Macam macam ulir banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan ulir memiliki berbagai fungsi yang dapat memudahkan pekerjaan harian Anda. Mulai dari menjadi penyangga tinta pada pulpen yang Anda gunakan hingga mencegah kebocoran pipa. Penasaran apa saja fungsi lain dan juga macam macam ulir ini? Yuk, cari tau ulasan lengkapnya di bawah ini.

macam macam ulir

Macam Macam Ulir Dalam Dunia Engineering Secara Umum

Pada dasarnya semua jenis system sambungan memerlukan mur dan baut. Dari proses sambungan tersebut kemudian dibutuhkan ulir. Ulir sendiri adalah struktur spiral yang melingkari sisi luar suatu benda. Anda dapat menemukan struktur ulir pada alat yang biasa disebut juga dengan baut. Pada umumnya baut digunakan berpasangan dengan mur ulir disebut juga dengan drat. Berikut ini macam macam ulir dan fungsinya – mae.ufl.edu.

Ini Fungsi Dan Macam Macam Ulir Yang Harus Diketahui

Ulir atau “drat” yang familiar di telinga kita ada beberapa jenisnya. Bermacam ulir yang ada dalam artikel ini bisa anda simak daftarnya dibawah ini :

Ulir Segitiga

macam macam ulir segitiga
jenis ulir segitiga

Salah satu dari macam macam bentuk ulir yaitu ulir segitiga. Ulir sgitiga memiliki bagian ujung berbentuk segitiga. Ulir ini biasanya terdapat pada jenis ulir metrik dan ulir inchi atau ulir withworth yang berfungsi sebagai pengikat atau penyambung dua benda kerja atau lebih pada mesin produksi. Ulir segitiga ini biasanya digunakan pada benda kerja di pabrik industri, pada instalasi pipping, dan pada benda kerja unit pneumatik.

baca juga : Fungsi dan Jenis Ulir

Ulir Segiempat (Square Thread)

macam macam ulir
jenis ulir segi empat

Salah satu dari macam macam drat ini memiliki ujung yang berbentuk persegi empat. Ulir segi empat atau persegi ini biasanya berfungsi sebagai penopang dari beban berat. Adapun contoh benda kerja di pabrik Industri yang menggunakan ulir persegi empat yaitu pada shaft press manual benda kerja, pada shaft adjuster up down mesin slotter juga pada open close chuck mesin bubut.

Ulir Trapesium (Trapezium Thread)

macam macam ulir trapesium
jenis trapesium thread

Seperti namanya salah satu dari macam macam ulir ini memiliki ujung ulir yang  berbentuk trapesium. Ulir trapesium ini biasanya di gunakan pada benda pemindah daya agar kondisi perputaran shaft berulir tersebut smooth dan mudah. Contoh penggunaan jenis ini  pada benda kerja di pabrik industri adalah ulir pada shaft pemindah gerak pada mesin bubut, pada shaft worm gear dan pada shaft Helical gear.

baca juga : Cara Membaca Jangka Sorong

Ulir Bulat (Round Thread)

macam macam ulir bulat
jenis ulir round

Ulir Bulat merupakan salah satu dari macam macam ulir yang memiliki permukaan ulir dengan bentuk setengan bulat /setengah lingkaran. Ulir berbentuk bulat ini biasanya di gunakan pada benda-benda kerja agar dapat bergerak lebih ringan dan smooth. Contoh benda kerja di pabrik Industri yang menggunakan ulir ini yaitu ulir pada bohlam lampu ruangan dan ulir pada shaft untuk setting gap atau celah pada benda kerja.

Ulir Bola (Ball Screw)

macam macam ulir ball screw
jenis ball screw thread

Ulir Bola yang juga sering kali disebut Ulir Ball Screw merupakan salah satu dari macam macam ulir yang berbentuk lingkaran seperti bola. Ulir ini biasanya dipasangkan dengan mekanisme bola-bola baja dan digunakan pada bagian penggerak mesin CNC. Hal ini  dikarenakan ulir bola hampir tidak memiliki kelonggaran dengan jarak yang presisi.

baca juga : harga jasa CNC

Ulir Segi Tiga Gergaji

macam macam ulir segitiga gergaji

Ulir Segi Tiga Gergaji merupakan ulir dengan ujung yang berbentuk seperti gigi gergaji. Ulir segi tiga gergaji ini biasanya di gunakan pada benda – benda kerja yang di gunakan sebagai lock atau pengunci agar benda kerja tersebut mengait dengan kencang. Contoh benda kerja di pabrik Industri yang menggunakan ulir segi tiga gergaji tersebut misalnya pada shaft lock untuk mengunci Rim atau lempengan benda kerja.

Nah, demikianlah tadi pembahasan lengkap macam macam ulir dan juga fungsinya pada benda kerja pabrik industri. Dapat disimpulkan bahwa fungsi ulir berbeda-beda sesuai dengan bentuknya. Pada dasarnya selain dibedakan berdasarkan bentuknya, ulir juga dibedakan berdasarkan menurut arah gerakan jalur ulir, jumlah ulir setiap gang, juga menurut standar yang digunakan. Semoga bermanfaat.