Mesin CNC Milling / CNC Frais merupakan mesin yang dipakai dalam industri manufaktur untuk menghasilkan part di sektor teknik dalam jumlah yang relatif cepat. Seperti dengan namanya yaitu CNC, untuk setiap pengerjaan dari CNC sendiri ini menggunakan sistem dari komputer. Mesin ini akan membuat bentuk barang dengan baik dan akan sesuai dengan presisi.

mesin cnc milling
Mesin CNC Milling

Misalnya, untuk membuat benda-benda seperti baut, mur, sekrup, dan lain lain sebagainya. Pastinya akan ada presisi yang harus dipakai sesuai dengan kebutuhan tentunya. Nah, dengan menggunakn mesin CNC ini, komputer akan dengan sangat mudah mengatur peralatan mesin dalam mengebor / memotong berbagai material. Sehingga untuk hasil akhirnya nanti akan memiliki bentuk yang sama, rapi dan sesuai dengan presisi. Untuk pengerjaan menggunakan mesin ini akan lebih menguntungkan dari pada secara manual.

Mesin CNC Milling : Primadona Masa Depan

Mari kita belajar sedikit tentang mengenal mesin CNC milling / CNC frais ini dikendalikan oleh program komputer yang juga bisa dibilang juga otak mesin. Untuk program tersebut akan memerintah kepada bagian mesin yaitu meja mesin pada sumbu X, Y, dan rumah cutter.

Proses milling  ini merupakan proses pemotongan dan pengeboran material. Untuk perbedaan yang paling utama untuk mesin penggilingan dengan mesin bor lain yaitu kemampuan dalam memotong sudut yang berbeda di sepanjang sumbu yang berbeda pula.

Untuk pengendalian mesin ini dengan menggunakan sistem komputer dengan gerak yang otomatis akan mengontrol dengan menggunakan bahasa yang numerik. Sama dengan mesin bubut CNC yang merubah cara mengendalikan gerak putaran spindel dengan cara memutar dengan tangan manusia lalu diganti dengan control numeric.

Untuk mesin perkakas yang konvensional operator mesin memutuskan dan menentukan beberapa parameter. Yaitu seperti kecepatan penyayatan, kecepatan spindel, kedalama penyayatan yang berdasarkan jenis pekerjaannya dan mengaturnya dengan menggunakan tangan secara manual.

Mengenal mesin CNC milling / CNC frais ini sudah tidak lagi menggunakan tangan atau manual, maka banyak sekali industri indusri seperti manufaktur yang menggunakan mesin ini.

Selain manfaat yang diberikan mesin ini juga cukup banyak, namun harga yang diberikan untuk mesin ini juga cukup mahal. Selain itu juga mesin CNC milling ini harus dirawat agar tetap awet dan tetap nyaan saat mesin digunakan nantinya. Mengendalian mesin CNC milling ini dikendalikan dengan komputer dn dilakukan dengan motor servo.


Bengkel Bubut Terpercaya Puluhan Tahun

Hubungi kami untuk jasa machining, jasa bubut cnc :
Whatsapp 0878-7368-2510

Jasa CNC : Memuaskan – Jaminan Kualitas
Jasa Bubut CNC : Berkualitas
Jasa Machining : Berkualitas Puluhan Tahun
Bengkel Bubut Cikarang : Berpengalaman dan Harga Terjangkau
Bengkel Bubut Karawang
Bengkel Bubut Jakarta Timur


Sekilas Sistem Mesin CNC Milling

Ciri khas mesin ini eretan dan spindel dapt digantikan dengan sebuah motor servo yang dikendalikan oleh servo driver dengan menggunakan bahaya yang numerik. Dan berbeda halnya dengan mesin perkakas konvensional yang masih menggunakan tanagan atau manual untuk memutar spindel.

Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa, mesin CNC milling ini dipakai untuk melakukan pekerjaan pemotongan atau pengeboran dengan bantuan yang paling utama yaitu komputer atau bisa disebut dengan sistem komputer. Sebelum Anda melakukan suatu pekerjaan apapun sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu standar keselamatan kerja. Agar terhindar dari hal-hal yang Anda tidak inginkan yang akan membuat kerusakan pada mesin nantinya.

Itulah ulasan yang telah kami berikan. Mesin ini bila kita menggunakannya dengan benar makan akan sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat nantinya. Dalam pelaksanaan praktek produksi pemesinan jangan lupa untuk selalu berhati hati dalam melakukan suatu hal apapun. Thankyou very much.

Leave a Reply