Tukang Bubut Terpercaya Teknik Jaya Component, sejak 1994 menjadi andalan machining & pengerjaan Logam. Kesuksesan bisa Anda mulai dari sekarang, Apalagi jika sudah bekerja di bengkel bubut bertahun-tahun hingga sudah menguasai cara kerja mesin tersebut. Tidak ada salahnya memulai bengkel bubut sendiri. Kendati hidup di kota yang tentu sudah banyak pesaing bengkel bubut, tapi Anda tetap memiliki peluang sukses.

Mengumpulkan pundi-pundi rupiah saat menjadi tukang bubut memang layak ditekuni.  Mengingat saat ini kebutuhan sparepart kendaraan atau mesin semakin tinggi. Akan tetapi jika kamu ingin menekuni bengkel bubut ini perlu mengetahui jenis-jenis mesin bubut dan peralatan lainnya. Dengan demikian, kamu sudah memiliki pengetahuan yang sangat membantu saat terjun dalam usaha tersebut.

tukang bubut

Jenis-Jenis Mesin Bubut Menurut Ukurannya

Mesin bubut memiliki jenis yang variatif. Yang mana terbagi ke beberapa kategori serta memiliki fungsi utama untuk memotong benda dengan cara diputar. Sebagai tukang bubut , wajib kamu pahami jenis-jenis tersebut agar lebih mudah menerapkannya pada bengkel yang akan kamu bangun. Jenis-jenis mesin bubut berdasarkan ukuran diantaranya:

 Mesin Bubut Standar

Mesin bubut standar memiliki ukuran yang lebar dan berat serta memiliki kontruksi yang lengkap. Perlengkapan yang mengikutinya yakni mesin pendingin, lampu kerja, rem dan tempat untuk menampung geram.  Pada umumnya, mesin bubut jenis ini digunakan pada sebuah industri kecil atau pabrik.

Mesin Bubut Berukuran Sedang

Wajib bagi tukang bubut pemula untuk mengetahui potensi dari mesin bubut sedang. Pasalnya, mesin bubut ini memiliki beberapa bagian dan peralatan yang berfungsi khusus. Selain itu, kegunaannya juga lebih kompleks. Material dengan diameter 20 cm pun bisa diselesaikan menggunakan mesin ini.

Mesin Bubut Ringan

Mesin bubut ringan biasaya digunakan untuk keperluan yang sifatnya ringan. seperti halnya untuk memotong benda kecil dan keperluan rumah tangga. Ukurannya yang kecil dan perlengkapannya terbatas sehingga mudah diletakkan di manapun.

Bentuk dari mesin ini juga sederhana dan mudah dipahami bagi tukang bubut pemula. Panjang mesin bubut ringan tidak lebih dari 1200 mm. Nah, dengan mesin bubut ringan ini, bisa dijadikan ajang latihan untuk menggunakan mesin bubut yang lebih kompleks sebelum terjun dalam usaha bengkel bubut.


Mencari Jasa Machining atau Jasa Bubut CNC Terbaik ?

Lihat Koleksi Produksi kami lengkap di Instagram Klik Tombol dibawah ini

Whatsapp : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id
CV. Teknik Jaya Component


Lowongan yang Banyak Diminati

Setelah admin melihat – lihat di beberapa situs pencarian juga di social media banyak sekali yang mencari lowongan tukang bubut ini. Tak juga disangka bahwa komunitas dan persatuan operator bubut ini sangat kuat dan solid juga ramai. Di grup – grup terkait sangat beragam hal yang dibicarakan dari mulai teknik atau tips proses bubut, sharing – sharing ilmu teknik, sampai berbagi info lowongan.

Untuk peluang lowongan bubut sendiri ini sangat besar dikarenakan pemerintah saat ini dan selanjutnya sedang menggenjot sector manufaktur. Pastinya workshop bubut dan sejenisnya akan terkena imbas positif dari target pemerintah ini. Lowongan yang ditawarkan ada yang untuk pengerjaan reparasi dan perbaikan, ada pula untuk posisi operator produksi yang biasanya workshop tersebut bermain di fabrikasi dan produksi logam.

