Fungsi dan jenis ulir, serta Pembuatannya – Semua jenis sistem sambungan menggunakan beberapa tipe mur dan baut. Kemudian dari proses sambungan tersebut butuh beberapa uliran yang dibedakan menjadi beberapa bentuk. Ulir masih disebut sebagai satu jalan untuk menghubungkan da merekatkan sebuah mur ataupun baut dengan sebuah objek benda. Untuk itu, ada alur silinder dengan sebutan 2 sampai 3 jalur.

Fungsi dan Jenis Ulir
Penggunaan ulir dalam dunia industri

Kemudian ada jarak antara puncak-puncak yang berbeda dari setiap putaran dengan sebutan kisar. Untuk kisar di setiap uliran tunggal memiliki jarak di dalamnya. Sehingga untuk jenis uliran ganda ataupun triple memiliki besaran yang bervariasi. Ada beberapa poin yang membedakan jenis uliran diantaranya gerakan, jumlah, dan bentuk permukaan ulir. Kemudian ada beberapa jenis ulir dilihat dari standar yang dipakai baik itu metrik ataupun whitworth.

Baca Juga : Roda Gigi dan Penggunaannya

Jenis Ulir Beserta Fungsi Lengkapnya

Berdasarkan Arah Gerakan Jalur

ulir kanan dan ulir kiri
Ulir Kanan dan Ulir Kiri

Jenis ulir pertama yang umum digunakan masih berdasarkan pada gerakan jalur ulirnya. Karena itu, arah gerakan ulir ini bisa dibedakan kembali menjadi dua jenis yakni ulir kiri dan kanan. Sedangkan untuk mengetahui apakah sebuah ulir masuk ke bagian kanan ataupun kiri bisa dilihat dari sudut kemiringan dari satu sudut sisi ulir.

Adapun fungsi dari ulir kanan atau kiri tergantung pada penggunaannya. Ulir kanan digunakan untuk mengikat benda yang statis (tidak bergerak), sedangkan ulir kiri biasanya mengikat benda yang bergerak (dinamis) semacam pedal sepeda, gergaji, shaft motor, dan lain sebagainya

Fungsi dan jenis ulir masih dapat dimanfaatkan kembali sebagai tanda bahwa sebuah jenis mur masuk ke bagian alur kanan ataupun kiri.

Baca Juga : Cara Kerja Mesin CNC

Jenis Ulir Menurut Bentuk Sisinya

Berikutnya ada jenis ulir beserta fungsi yang mana bisa dilihat dari bentuk sisinya. Sampai sekarang ada banyak jenis uliran menurut bentuk sisinya. Mulai dari ulir sekrup withworth, ulir sekrup metris, ulir sekrup thread, ulir sekrup bulat, dan ulir sekrup trapesium. Bahkan jenis ulir menurut bentuk sisinya masih kerap ditemukan di pasaran dan menjadi salah satu jenis ulir paling banyak dibutuhkan sampai saat ini.

Fungsi dan Jenis Ulir
Jenis Ulir berdasarkan bentuknyaFungsi dan Jenis UlirJenis Ulir berdasarkan bentuknya

Pemilihan bentuk ulir ini didasarkan pada penggunaan. Sebagai contoh untuk penggunaan mencegah terjadinya kebocoran pada pipa, ulir yg digunakan jenis Whitworth. Kemudian untuk penggunaan penerus daya atau untuk menahan daya yang berat, ulir yang digunakan jenis segi empat. Sedangkan untuk penggunaan transmisi daya atau perubahan daya sumbu pada benda yang tidak relatif berat, biasanya digunakan ulir bentuk trapesim.

Jenis Ulir Dari Jumlah Ulir Tiap Gang

single thread dan double thread
Single Thread & Double Thread

Anda dapat melihat jenis ulir berdasarkan jumlah uliran tiap gang. Masih ada jenis lain yang bisa diperhatikan yakni ulir tunggal dan ulir ganda. Kemudian untuk ulir ganda memiliki lebih dari satu ulir baik itu tiga ataupun empat ulir. Lalu untuk jenis ulir tunggal juga memiliki ciri dalam jumlah uliran yang dinilai lebih sedikit. Baik itu ulir ganda ataupun ulir tunggal sama-sama memberi potensi tepat dalam hal merekatkan beberapa bidang, hingga Anda tahu Fungsi dan jenis ulir.

Ulir jenis tunggal digunakan untuk penggunaan standar dan pada sistem yang memiliki pergerakan dinamis yang pendek. Sedangkan ulir jenis ganda diperuntukkan untuk sistem mekanisme yang tidak terlalu berat, namu memiliki pergerakan yang lebih jauh dalam sekali putaran.

Jasa Bubut
Jasa Bubut CNC & Jasa Machining berpengalaman

Fungsi Ulir Secara Lengkap

Fungsi dan Jenis Ulir
Ulir dengan berbagai fungsinya

Mungkin saat ini Anda ingin lebih tahu seputar fungsi sistem ulir yang seringkali digunakan dalam bidang konstruksi. Kemudian untuk fungsi ulir secara umum bisa diandalkan sebagai alat pemersatu ataupun penyatu komponen menjadi satu unit barang jadi. Rata-rata standar ISO baik itu pada versi British Standard, ataupun American Standard masih menggunakan banyak jenis ulir yang umum digunakan saat ini.

