Bengkel Besi saat ini merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Bisnis ini bukan hanya berkutat pada besi, karena macamnya juga semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan pasar. Jasa besi ini kini bukan hanya digunakan oleh perusahaan besar maupun perorangan. Namun dalam segala aspek kehidupan sudah mulai membutuhkan jasa besi ini.

bengkel besi
Tempat Pengecoran Besi

Kebutuhan terhadapa jasa besi mulai dari pemenuhan pembuatan rumah, usaha kuliner, bahkan hingga moda transportasi. Dengan kebutuhan pasar yang meningkat itulah maka sekarang mulai banyak bermunculan bengkel pengerjaan besi. Sebelum Anda memilih jasa layanan tersebut, ada baiknya untuk menyimak info seputar bengkel besi berikut ini.

Pengertian Bengkel Besi

Bengkel besi adalah jasa perbaikan atau service untuk semua komponen besi atau logam. Cara yang dipakai yaitu dengan teknik menyambungkan komponan logam tersebut dengan mencairkan logam penyambung untuk mengisi bagian yang akan disambung. Teknik ini dinamakan teknik las atau welding.

baca juga : Cara Baca Jangka Sorong

Macam Macam Bengkel Besi

Saat Anda ingin memakai layanan ini, ada beberapa jenis bengkel las besi yang harus diketahui. Nah berikut adalah macam-macam bengkel untuk pengelasan logam besi.

Bengkel Las Karbit

Bengkel las karbit adalah bengkel las yang menggunakan gas untuk menghasilkan api dengan tekanan. Las ini digunakan untuk mencairkan logam ataupun membengkokkan logam besi. Las karbit dimanfaatkan untuk mengelas plat tipis, contohnya saja bodi mobil.

Bengkel Las Listrik

Bengkel las listrik adalah bengkel las yang menggunakan listrik untuk menghasilkan api. Las litrik digunakan untuk mengelas logam besi plat tebal atau batangan. Las listrik dimanfaatkan untuk mengelas dalam pembuatan teralis, pintu dan pagar, kanopi, railing, tangga dan lain sebagainya. Yang paling banyak pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari adalah bengkel besi las listrik ini.

bengkel besi baja
Proses Penuangan

Maraknya usaha kuliner juga mendongkrak popularitas keberadaan bengkel las listrik. Apalagi usaha kuliner yang menggunakan gerobak, biasanya menggunakan teknik las listrik untuk menyambung bentuk ragangan besinya. Las listrik bisa juga untuk dimanfaatkan dalam membuat desain ruangan, misalnya dapur atau ruang tamu. Biasanya untuk membuat model yang minimalis dan modern.

Untuk membuat desain cafe juga bisa memanfaatkan las listrik ini. Sekarang ini muncul tempat makan dengan gaya unik, pemilik cafe maupun restoran memilih mendesain tempat mereka sesuai dengan keinginan sendiri. Dengan keberadaan bengkel las ini maka bentuk atau model yang diinginkan meski sulit, bukanlah hal mustahil untuk bisa dibuat.

Bengkel Las Besi Bubut

Bengkel Bubut Besi adalah adalah pengelasan logam, besi, atau metal yang menggunakan mesin bubut sebagai alat utama yang dicolokkan pada listrik. Las bubut ini dimanfaatkan untuk pengerjaan industri plastik, moulding maupun pabrik. Biasanya mesin bubut dibarengi dengan penggunaan mesin trafo las atau mesin welding.

Baca juga : Bengkel Bubut Handal Terpercaya

Namun jika untuk memulai usaha jasa service sederhana atau usaha bengkel las rumahan, bisa juga memanfaatkan mesin ini. Karena saat ini sudah tersedia mesin bubut dengan tegangan 220 volt dan satu phase. Tegangan tersebut bisa digunakan untuk listrik dari PLN.

Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menggunakan jasa bengkel besi. Karena sekarang sudah banyak tersedia bengkel las besi baik di kota maupun di desa. Untuk mendaatkan layanan servicenya tinggal datang ke bengkelnya atau bisa juga melalui online.

Untuk jasa service online bisa langsung mencari di Google dan menghubungi nomornya. Menggunakan layanan online paling enak, karena tanpa harus keluar rumah, pihak jasa service bisa datang ke rumah.

Baca artikel berbobot kami lainnya disini :