Jasa CNC yang Akurat, Presisi, dan Harga Bersaing di Teknik Jaya Component. Sebelum pada bahasan utama, apa sih definisi CNC itu ?. Definisi Computer Numerical Control (CNC) atau Kontrol numerik komputer adalah konsep modern dalam industri manufaktur dan produksi. Namun, konsep CNC kembali ke ide dasar NC, atau kontrol berbasis numerik (Numerical Control).

jasa cnc

Jasa CNC CV. Teknik Jaya Component
Whatsapp : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id

Sejarah Munculnya Teknologi CNC

Seiring berjalannya waktu, perkembangan pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Hal itu  memudahkan segala aktivitas manusia salah satunya di bidang manufaktur. Industri Manufaktur yaitu salah satu industri yang selalu mengalami kemajuan dan perkembang. Baik alatnya maupun hasil akhir yang diciptakannya.

Misalnya dalam teknik permesinan seperti mesin bubut, mesin frais dan mesin perkakas. Duluuu, penggunaan mesin konvensional masih sangat digandrungi oleh setiap pelaku usaha loh, gaes. Tapi, dengan meningkatnya permintaan dan kebutuhan produk yang lebih presisi dan mampu diproduksi dalam jumlah yang besar, maka dikembangkanlah mesin perkakas yang dapat dioperasikan dengan memakai sistem komputerisasi atau lebih dikenal dengan mesin CNC (Computer Numerical Control) yang berbasis numerik. Berikut ini merupakan perkembangan teknologi dalam industri permesinan hingga teknologi CNC.

Ide ini dimulai pada abad ke-18 ketika otomatisasi peralatan mesin awalnya menggabungkan konsep khusus dari logika yang dapat diprogram. Faktanya, ‘pembubutan mesin dengan kerangka logam’ pertama kali ditemukan pada 1751, hal pertama dari rangkaian panjang mesin bertujuan untuk menciptakan cara kerja yang lebih presisi secara mekanis daripada dilakukan dengan teknik buatan tangan. Daaan, dari sinilah awal dari industrialisasi.

Hal ini bermula pada pengoptimalisasian  pada perkembangan Perang Dingin (perang antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet). Saat itu, perusahaan Parsons Works ditugaskan oleh Angkatan Laut AS agar meningkatkan produktivitas produksinya pada baling-baling helikopter. John T. Parsons kemudian menggerakkan sumbu mesin untuk membuat baling-baling ini. Bekerja dengan IBM (International Business Machine), lalu dia mempelajari cara mengendalikan mesin ini melalui komputer. Ini adalah titik awal dari metode pemesinan CNC.

Pada tahun 1952, Richard Kegg, bekerja sama dengan MIT (Massachusetts Institute of Technology), ia mengembangkan mesin pengefraisan CNC pertama: Cincinnati Milacron Hydrotel. Lima tahun kemudian, pada tahun 1958, ia mengajukan hak paten untuk “Motor Controlled Apparatus for Positioning Machine Tool”. Dan inilah awal dari teknologi ini dikomersialkan jasa cnc.

Seluk Beluk Jasa CNC dan Tipsnya

Teknologi CNC tidak hanya membawa perubahan revolusioner pada manufaktur tradisional, teknologi ini menjadikan manufaktur sebagai simbol industrialisasi, tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi permesinan CNC dan perluasan bidang aplikasi, ia telah memainkan peran penting dalam pengembangan beberapa industri penting seperti mata pencaharian masyarakat, perekonomian nasional maupun internasional.

Meskipun sudah ada tren presisi dan kecepatan tinggi lebih dari sepuluh tahun yang lalu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak ada habisnya. Arti presisi tinggi dan kecepatan tinggi semakin mengalami kemajuan, dan itu akan terus dikembangkan sampai mencapai batas presisi dan kecepatannya. Jasa CNC kini mencoba membahasnya.

Tips Merawat Mesin CNC

Agar mesin tetap bekerja dengan optimal, tentu perawatannya pun harus diperhatikan. Seperti penjadwalan yang cermat, teknisi yang jeli, suku cadang yang tersedia, dan dokumentasi yang komprehensif. Jadi, jangan sembrono ya! Tetap harus mengikuti step by stepnya. Takutnya, ada beberapa bagian yang nggak sengaja kita rusak, bahaya loh, gaes. Bisa-bisa keoptimalan mesin itu sendiri bisa berkurang. Duh, jangan sampai deh ya.

Lalu, ‘bagaimana sih perawatan mesin CNC itu sendiri?’ apa ada perawatan khusus, kah? Atau dibersihkan seperti biasa? Nah, berikut ini beberapa tahapan yang akan penulis jabarkan. Penulis akan membaginya, Yuk! Check this out!

