Fungsi Roda Gigi (Gear) dan Penggunaannya – Pada berbagai macam perangkat pendukung proyek pembangunan berskala kecil ataupun besar pasti memiliki spesifikasi. Kemudian dari jenis roda gigi atau sering disebut gear ternyata memiliki fungsi masing-masing. Jenis roda gigi bisa kita telaah lebih dalam, kemudian bisa mengetahui seperti apa fungsi penting dari setiap roda gigi yang memiliki bentuk berbeda-beda.

Fungsi Roda Gigi dan Penggunaannya
Roda gigi sebagai sistem penggerak yang kokoh

Bagi anda yang berkecimpung dalam usaha bengkel bubut, jasa machining, dan sejenisnya tentu tak asing lagi dengan barang ini. Ya, Roda gigi. Part ini biasa dikerjakan oleh usaha jasa machining. Pembuatan roda gigi ini memakai mesin bubut, mesin hobbing, mesin frais gigi, dan sebagainya.

Dari sejumlah bentuk dan ukuran roda gigi sering memberi fungsi lebih tepat. Kemudian dari segi komponen mesin terpenting ini juga sering memberikan spesifikasi yang terus berkembang sesuai dengan peruntukannya. Untuk itu, Anda perlu tahu seperti apa fungsi gear beserta penggunaannya yang mungkin selama ini tidak pernah Anda dengar.

Contoh Penggunaan Roda Gigi, Play video disamping

Mengenal Fungsi Roda Gigi (Gear) dan Penggunaannya

Mengatur Kecepatan Putaran

Hampir semua mesin dalam proyek konstruksi ataupun lainnya menggunakan berbagai macam jenis dan ukuran roda gigi. Kemudian dari fungsi roda (gear) dan penggunaannya mampu mengatur kecepatan putaran. Ada beberapa tingkatan rasio roda gigi yang posisinya berada motor elektrik. Kemudian ada berbagai macam contoh kecepatan putaran roda gigi dihitung dalam satuan rpm. Karena itulah fungsi dari roda gigi ini bisa dimaksimalkan sampai putaran maksimal, kemudian ada beberapa tingkatan roda gigi berdasarkan ukurannya.

Kecepatan putaran dengan rasio roda gigi tertentu bisa kita lihat di dalam perangkat mesin sepeda motor. Terdapat pembagian rasio roda gigi yang dibuat berdasarkan putaran rom dan ukurannya. Dari setiap ukuran roda gigi memiliki fungsi masing-masing. Sehingga ada kesempatan untuk bisa tahu bagaimana cara kerjanya.

Baca Juga : Belajar Dasar Mesin Bubut Klik Disini!

Sebagai Transmitter Daya

Gigi sebagai Transmitter

Berikutnya, fungsi roda (gear) dan penggunaannya bisa diandalkan untuk transmitter daya. Dalam fungsi kedua inilah kita bisa melihat roda gigi yang saling berhubungan untuk mengalirkan daya. Contoh kasusnya terlihat di sebuah perangkat mesin bubut yang mana memiliki motor dengan roda gigi untuk transmisi motor. Hingga fungsi dari mesin bubut bisa bekerja maksimal sesuai dengan kapasitasnya.

Perlu diketahui, transmisi daya pada putaran roda gigi ini memiliki tingkatan tertentu. Sehingga dari roda gigi berukuran kecil sampai besar memiliki perbedaan daya transmisinya.

Mampu Merubah Arah Daya

Selanjutnya, ada fungsi penting dari roda (gear) dan penggunaannya yakni memanfaatkan akses perubahan arah daya. Tidak hanya bisa menjadi transmitter daya saja, tetapi dari setiap ukuran roda gigi bisa diharapkan sebagai pengubah arah daya. Contoh kasusnya bisa kita lihat pada bagian pintu bendungan ataupun waduk.

Pintu Air menggunakan mekanismi gigi, dengan merubah sumbu putar

Dari perubahan gerak putar pintu akan memperlihatkan proses naik dan turun ketika ada putaran di handle pintunya. Sistem kerja handle pintu dalam bendungan menjadi contoh mudah bahwa fungsi dari setiap roda gigi sanggup membuat perubahan daya yang bisa dikatakan lebih memudahkan dalam operasionalnya.

Mampu Merubah Torsi

Torsi

Putaran roda gigi yang dihitung dalam satuan rpm juga memiliki fungsi merubah torsi. Dari sinilah gaya putar ataupun biasa disebut gaya akselerasi akan mudah diakses dengan spesifikasi roda gigi (gear) dan penggunaannya. Angka dari torsi sebuah mesin bisa didapatkan dari perkalian gaya dengan jarak. Karena itulah semakin besar diameter roda gigi, maka besaran torsi yang dihasilkan juga lebih besar ataupun sebaliknya.

Ada banyak konsep dari fungsi roda gigi (gear) dan penggunaannya mampu memberi gambaran lengkap mengenai manfaatnya. Kita bisa melihat berbagai macam ukuran diameter dari roda gigi yang nantinya berguna untuk mendukung sistem kerja dari sebuah mesin.

Jenis-Jenis Roda Gigi

Spur Gear
(Roda Gigi Lurus)

Internal and External Gear
(Roda Gigi Luar dan Roda Gigi Dalam)

Helical Gear
(Roda Gigi Heliks)

Double helical gear / Herringbone Gear
(Roda Gigi Heliks Ganda)

Bevel Gear
(Roda Gigi Bevel)

Ahli Pembuatan Roda Gigi dan Barang Sejenis

Bengkel Bubut Terbaik

Bila anda ingin membuat roda gigi, bisa langsung mengontak kami. Kami adalah spesialis jasa machining, jasa bubut CNC, bengkel bubut yang sangat berpengalaman. Lebih dari 25 tahun melayani pembuatan spare part jenis ini. Roda gigi yang bisa anda buat di kami, semua jenis roda gigi, meliputi :

Hypoid Gear
(Roda Gigi Hypoid)

Crown Gear
(Roda gigi mahkota)

Worm Gear
(Roda Gigi Cacing)

Non Circular Gear
(Roda Gigi Non-Sirkular)

Rack and Pinion Gear
(Roda Gigi Pinion)

Planetary Gear
(Roda gigi episiklik)

Globoid worm gear
(Roda gigi cacing globoid)

Machining Center

Leave a Reply