Jacques de Vaucanson sekitar 1751. Mesin Bubut adalah alat kuno. Pada tahap paling awal mesin ini dikembangkan sekitar tahun 1300 SM pada saat itu belum banyak dikembangkan sehingga diharapkan banyak bagian headstock dan Tailstock. Namun selama revolusi industri, pengerjaan bubut pada pengerjaan logam telah berkembang menjadi jenis mesin kelas berat dengan bagian komponennya yang lebih tebal dan kaku.

Antara abad 19 dan 20 motor listrik diganti jalur poros sebagai sumber tenaga. Kemudian pada tahun 1950, servomechanism diterapkan untuk mengontrol mesin bubut dan peralatan mesin lainnya dengan numerik, mesin kontrol numerik langsung. Mesin Bubut adalah mesin yang paling serbaguna di antara semua alat perkakas mesin. Saat ini mesin yang dikendalikan berupa operasi manual, operasi CNC dan bahkan dengan bantuan mekanisme bubut manual (semi CNC).

Jenis-Jenis Mesin Bubut

Terdapat banyak jenis mesin dalam pengerjaan bubut di bengkel bubut bekasi. Orang banyak hanya mengira mesin bubut hanya 1 jenis, akan tetapi banyak jenisnya. Berikut ini jenis nya :

  • Speed Lathe : seperti namanya yang mengindikasikan “Speed”, mesin bekerja dengan kecepatan tinggi. Spindel headstock berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Bagian-bagiannya yaitu headstock, tailstock, tetapi tidak memiliki mekanisme feed seperti center. Pemakanan dioperasikan secara manual. Rentang kecepatan mesin ini dioperasikan antara 1.200 hingga 3600 RPM. Speed lathe digunakan untuk spinning, centering, polishing, dan pengerjaan kayu.
speed lathe
  • Center atau Engine Lathe adalah jenis yang paling banyak digunakan, hampir di setiap bengkel bubut mesin ini ada. Operasi yang dapat dilakukan diantaranya : Turning, Facing, Grooving, Knurling, Threading, dan lainnya. Mesin ini digerakkan oleh mekanisme roda gigi atau mekanisme pulley.
engine lathe
  • Tool Room Lathe dapat beroperasi dengan kecepatan hingga 2500 rpm. Bagian-bagiannya hampir sama dengan mesin bubut lainnya tetapi bagian-bagiannya dibuat dengan sangat akurat dan harus diatur dalam urutan yang tepat karena mesin jenis ini digunakan untuk pekerjaan yang sangat presisi dengan toleransi sempit. Ini terutama digunakan dalam grinding, pengerjaan cutting tool, pembuatan dies dan dalam pekerjaan pemesinan lainnya yang membutuhkan kepresisian tinggi.
tool room lathe
  • Capstan and Turret Lathe, jenis ini adalah teknologi terbarukan dalam industri manufaktur. Jenis mesin ini digunakan untuk produksi massal (Masspro) dan merupakan versi modifikasi mesin bubut dasar. Dalam satu operasi akan di set untuk lebih dari gerakan pahat. terdapat 3 sampai 5 poros pemakanan, untuk dapat menghasilkan hasil produksi massal.
capstan turret lathe
  • Bench Lathe, Jenis mesin bubut ini berukuran kecil dan digunakan untuk pekerjaan presisi. Bench lathe memiliki semua bagian sama persis dengan speed lathe.
bench lathe
  • Automatic Lathe, seperti namanya, “Mesin bubut otomatis” melakukan pekerjaan secara otomatis, digunakan untuk produksi massal. Beberapa mekanisme bersistem otomatisasi di dalamnya. Anda tidak perlu mengganti tool secara manual karena tool berubah secara otomatis. Keuntungan utama jenis mesin ini adalah satu operator dapat mengoperasikan 3 sampai 5 mesin sekaligus. Jenis mesin bubut ini berkecepatan tinggi dan dapat untuk pengerjaan heavy duty.
bengkel bubut bekasi automatic lathe
  • Special Purpose lathe, jenis untuk produksi heavy duty dari komponen part yang khusus. Beberapa contoh mesin ini yaitu mesin bubut Vertikal, Mesin bubut roda, Mesin bubut T, Mesin bubut Multi Spindle, Mesin bubut produksi, dan lain sebagainya.
  • CNC Lathe Machine, banyak digunakan saat ini karena kerjanya yang cepat dan akurat. Ini adalah salah satu jenis yang paling maju dibanding jenis mesin lain. Dengan program komputer untuk mengontrol pengerjaan. Program akan dimasukkan ke dalam komputer sesuai program, program itu mulai beroperasi dengan kecepatan dan akurasi yang sangat tinggi. Program yang sudah dibuat dan disimpan dapat dibukan kembali jadi tidak usah membuat program ulang. Jenis mesin bubut ini juga digunakan untuk produksi massal dan kepresisian tinggi.
bengkel bubut bekasi cnc

Tunggu apalagi, kebutuhan pemesinan spare part anda silahkan berikan kepada kami bengkel bubut bekasi. InsyaAllah akan diselesaikan dengan kepuasan anda. Pelanggan kami selalu kami berikan pelayanan maksimal dengan 3 keunggulan servis yaitu : Kualitas Baik, Harga terjangkau, dan Delivery tempat waktu.

Selain tim ahli, kami berusaha untuk menawarkan layanan lokal yang fantastis. Kami memahami kebutuhan pasti dari pengerjaan logam, jadi kami telah membangun reputasi baik untuk memastikan memproduksi suku cadang yang tepat untuk memenuhi harapan Anda.

Bengkel Bubut Bekasi Teknik Jaya memiliki berbagai pengalaman dan pengetahuan di sektor pengerjaan logam, yang dengan senang hati kami bagikan dengan Anda. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda butuhkan, beri tahu kami spesifikasi Anda saat ini dan kami dapat mempersempit pencarian Anda berdasarkan bahan, metode, dan lainnya.

Leave a Reply