Selain itu posisi penempatan dan peluang tukang bubut juga melihat kebutuhan. Ada yang dibutuhkan sebagai operator bubut manual ada juga sebagai operator bubut CNC. Untuk menjadi seoarang operator bubut CNC diperlukan ilmu dan pelatihan sebelumnya, karena jika dilihat memang sistem manual dan CNC ini bisa dikatakan berbeda jauh. Khusus operator mesin CNC biasanya yang bersangkutan harus memiliki kecerdasan dalam matematika dan mengingat disamping penguasaan tool dan juga penguasaan komponen – komponen mesin CNC.

Bagi anda yang mencari lowongan tukang bubut admin sarankan untuk mencobanya mencari di situs pencarian kerja ataupun di social media, juga mencari channel dari rekanan sesama tukang. Perlu juga diperhatikan saat menego gaji dengan pengusaha workshop untuk tidak terlalu meminta berlebihan, yang sepantasnya sebagai upah tukang bubut dan kemampuan pengusaha dalam membayar upah juga harus diperhatikan. Hal ini dilakukan agar didapatkan kesepakatan Bersama demi mencapai tujuan Bersama.

Jika anda memutuskan untuk berusaha sendiri, dibawah ini beberapa tips sukses untuk menjadi pengusaha workshop bubut sendiri.

9 Tips Sukses Menjadi Tukang Bubut Pemula

Menjadi tukang bubut seperti yang di ungkapkan di www.ziprecruiter.com dalam bengkel milik sendiri adalah sebuah pilihan tepat. Sebelum penghasilan mencukupi untuk menambah karyawan, bengkel bubut tetap dapat berjalan. Hal ini tentu saja dapat menekan biaya pengeluaran. Supaya bengkel bubut Anda sukses berikut ini tips yang bisa kamu lakukan.

Tentukan Konsumen

langkah pertama menjadi tukang bubut yang sukses harus tepat dalam membidik konsumen.  pasalnya, dari sana Anda dapat melihat seberapa banyak konsumen yang membutuhkan jasa bengkel tersebut. Paham dengan kebutuhan konsumen adalah aturan utama yang harus kamu miliki.

Di sisi lain, kamu juga harus memperhatikan keahlian yang sudah kamu miliki. Apabila keahlian tersebut dapat mengatasi masalah konsumen, dapat dipastikan bengkel bubut tersebut ramai. Dengan berkomitmen tinggi serta keahlian yang cukup mumpuni konsumen yang datang juga akan mempercayai bengkel bubut Anda.

Tidak hanya jasa yang bisa kamu sediakan, tetapi peralatan bengkel bubut juga perlu kamu sediakan. Dengan demikian, konsumen akan datang dari dua arah. Sebagai konsumen jasa atau konsumen yang membeli peralatan mesin bubut.

Membangun Mitra Kerja Antar Tukang Bubut

Hal yang paling penting dalam mengembangkan usaha bengkel bubut, Anda harus memperbanyak jaringan dengan sesama tukang . Memiliki jaringan yang luas dapat menambah wawasan anda mengenai manajemen dan penggunaan mesin bubut yang lebih kompleks. Biasanya sebuah komunitas akan saling berbagi pengalaman. Ini akan sangat menguntungkan bagi anda yang sedang merintis bengkel bubut.

Selain dengan rekan seprofesi sebaiknya bangun juga koneksi dengan sales industri. Langkah ini bertujuan untuk menambah wawasan dan peralatan bengkel yang berkualitas bagus. Sebagai penyedia jasa tukang bubut dan peralatannya jangan sampai konsumen mengkritik peralatan Anda buruk.

tukang bubut

Mitra Tukang Bubut Berkualitas dan Bergaransi
Whatsapp : 0878-7368-2510

Spesialisasi Jasa Tertentu

Memiliki ceruk pasar yang sesuai dengan keahlian berpotensi keuntungan yang lebih besar. Misalnya Anda memiliki keahlian dalam membuat komponen aksesoris mobil tertentu, sebaiknya fokus pada satu merk tersebut. Sementara itu, untuk memperluas wilayah pemasaran Anda dapat menggunakan jejaring sosial atau pun internet.