Menurut beberapa sumber industri, sebagian besar bisnis dapat mengurangi biaya pemeliharaan antara 12% sampai 18% dengan sistem pemeliharaan yang preventif. Cukup masuk akal dong ya, karena kemungkinan kamu akan menelan kerugian cukup besar akibat dari kehilangan produksi, membuat penjadwalan ulang para teknisi, dan bertambahnya shift untuk menghasil banyaknya produk dalam satu malam. Jadi, tindakan perawatan secara preventif disini jangan sampai terabaikan ya, gaes!

Tentukan Jadwal Perawatan

Pemeliharaan setiap fasilitas (bagian mesin) itu berbeda. Jadwalkan perawatannya dan jangan hanya mengacu pada pedoman OEM (Original Equipment Manufacture), tapi harus sesuai dengan tingkat keseringan mesin itu digunakan. Jika dipakai dalam jangka waktu lama, pastikan perawatan preventif harus terjadwalkan sebaik dan sesering mungkin. Sebaliknya, mesin yang jarang digunakan mungkin hanya memerlukan sesekali pemeriksaan dan perawatan.

Menyediakan Saluran untuk Melaporkan Masalah

Meskipun pemeliharaan preventifnya terjadwal, selama sensor dan detektornya otomatis, yang demikian itu sangat bagus untuk mengetahui jika terjadi masalah, jangan lupa gunakan teknisi yang selalu siap sedia .

Pastikan kamu memiliki sistem yang mudah melaporkan apapun yang mereka lihat sehari-hari. Kalau mereka merasakan peralatan itu lebih keras dari biasanya, bekerja lebih lambat, atau ada sesuatu yang berkurang, mereka harus bisa melaporkannya sesegera mungkin. Hal itu bisa sebagai salah satu faktor dalam perencanaan perawatan preventif berikutnya.

Jagalah Spare Parts agar tetap berfungsi dengan baik

Prioritaskan suku cadang yang sulit didapat atau hal-hal yang perlu diganti secara teratur, dan pastikan kamu memiliki sistem yang dapat mendeteksinya dengan cepat.

Mencatat Details Perawatan dengan baik

Pastikan setiap kali mesin diinspeksi, diservis, atau diganti, informasi tersebut dicatat dan didokumentasikan. Catatan yang lengkap sangat penting dalam mengevaluasi biaya perawatan yang sebenarnya, kamu juga bisa memutuskan kapan harus mengganti peralatan selama audit. Catatan yang baik juga memberikan dasar untuk membuat keputusan bisnis lainnya.

jasa cnc

Hubungi Kami Di :
WA : 0878-7368-2510 – mail@teknikjaya.co.id

Keuntungan Mesin Jasa CNC

  • Meningkatkan Hasil Produksi dengan signifikan.
  • Menghindari terjadinya kecelakaan kerja akibat kesalahan.
  • Meningkatkan nilai efisiensi.
  • Kepresisian tinggi.
  • Lebih tahan lama dan bandel dibandingkan mesin manual
  • Mengurangi gram atau sampah produksi

Jenis-jenis Mesin CNC

  • Bubut CNC
  • Frais CNC ( CNC Milling )
  • Router CNC
  • Pemotong Plasma (Plasma Cutter) CNC
  • CNC Pemotong Laser (Laser Cutter)
  • 3D Printer CNC
  • CNC Pick And Place
  • CNC Tube Bending

Adapun beberapa aspek yang harus diperhatikan meliputi:

  • Pengembangan peralatan mesin berkecepatan tinggi, presisi dan tingkat keuletannya.
  • Pembaruan struktur, material, dan metode rancangan yang dibuat.
  • Pengembangan sistem CNC terbuka.
  • Sistem manufaktur yang dapat dikonfigurasi ulang.
  • Pengembangan manufaktur dan peralatan mesin virtual.

Klasifikasi Mesin CNC

Ada banyak jenis mesin CNC, yang dapat diklasifikasikan ke dalam kategori berikut berdasarkan metode yang berbeda.

1. Berdasarkan Fungsi

Bubut (Lathe), Pengefraisan (Milling), Mesin Penggiling (Grinder), Pengeboran (Drilling), Mesin Plasma (Plasma)

2. Berdasarkan Gerakan

CNC 2 axis (sumbu), CNC 2.5 axis (sumbu), CNC 3 axis (sumbu), CNC 4 axis (sumbu), dan CNC 5 axis (sumbu)

3. Berdasarkan Gerakan (Motion)

  • Sistem titik ke titik
  • Sistem kontur

4. Kontrol Lingkaran (Control Loop)

  • Mesin CNC loop terbuka
  • Mesin CNC loop tertutup

Pembuatan spare part komponen mesin sangat membutuhkan jasa cnc. Sekarang sudah tidak sulit, cepat hubungi kami via Whatsapp atau email untuk mendapatkan penawaran menarik untukmu. Selain itu juga Bengkel Bubut Teknik Jaya juga melayani jasa bubut CNC, jasa machining, jasa cnc router, dan jasa pemesinan lainnya.

Leave a Reply