Bengkel las bubut biasanya bermula dari bengkel bubut, yaitu jenis usaha yang menggunakan mesin bubut sebagai alat  utamanya. Namun seiring berkembangnya usaha dan kebutuhan akan peralatan, maka tidak hanya mesin bubut saja yang diperlukan sebagai alat utamanya. Untuk itu peluang bisnis jasa bengkel bubut yang lengkap dengan drillingnya, banyak dilirik investor, meskipun pada kenyataannya modalnya cukup menguras tabungan.

Langkah- langkah Memulai Usaha Bengkel Las Bubut.

bengkel las bubut

Peluang usaha di bidang jasa ini prospeknya sangat bagus, sehingga banyak pemilik modal menginvestasikan dananya untuk usaha tersebut. Namun sebelum memulainya wajib memperhatikan langkah-langkahnya, sehingga ketika usaha tersebut berjalan tidak ada kendala yang berarti. Langkah-langkah yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha jasa bengkel bubut, adalah sebagai berikut :

1. Persiapan Modal Untuk Usaha

Persiapan modal usaha membuka usaha ini tergolong besar, tetapi tentunya modal tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan diraih. Dengan modal awal Rp15 juta cukup untuk pengadaan peralatan, bengkelpun siap untuk menerima order atau pesanan konsumen. Namun dengan catatan belanja bahan baku akan diperoleh daridiwnpayment atau uang muka tanda jadi kontrak pekerjaan.

2. Mengetahui Target Marketnya

Langkah kedua adalah mengetahui target market atau pangsa pasar dari bengkel las bubut tersebut. Hal ini agar pelaku bisnis jasa ini tahu siapa saja target market yang akan dibidik untuk menggunakan jasanya. Adapun target pasar yang memakai usaha jasa dari  las bubut di antaranya :

  • Perusahaan manufacture (Pabrik)
  • Perusahaan transportasi
  • Bengkel otomotif  baik bengkel motor ataupun mobil
  • Perusahaan alat-alat berat
  • Kontraktor mekanikal
  • Perhotelan dan Restoran
  • Industri plastik dan moulding
  • Dan sebagainya.

bengkel las bubut

Mencari Bengkel Bubut atau Jasa CNC Terbaik ?

Whatsapp : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id
CV. Teknik Jaya Component


3. Peralatan Untuk Menunjang Kegiatan Bengkel Las Bubut

Langkah ini sangat penting, karena tanpa peralatan maka bengkel las bubut tidak kan berjalan sesuai fungsinya. Sebagai penunjang kegiatan, para pelaku usaha jasa ini, harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnisnya. Adapun peralatan yang harus disiapkan untuk usaha jasa bengkel ini, antara lain meliputi :

  • Mesin bubut
  • Mesin potong
  • Welding Machine (electrik dan gas)
  • Mesin asah pisau / gerinda tangan
  • Mesin bor / drilling
  • Alat ukur dan alat bantu lainnya

4. Merekrut Karyawan Ahli

Bagi pelaku usaha yang punya modal besar langkah ini dapat diambil untuk memudah dan membantunya dalam membesarkan bisnisnya. Namun bagi yang modalnya pas-pasan hendaknya dapat mempelajari secara detail ilmu teknik perbengkelan. Sehingga usahanya tetap dapat bergerak meski hanya dikerjakan sendiri atau menjadi bisnis rumahan.

Beberapa Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulainya

1. Paham Seluk Beluk Mesin Atau Peralatan Bengkel

Sebagai seorang pengusaha di bidang ini, harus tahu kegunaan mesin bubut dan alat penunjang kegiatan. Hal ini meliputi cara memakainya dan cara merawat peralatan tersebut dengan baik dan detail.  Awalnya memang sulit, terlebih bagi pengusaha yang tidak pernah sekolah di jurusan mesin, tapi dengan ketekunan tentu akan cepat menguasai.

