Beradaptasi di tempat kerja baru bagi segian orang menjadi momok yang menakutkan. Terkadang kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa berhadapan dengan sesuatu yang baru dikenal. Beradaptasi di tempat kerja merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan saat pertama kali bekerja di sebuah perusahaan.

Permasalahannya adalah kamu dituntut harus siap dengan banyak perubahan suasana kerja, lingkar pertemanan, bos baru, aturan baru, dan segala kemungkinan akan tantangan yang akan kamu hadapi nantinya. Singkatnya, semakin cakap kamu beradaptasi, semakin cepat pula kamu mengoptimalkan setiap tugas yang diberikan. Untuk itu, berikut penulis hadirkan beberapa tips yang bisa memudahkanmu beradaptasi di tempat kerja baru.

beradaptasi di tempat kerja

Langkah-langkah Beradaptasi di Tempat Kerja

Pusatkan perhatianmu di awal-awal pekan pertama

Sebagai pegawai baru, tentunya kamu akan mendapat arahan dari rekan kerja atau tim HRD yang akan membantumu di pecan awal kamu bekerja. Selama perkenalan ini, kamu akan diperkenalkan dengan berbagai jenis informasi internal perusahaan. Tujuannya agar kamu memahami seluk beluk perusahaan dan membuatmu lebih akrab dengan budaya, sistem kerja, dan departemen yang ada. Pusatkan tubuh dan pikirkanmu, berusahalah tidur lebih awal dan tidak larut malam. Agar hari esokmu di tempat kerja tidak mengantuk pun hilang fokus. Perhatikan dan bertanyalah jika ada perihal yang tidak kamu pahami. 

Keep calm, observe around

Terkadang seorang newbie akan menjadi terlalu excited dan antusias berlebihan. Meskipun ini hal yang wajar dan cukup bisa dimaklumi. Namun, hal seperti ini bisa dianggap berlebihan loh terkesan proaktif. Daripada menunjukan hal tersebut, akan lebih baik kalau kamu banyak mengamati lingkup sekitar, mengerjakan pekerjaan dengan produktif, dan selesai dalam waktu cepat. Jadikan jam makan siang atau istirahat sebagai ajang untuk mengamati sifat dan perilaku rekan kerjamu.

Baca Juga Artikel kami lainnya disini : Blog

Make a Good Impression

Biasanya, di awal pekan bekerja kamu akan dipersilakan introduksi agar bisa menyesuaikan diri dengan orang sekitar. Tunjukkan bahwa kamu pribadi menyenangkan, bisa diandalkan, mau berusaha dan bisa diajak kerja sama. Bersikap ramahlah sebaik mungkin. Karena hal tersebut bisa membuatmu menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. Selama proses perkenalan, manfaatkanlah kesempatan tersebut agar first impression orang sekitar terhadap kamu menjadi positif.

Bangun kesempatan Menjalin Pertemanan

Jangan malu memulai pembicaraan. Atau kamu tidak akan mendapat teman dan perhatian dari banyak orang. Cobalah sesekali menyapa dan lakukan obrolan ringan pada rekan kerja lainnya. Persiapkan topik obrolan sebanyak  mungkin agar pembicaraanmu bisa menjadi awal penyesuaian di diri di lingkup perusahaan baru. Walaupun hal tersebut bisa membuatmu semakin akrab dan lebih dekat, tapi jangan sampai mengganggu private life dan pekerjaan mereka ya, guys.

Be Good to Others

Kekerabatan akan lebih memotivasimu tetap semangat di tempat kerja. Jangan minder atau nervous saat berpapasan langsung dengan atasan. Sapalah mereka dengan sopan sambal diselingi sedikit basa-basi. Minimal jangan buang muka dan berusahalah tetap tersenyum. Mungkin ada beberapa hal yang akan membuatmu canggung saat mulai berinteraksi dengan orang asing, tapi percayalah, dengan bersikap sopan dan ramah, peluangmu menjalin hubungan baik dengan setiap orang yang kamu temui di tempat kerja pun semakin meningkat.

Pelajari Etika dan Budaya Lingkungan Kerja

Setiap orang memiliki etika dan budaya yang berbeda. Hal itu tentu mengharuskan kamu memahami karakternya masing-masing. Banyak perusahaan yang seringkali menuntut pegawainya agar terampil cekatan dalam beradaptasi, loh.

Kreatif dan Inisiatif

Dalam ruang lingkup pekerjaan kamu pasti mengharapkan tempat kerja yang nyaman, untuk mewujudkannya mulailah dari diri sendiri. Yaitu dengan menunjukkan sisi kreatifitas dan integritas dalam bekerja agar bisa menjadi penunjang di dalam perusahaan.

Disamping itu kamu harus bisa berinisiatif memecahkan masalah dalam bekerja. Inisiatif yang baik itu dilakukan dengan kepala dingin dengan mempertimbangkan segala macam risiko yang akan terjadi.

Work Focusly!

Alasan setiap pekerja pasti berbeda dan bisa saja sangat tidak dipikirkan pegawai lain. Apapun alasannya tetap harus didasari prinsip yang kuat agar tidak ‘oleng’ ke depannya. Dengan menerapkan hal tersebut, pastinya akan berpengaruh pada kestabilan pekerjaan. Bahkan hal seperti adaptasi di tempat kerja baru bukanlah menjadi tantangan yang berat.

Leave a Reply