Kemudian ada fungsi lain yang mana ulir mampu menjadi penerus daya terutama pemindah daya lain terutama pada perangkat dongkrak. Tidak hanya itu, pada jenis mesin produksi juga memiliki jenis ulir yang mana mampu memperlihatkan beberapa perubahan fungsi sebuah benda. Terakhir, ada fungsi ulir yakni sebagai pencegah terjadinya kebocoran terutama di beberapa sistem ulir pada pipa.

Melihat jenis-jenis ulir dan fungsinya dapat kita lihat beberapa peluang besar dalam menggunakan berbagai macam tipe ulir untuk merekatkan banyak barang. Perhatikan dari setiap jenis ulir beserta fungsinya yang kemudian bisa diandalkan sebagai modal terbaik untuk merekatkan banyak barang menjadi satu kesatuan.

Mesin Perkakas untuk membuat ulir

Mesin perkakas untuk membuat ulir ada banyak macamnya. Pembuatan ulir didasarkan pada metode dan ukurannya. Terdapat 3 jenis mesin yang dapat digunakan untuk membuat ulir, diantaranya :

1. Mesin Bubut

Untuk jenis ulir yang beragam dan berukuran besar sangat cocok menggunakan mesin bubut. Dengan fiturnya yang dapat membuat alur berdasarkan apa yang diinginkan, mesin bubut adalah jawabannya. Pembentukan ulir pada mesin bubut menggunakan pahat yang di bentuk sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu melihat tabel ulir, setting gigi pada mesin, memilihi roda gigi penggantinya.

Pembuatan Ulir menggunakan mesin bubut

Untuk ulir jenis metrik sudut pahat ulir yang digunakan harus 60 derajat, sedangkan untuk witworth sudut yang digunakan sebesar 55 derajat. Ketika sudah ditentukan, tinggal memilih kecepatan yang diinginkan pada saat penguliran.

Terdapat 2 metode dalam pembuatan ulir ketika pemakanan, yaitu Radial Infeed dan Flank Infeed. Radial infeed menempatkan pahat pada posisi tegak lurus dengan benda kerja, cara ini yang paling sering digunakan. Sedangkan Flank infeed adalah menempatkan posisi pahat miring sepanjang 30 derajat (setengah sudut pahat). Flank infeed akan menghasilkan suhu yang lebih rendah dibandingkan radial infeed karena sudur pahat yang digunakan hanya satu sisi saja, akan tetapi biasanya hasilnya lebih kasar.

2. Mesin Thread Rolling

Pembuatan Ulir dengan Mesin Thread Rolling

Klik Play untuk melihat video pembuatan ulir dengan thread rolling machine

Seiring berjalannya teknologi permesinan, terdapat banyak kemajuan. Diantaranya adalah mesin thread rolling. Mesin ini memanfaatkan dies yang disesuaikan untuk membentuk ulir. karakteristik mesin ini adalah tidak ada material yang dibuang. Tugasnya adalah membentuk sesuai dengan dies yang dipakai.

Pada Prakteknya, saat opeasi pembuatan ulir dengan mesin ini harus dibarengi dengan pelumas. Pelumas berfungsi untuk melicinkan pembentukan ulir agar tidak selip. Terdapat standar diameter khusus ketika pembentukan ulir demi mendapat ukuran yang diinginkan.

Mesin thread rolling umumnya digunakan untuk produksi dalam skala besar. Berbeda dengan mesin bubut, karena memanfaat satu dies saja untuk mencapai ulir yang dikehendaki. Kelebihannya adalah cepat prosesnya, hanya saja memiliki kekurangan dalam hal biaya, terutama biaya diesnya. Mesin thread rolling ada yang berukuran besar (heavy duty) dan berukuran kecil.

3. Mesin Tap (milling)

Snei dies untuk membuat ulir

Tipe pembuatan ulir pada mesin ini sama dengan mesin bubut. Yaitu ada proses pemotongan (pembuangan) bahan. Hanya saja menggunakan dies sesuai yang diinginkan berupa snei. Snei ini dapat dibuat sendiri sesuai keinginan user. biasanya ulir yang dikehendaki dalam mesin ini adalah ulir ukuran standar pasaran.

Pembuatan ulir dengan snei di mesin bubut

Jika ulir yang diinginkan besar, bisa saja dilakukan. Hanya saja tidak dalam sekali operasi. Bisa mencapai 3 – 4 kali operasi. Pembuatan ulir dengan menggunakan dies snei ini pun sebenarnya dapat juga menggunakan mesin bubut dengan berbagai modifikasi. Caranya yaitu menempatkan snei di tengah bed dan ditahan oleh gagang besi dan ulir pun dapat dibuat.

Jasa Bengkel Bubut Kami, Jasa Bubut, dan Jasa Machining

This Post Has One Comment

  1. Disa Aryandi

    Terpercaya

Leave a Reply