2. Melakukan Kerjasama

Bagi pemula dalam bidang perbengkelan, tentu belum banyak menerima order, hal dikarenakan masih sedikit masyarakat yang tahu keberadaan bengkelnya.  Salah satu yang dapat dilakukan adalah kerjasama sama dengan beberapa bengkel lainnya. Sehingga bila ada pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan oleh bengkel rekanan, bisa dilemparkan ke bengkelnya.

3. Memberi Pelayanan Terbaik Pada Konsumen

Konsumen adalah raja, jadi sudah sepantasnya diberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini untuk mendongkrak popularitas dan kualitas tersebut, sehingga tidak kapok menggunakan jasanya. Karena jika konsumen puas, pasti konsumen tersebut akan mempromosikan pada teman-temannya.

4. Kelola Keuangan Dengan Sebaik Mungkin

Hasil yang didapat dari usaha bengkel harus dikelola dengan baik dan dicatat dalam buku dengan rapi. Pastikan untuk memisahkan antara uang pribadi dengan uang pendapatan dari usaha. Jangan lupa syukuri berapapun hasil yang didapat, agar semakin berkembang dan berkah.

Sebagai catatan, jika hendak menggunakan sebuah mesin bubut kurang dari satu meter, pengusaha pemula bisa menjalankan mesin-mesin tersebut. Tentunya dengan pasokan listrik 3500 VA untuk modal awal seperti yang disebutkan diawal. Demikian ulasan tentang peluang usaha bengkel las bubut, semoga bermanfaat untuk yang ingin memulai usaha jasa ini.

Harmonisasi Bidang Las dan Bubut juga Tipsnya

Dewasa ini, pemerintah kita sedang menggalakkan industri manufaktur besar-besaran demi mendongkrak produksi nasional. Dalam kondisi wabah pandemic covid-19 ini, sektor manufaktur dan industri. Dari mulai usaha mikro kecil, usaha menengah, sampai usaha berskala besar (industri) ini harus berkembang secara pesat dan massive.

Diantara jenis usaha kecil dan menengah yang ada di pinggir jalan dan jenis usaha pertukangan yaitu bengkel las bubut dan sejenisnya. Sebetulnya usaha bengkel las dan usaha bengkel bubut ini memiliki fokus yang berbeda. Bengkel las biasanya fokus pada usaha konstruksi fabrikasi seperti pembuatan meja, pembuatan tralis, pembuatan rolling door, gerbang, dan sejenisnya. Sedangkan Bengkel bubut secara umum adalah bidang fokus lebih pada sub engineering machining, yang membutuhkan skill dan ketelitian lebih.

Akan tetapi tidak jarang pula bengkel bubut yang merangkap menjadi bengkel las, makanya dinamakan bengkel las bubut. Ketika memutuskan penggabungan seperti ini, maka manajemen didalamnya harus memisahkan departemen. Departemen las harus berdiri sendiri dan diberikan space ruang yang berbeda pula dengan machining bubut.

Karena jika tidak dipisah, ini akan beresiko. Dari segi safety dan sustainability perlu diperhatikan dengan matang. Anda bisa membayangkan bila area pengelasan berdekatan dengan area mesin, ini sagat berbahaya sekali. Benda – benda tajam dan keras yaitu logam berdampingan dengan mesin yang berputar dengan dinamis. Tidak jarang pula benda kerja yang dikerjakan di mesin bubut memiliki bobot dan ukuran diatas normal seperti rod dan shaft yang ukuran jumbo.

Maka dengan ini bagi anda yang menekuni bidang ini harus betul – betul mengindahkan masukan ini agar dapat bisa membagi fokus yang berbeda – beda. Meskipun las dan bubut sebetulnya masih satu kesatuan jika kita berbicara teknis pekerjaan bengkel las bubut.

Bagi anda yang mencari Ahli Machining Bubut atau ahli mesin CNC dalam produksi dan reparasi. CV. Teknik Jaya Component lah jawabannya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Whatsapp : 0878-7368-2510 – Email : mail@teknikjaya.co.id
CV. Teknik Jaya Component

Leave a Reply