Mandrel bubut adalah alat bantu pada mesin bubut yang ditempatkan pada benda kerja secara konsentrik. Adanya mandrel bubut berfungsi untuk mencekam benda kerja yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Keuntungan yang bisa kamu dapat dari pemakaian mandrel adalah benda kerja dapat dikerjakan tanpa banyak penyetelan.

mandrel bubut
contoh proses pengerjaan benda kerja dengan mandrel

Maksudnya adalah kamu tidak perlu membolak-balik penjepit pada benda kerja yang kamu pakai. Benda kerja yang dicekam oleh mandrel akan lebih konsentris karena seluruh diameter luar benda kerja dapat disayat dari ujung ke ujung. Biasanya saat kamu menggunakannya, mandrel bubut dimasukkan ke dalam benda kerja dimana  ujung mandrel akan dijepit oleh pembawa ( lathe dog ).

Banyak Orang yang Nggak Tahu Bahan Ini! Guess What?

Lalu di antara dua senter akan dipasang kedua ujung mandrel yang nantinya akan digerakkan oleh pelat pembawa. Jadi, mandrel dan benda kerja sama-sama akan berputar. Adapun mandrel yang tidak diletakkan diantara dua senter, tapi, ada pencekam ( chuck ) yang menjepit salah satu ujung mandrel dimana ujung lainnya ditumpu senter kepala lepas atau bisa juga senter ini tidak menumpu sama sekali.

Mandrel Pada Mesin Bubut

Berbentuk batang bulat/poros yang tirus/lurus dengan ukuran diameter dan panjang yang berbeda-beda tergantung ukuran diameter dan panjang pada benda kerja yang dibubut. Supaya tidak merusak lubang benda kerja dan dapat disangga dengan baik, maka bagian badan mandrel yang menyangganya pun harus dikerjakan dengan halus dan teliti.

Buat kamu yang mau membeli mandrel bubut, tersedia dimana saja kok. Baik pasaran online maupun offline dan kamu juga bisa membelinya dalam beragam bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, karena pembuatannya juga tidak cukup sulit, ada juga lho bengkel-bengkel teknik yang membuat beberapa mandrel.

Fungsi Mandrel Pada Mesin Bubut

Kalian juga harus tahu nih fungsi mandrel pada mesin bubut dan beberapa tipe mandrel yang dipakai untuk mencekam benda kerja. Sebetulnya sih ada cukup banyak juga ya. Tapi biasanya nih yang sering dipakai itu adalah mandrel tirus, mandrel kerucut, mandrel ekspansi dan mandrel gang. Kita kenalan satu per satu yuk!

Mandrel Ekspansi ( Expanding Mandrel )

Mandrel ekspansi adalah salah satu jenis mandrel bubut yang terdiri atas dua part yaitu badan mandrel dan selubung. Bagian badan mandrel ini berbentuk poros/tirus dimana ada empat atau lebih celah atau belahan yang ada di sekeliling mandrel.

mandrel bubut

Nah, selubung ini bisa kamu pasang pada badan mandrel. Selubung akan mengembang di saat kamu menggerakkan selubung kerah ujung besar dari badan mandrel karena badan mandrel yang semakin membesar. Perlu kamu ketahui, umumnya mandrel bubut ini terdiri dari dua jenis yaitu split bushing mandrel dan adjustable strip mandrel.

  • Split bushing mandrel adalah bagian dari mandrel ekspansi yang terdiri atas mandrel bushing split dan mandrel meruncing padat yang akan mengembang saat dipaksa ke mandrel. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan berapa banyak jumlah bushing berbeda ukuran yang akan dipakai untuk meningkatkan penerapan masing-masing mandrel padat. Hasilnya, hanya ada beberapa mandrel yang kamu butuhkan.
  • Dengan empat lekukan meruncing yang selongsong dan dipotong di sepanjangnya, adjustable strip mandrel atau mandrel strip adalah jenis mandrel bubut ekspansi yang bisa kamu sesuaikan dan penempatannya pun bisa kamu atur sesuai dengan lekukan yang meruncing. Karena gaya yang diberikan oleh strip bisa merusak benda kerja, penulis sarankan supaya kalian tidak memakai mandrel ini untuk pekerjaan berdinding tipis.

Mandrel Gang ( Gang Mandrel )

Gang Mandrel atau mandrel gang adalah mandrel bubut lain yang berdiameter sekitar 0,03 mm sampai 0,05 mm lebih besar dari ukuran benda kerja yang dicekamnya. Tahu nggak sih? Kalau mandrel gang ini bertugas untuk mencekam sekaligus benda kerja yang berukuran sama.

mandrel bubut

Berbentuk batang bulat yang lurus, terdapat kerah/flens yang ada pada salah satu ujung badan mandrel. Sedangkan pada ujung lainnya, ada ulir yang berfungsi untuk memasang baut pengikat. Dengan adanya mandrel gang ini akan berguna saat menjalankan pemesinan dimana kamu harus memotong tipis benda kerja yang kemungkinan mudah terdistorsi.

Mandrel Kerucut

Terdiri dari badan mandrel berbentuk silindris, mandrel kerucut tetap berada di salah satu ujung mandrel, dan kerucut luncur ada pada ujung lainnya. Ujung mandrel yang berdekatan dengan kerucut luncur mempunyai ulir tempat mur pengikat yang dipasang. Jenis mandrel bubut satu ini sangat cocok buat kamu yang mau mencekam benda kerja dengan diameter lubang yang besar.

mandrel bubut

Mandrel gang hanya bisa mencekam benda kerja berukuran sama dan mandrel tirus hanya bisa mencekam benda kerja dengan berdiameter lubang relatif sedikit. Fungsi lain dari mandrel kerucut ini adalah mencekam beberapa benda kerja dengan jarak perbedaan diameter lubang yang lebih banyak.

Mandrel Tirus

Sudah tahu kan kalau bengkel-bengkel mesin banyak tersebar luas di daerah Indonesia, salah satunya adalah mandrel berbentuk batang bulat yang tirus. Ketirusannya mungkin sekitar 1 mm – 2 mm untuk setiap panjang 100 mm ya. Sedangkan untuk mandrel berukuran imperial ketirusannya sekitar 0,06” – 0,08” per feet.

mandrel bubut

Ukuran setiap mandrel biasanya bisa kamu lihat pada permukaan ujung besarnya. Supaya benda kerja bisa dicekam cukup kuat, maka pada pemasangannya mesin press tangan menekan mandrel supaya bisa dimasukkan ke dalam lubang benda kerja. Selain itu, mandrel tirus ini juga biasa disebut dengan mandrel pejal.

Baca Juga! Jenis Baja HSS yang Wajib Dikepoin!

Summary, supaya kamu bisa mengolah dan mengubah permukaan diameter luar silinder seperti pipa dan beragam benda berbentuk bulat/lingkaran lain, tentunya kamu butuh pencekam konsentris yang sesuai dengan jaw chuck mesin bubut. Tentu saja benda kerja yang akan dibubut harus diklem dan dipasang pada perangkat yang kita tahu sebagai mandrel.

Biar lebih mudah, praktis, dan hemat biaya @jasabubutcnc menawarkan beragam sparepart yang cocok untuk kebutuhan mesin, industri dan usaha kamu. Masih ragu? Jangaaan, sudah banyak long-term customer kami yang selalu repeat order untuk memenuhi kebutuhan perusahaannya lho. Gak percaya? Yuk langsung kepoin aja account Instagram kita!