Usaha bengkel las termasuk kedalam opsi anda dalam membangun pemasukan. Dewasa ini banyak dari kita yang mencari peluang dan peruntungan di luar kebiasaan dan aktifitas kita sehari – hari seperti bekerja di kantor. Bahkan tidak sedikit dari kita yang terkena imbas dari covid-19 pandemic. Bengkel las bagi Sebagian orang diihat sebagai usaha yang bonafid.

usaha bengkel las
Operator sedang melakukan operasi pengelasan

Bonafid disini artinya mempunyai pangsa pasar tersendiri. Pengguna usaha bengkel las biasanya dari kalangan pribadi maupun perusahaan. Untuk kalangan pribadi biasanya menggunakan jasa ini seperti reparasi alat otomotif, perbaikan mesin, pembuatan pagar besi, pembuatan trails dan kanopi, dan yang lain sebagainya. Sedangkan peruntukan perusahaan biasanya dalam hal pembuatan rancangan konstruksi berskala besar dalam bidang proyek baik itu swasta, ataupun proyek pemerintah seperti manufaktur dan fabrikasi.

Baca Juga : tempat bubut terdekat

Kiat – Kiat Sederhana Dalam Memulai Usaha Bengkel Las

Dibawah ini akan dipaparkan beberapa tips dan trik dalam memulainya, mari disimak dibawah ini.

Tanamkan Niat Yang Mantap Dan Bersungguh-Sungguh

Dalam mengerjakan segala hal, maka tidak dapat dipungkiri modal pertama adalah niat dan aplikasi yang sungguh-sungguh. Dengan niat yang mantap setidaknya modal utama sebagai bahan bakar memulai usaha sudah tertanam. Setelah niat yang mantap, maka bersungguh-sungguh dalam mewujudkan niat tersebut adalah penyempurnanya.

Bersungguh – sungguh ini hal yang gampang gampang sulit. Terkadang banyak orang sudah memiliki niat yang mantap tapi tidak sungguh – sungguh dalam mewujudkannya.

Perencanaan Usaha Bengkel Las Yang Matang

Setelah niat dan sungguh – sungguh dalam perwujudannya, maka perencanaan yang matang adalah tahapan kedua. Bagaikan berperang tentunya perencanaan adalah hal yang paling utama dalam melaksanakan apapun. Bayangkan jika anda tidak tau medan perang, amunisi apa yang anda miliki, dan pasukan seperti apa yang seharusnya pantas untuk mengalahkan musuh, tentunya yang anda temukan hanyalah kekalahan – Wikipedia.

Begitu pula dalam merencanakan usaha bengkel ini. Anda harus menyiapkan beberapa hal seperti orang yang berkompeten, modal finansial, tempat usaha, sasaran pasar, dan rencana jangka pendek juga jangka panjangnya.

Eksekusi Cepat Dan Tepat

Setelah ada perencanaan yang matang maka anda harus segera mengeksekusinya. Orang pernah bilang 1 persen adalah rencana 99 sisanya adalah eksekusi. Eksekusi yang cepat kemudian terdapat kekeliruan atau kesalahan jauh lebih baik daripada 1001 rencana tanpa eksekusi. Jadi janganlah ragu Ketika anda sudah merencanakan memulai usaha ini, maka harus segera di eksekusi dengan cepat juga tepat.

Baca Juga : Bengkel Las Bubut Berpengalaman

Pengaturan Internal Dan Finansial

Setelah anda mengeksekusi segera anda mengatur bagaimana cara kerja dan sistem dari usaha bengkel las ini. Dari mulai pembukuan, aturan pemesanan, jam kerja dan upah perjanjian pegawai, pengiriman, sistem manajemen mutu, pembelian material dan tools, Langkah – Langkah taktis dalam menyelesaikan pekerjaan, dan hal – hal lain yang perlu anda atur sendiri.

Kecerdasan finansial sangatlah penting disini. Jangan sampai anda lalai dalam mengatur keuangan. Semua uang yang masuk dan keluar harus anda ketahui jangan sampai pada titik ini anda memiliki kelemahan.

Marketing Dan Promosi

usaha bengkel las marketing
Digital Marketing

Pada tahap ini haruslah anda langsung yang beraksi. Pemasaran, penjualan, and promosi haruslah anda sendiri yang memegang kendali. Karena disini adalah senjata anda dalam meroketkan usaha. Marketing dan promosi saat ini adalah era digital yang harus dikuasai. Diantara media digital yang harus anda kuasai yaitu marketing via social media (facebook, Instagram, twitter, dan masih banyak lagi), content placement di website, marketplace, dan pemanfaat search engine juga listing bisnis di internet.

Tinggalkan cara – cara lama yang hanya membuang – buang waktu anda, saatnya beralih ke promosi dan pemasaran digital. Seperti yang dikatakan dalam revolusi industri 4.0 yaitu IoT (Internet of Things).

Istiqomah Dan Perbanyak Jejaring Sosial

Memulai usaha dan melaksanakannya adalah hal mudah, yang sulit adalah stabil atau dalam arti lain yaitu istiqomah dalam menjalankannya. Banyak orang – orang gugur dalam fase ini. Jangan sampai anda menjadi salah satunya. Setelah anda beristiqomah maka juga diharuskan perbanyak jejaring sosial dalam meluaskan pasar anda.

Bengkel las disini bukan arti sempit ya, disini saya bicara bengkel las dalam arti luas hingga ke bidang engineering atau fabrikasi manufaktur. Konsultasikan segala permasalahan anda dengan partner yang dapat dipercaya dan memberikan solusi terbaik dalam usaha anda, jangan dipikul sendirian.

Itu saja artikel mengenai usaha bengkel las, semoga bisa menjadi inspirasi dan bahan bakar anda dalam mencari peluang bisnis dan peruntungan nyata. Ingat bahwa yang bertanggung jawab bagi diri anda hanyalah anda sendiri bukan orang lain, Salam Pengusaha!.