• Post category:Mesin CNC

Memprogram Mesin CNC dasar merupakan mesin yang bekerja dengan menggunakan gerakan dasar yang sesuai arah koordinat kartesian. Ini adalah inti dari cara memprogram CNC. Arah koordinat kartesian yang dimaksud adalah sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z. Lebih lanjut berikut pemaparannya.

Memprogram Mesin CNC Dasar
Contoh Kontrol Mesin CNC

Cara Memprogram Mesin CNC Dasar

Dalam cara program mesin cnc, ada yang dinamakan sebagai urutan perintah. Urutan perintah ini disusun oleh banyak kode yang hanya bisa dipahami oleh unit kontrol mesin yang dimaksud (CAD) – wikipedia. Selain itu, untuk memprogram mesin CNC dasar, program CNC harus terlebih dahulu disusun mulai dari bagian-bagian program.

Baca Juga : Harga Jasa CNC masa kini

Bagian Program CNC

Pada bagian program mesin CNC bubut terbagi atas 2  informasi teknologi dan informasi  geometris. Informasi teknologi merupakan bagian program CNC yang berisi masukan instruksi pada mesin CNC, selain posisi pusat koordinat yang ada pada sumbu mesin CNC.

Contohnya perintah dalam mengatur kecepatan feeding dan putaran spindle. Sedangkan informasi geometris berisi perintah dalam menentukan posisi koordinat atau titik sumbu mesin CNC. Program CNC ini juga merupakan sejumlah kode perintah yang disusun dalam bentuk huruf dan angka.

Kode dalam bentuk huruf dinamakan adres, sedangkan kode yang berupa kombinasi huruf dan angka dinamakan word. Terakhir, kode yang berupa gabungan dari beberapa kata disebut blok. Blok ini harus ditulis dalam 1 baris program. Inilah bagian dari cara memprogram mesin CNC dasar yang penting untuk Anda ketahui lebih dulu.

Kaidah Tangan Kanan

Seperti yang diulas sebelumnya, bahwa memprogram CNC harus menggunakan gerakan dasar yang sesuai arah koordinat kartesian. Koordinat kartesian atau yang dikenal dengan sumbu X,Y dan Z ditentukan dengan cara menggunakan kaidah tangan kanan.

Kaidah tangan kanan yang dimaksud adalah penggunaan ibu jari untuk sumbu X, lalu jari telunjuk untuk sumbu Y dan jari tengah untuk sumbu Z. Maksudnya adalah saat Anda berada di depan mesin CNC, arah jari tengah adalah arah sumbu utama spindle.

Setelah itu berlaku ibu jari, telunjuk dan jari tengah menuju ke arah sumbu X, Y dan Z positif. Namun, pada prakteknya pada berbagai cara memprogram mesin CNC dasar, semua itu akan terlihat berbeda.

baca juga : Jasa Bubut CNC Satuan sekarang

Metoda Memrograman Mesin CNC Dasar

Metoda ini terdiri dari 2 jenis metoda yaitu metoda harga absolut dan metoda inkremental. Pada metoda absolut, metoda pengukuran koordinatnya hanya menggunakan titik tetap. Sedangkan pada metoda inkremental, pengukuran motodanya menggunakan koordinat tujuan akhir.

Inilah yang menjadi acuan untuk mengukur koordinat tujuan selanjutnya. Belajar program mesin cnc ini tidak serumit yang Anda bayangkan, apabila dilakukan dengan melihat dan mempraktekkannya secara langsung. Untuk langkah selanjutnya adalah mengenal zero point pada mesin CNC dasar.

baca juga : Jasa CNC Milling Presisi

Zero Point

zero point program cnc bubut
Zero Point pada Sumbut CNC Bubut

Zero point atau yang dikenal denagn titik referensi merupakan titik acuan dalam sebuah proses pengukuran. Dalam memprogram mesin CNC dasar, zero point ini terbagi 2 yaitu zero point mesin dan zero point benda kerja. Zero point mesin adalah titik di mana sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z mesin bernilai 0.

Sedangkan zero point benda kerja adalah titik di mana sumbu x, sumbu y dan sumbu z benda kerja bernilai 0. Dan jika dihubungkan antara zero point mesin dengan zero point benda kerja adalah zero point benda kerja merupakan hasil offset pengukuran dari titik zero point mesin.

Demikian sekilas tentang cara memprogram mesin CNC dasar yang perlu Anda ketahui. Penting bagi Anda bisa memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, karena dengan begitu pembelajaran ini akan menjadi kunci sukses dalam prakteknya ke depan.