Ball screw CNC adalah aktuator linier yang mengubah rotasi gerakan (berputar) dengan sedikit gesekan dimana fungsinya hampir sama dengan fungsi ulir daya.

  1. Motor Servo
  2. Support Motor Servo
  3. Eretan Lintang
  4. Support Ball Screw
  5. Ball Screw CNC
  6. Motor Servo
  7. Eretan Pembawa
  8. Support Motor Servo
Ball Screw CNC
Gambar 1

Tapi, perbedaannya adalah pada Ball Screw CNC, kalau ketepatannya tidak mau berkurang, maka diusahakan pada saat mengoperasikannya jangan sampai ada keterlambatan gerak balik (backlash).

Tahu nggak sih dari mana gesekan itu berasal? Ternyata, gesekan yang terjadi itu bisa jadi gesekan kecil yang berasal antara nut dengan bolt yang memiliki ball (gotri) dan berguna untuk meminimalisir koefesien gesekan.

Baca Juga! Wajib Tahu! Fungsi Dinamo Listrik!

Komponen Ball Screw CNC Adalah

Ada beberapa komponen pada Ball Screw CNC yang terbagi menjadi dua bagian. Yaitu ulir (bagian yang berputar) dan mur atau biasa disebut nut ball screw, merupakan bagian lain yang bergerak secara translasi. Pakem dalam ball screw cnc dipasang bersamaan dengan bantalannya.

Kalau kamu mau Ball Screw CNC yang berfungsi dan terpasang dengan baik, maka yang kamu perlukan disini adalah penambahan support. (gambar) Pada saat pemasangannya pun jangan sampai ada kemiringan ya.

Soalnya eretan pembawa bisa menjadi tidak bergeser akibat dari kemacetan yang ditimbulkan oleh kemiringan pada Ball Screw yang kamu pasang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan gambar 2 pada paragraf pertama ya.

Simak Artikel Lainnya! Jenis-Jenis Kabel Listrik Berikut Gambar dan Fungsinya

Berbeda loh dengan Lead Screw yang tidak punya ball (gotri) di antara bolt dan nut-nya. Daaan, definisi dari aktuator itu sendiri adalah salah satu bagian yang bekerja sebagai pengubah energi yang tadinya berasal dari energi listrik lalu diubah menjadi energi gerak.

Aktuator sendiri dirancang sedemikian rupa supaya bisa berfungsi dengan baik saat menjalankan prinsip kerja mekanismenya yang kemudian akan diubah menjadi suatu variabel yang bisa dikontrol dan dioperasikan.

Di dalam sudut rotasinya kamu bisa menemukan jalur yang berbentuk heliks untuk Ball Bearing yang bekerja sebagai sekrup presisi yang bisa menahan beban dengan daya dorong yang cukup tinggi namun berdaya gesek kecil.

Yaps! Tepat sekali! Dengan adanya Ball Bearing-si-partner-Ball Screw CNC ini cocok banget buat kamu yang mau membuat benda kerja dengan presisi tinggi dan akurat. Sesuai dengan ketepatan namanya bukan? Ball yang berperan sebagai nut, sedangkan Screw berperan sebagai poros berulir.

Jadi, konstruksi seperti inilah yang membuat gerakan pada setiap poros menjadi lebih presisi dan lebih halus karena nilai gesek antara screw dengan nut menjadi sangat kecil. Seperti ini lho bentukannya!

Ball Screw CNC
Ball Screw CNC

Bagaimana Perawatannya?

Kalau kamu mau benda kerja yang hasilnya tetap presisi dan akurat. Pastikan juga kamu harus merawat Ball Screw dengan baik dan benar ya. Serius, hal semacam ini juga harus ada perhatian khusus supaya terhindar dari berbagai macam kontaminasi seperti partikel yang bersifat abrasif dan kotoran lainnya yang tidak terlihat oleh kasat mata.

Ball Screw adalah salah satu barang “spesial” lho. Kok bisa? Iyaaa, soalnya nih, kalau perawatannya nggak kita jaga dari sekarang, kalau sudah rusak, justru maintenance-nya sendiri nggak cuma satu, tapi bisa melalui berbagai macam tahapan lho.

Dari mulai Sect-Head sampai nomor registrasi pegawai harus diperhatikan. Wah, se-“istimewa” itu ya Ball Screw CNC. Jadi, buat kalian para pengguna Ball Screw, jangan sampai lalai dan melewatkan hal sepenting ini ya! Karena kalau sudah rusak, kalian sendiri loh yang nantinya akan rugi. Good Luck!

Leave a Reply