Cari Proyek Baru

Tak perlu buru-buru untuk membeli mesin baru saat memiliki dana lebih. Sebagai gantinya dengan dana tersebut cari proyek baru yang berpotensi memiliki keuntungan untuk bengkel. Apabila selama ini Anda hanya fokus pada renovasi bubut dan papas mesin, dengan dana tersebut bisa ditambahkan fabrikasi komponen plastik nylon.

Membuat lompatan besar dengan membeli mesin baru, sebenarnya tidak masalah. Namun, perlu diperhatikan pula dampaknya untuk kemajuan bengkel. Mesin baru biasanya membutuhkan waktu lama bagi tukang bubut untuk mempelajarinya, sehingga akan menyita waktu. Memiliki beragam produk akan membantu pertumbuhan dan kelanjutan bengkel bubut.

Terbuka Dengan Teknologi Baru

Menggunakan teknologi baru di depan pelanggan mampu menambah kepercayaan konsumen. Kendatipun, teknolgi baru selalu membutuhkan tenaga, biaya dan waktu yang cukup banyak, namun akan menguntungkan bengkel dalam jangka panjang. Nah, apabila ragam produk yang anda tekuni sudah banyak, menggunakan teknologi yang lebih canggih akan mempersingkat waktu.

Operasikan Mesin Bubut Sendiri

Meskipun Anda sangat sibuk sebaiknya operasikan mesin sendiri atau karyawan sendiri. walaupun melempar job kepada orang lain lebih enak, tinggal terima komisi. Dengan mengoperasikan sendiri barang yang Anda hasilkan lebih terjamin. Lagi pula mengandalkan produksi sendiri daripada pemasok dapat meningkatkan alur kerja yang akhirnya menaikkan output.

Pisahkan Gaji dengan Pembukuan Bengkel.

Bisnis dalam bidang apapun, sebaiknya gaji dengan uang yang digunakan dalam berbisnis harus terpisah. Caranya tentukan besaran gaji untuk diri sendiri dari hasil keuntungan bengkel bubut. Dengan demikian Anda dapat melihat secara rinci keluar masuknya dana pada bisnis Anda.

Selain itu, dengan memisahkan gaji dan aset bengkel mempermudah Anda dalam laporan pajak. Anda juga tidak perlu khawatir aset bengkel akan terpakai untuk biaya pribadi saat melakukan liburan atau kegiatan lain yang tidak berkaitan dengan bisnis.

Melakukan Inovasi Secara Bertahap

Sebuah bengkel bubut yang sedang dirintis ingin melakukan ekspansi dapat dengan mengevaluasi manufakturnya serta memanfaatkan peluang produksi yang bernilai tambah. Misalnya, selama ini Anda menekuni bidang perbaikan die dan cast, lalu  berinvestasi pada mesin marking laser. Nah, dengan demikian Anda dapat menambah jasa marking pada bagian mould cetakan atau meletakkan merk bengkel Anda yang dapat dilacak.

Investasi Pada Penampilan

Tips terakhir menjadi tukang bubut yang sukses adalah menginvestasikan diri pada penampilan yang dapat dipercaya. Yakni dengan memperbarui saluran media sosial yang lebih menonjolkan spesialisasi yang Anda miliki. Bergabung dengan komunitas yang memiliki minat sama juga akan membuat Anda menyerap ilmu lebih banyak.

Memutuskan berbisnis dalam jasa tukang bubut atau menyediakan peralatannya tidak terlepas dari modal. Pasalnya, biaya merupakan tombak utama dalam dunia bisnis. Meskipun ada beberapa alternatif lain, tetapi apabila Anda ingin sukses sebaiknya siapkan modal dan komtimen. Semoga artikel ini bermanfaat !. Salam Satu Pahat !

Leave a Reply