Parameter mesin cnc yang biasa digunakan berupa kedalaman pemakanan, kecepatan putar spindle dan kecepatan pemakanan.Beberapa nilai yang digunakan antara lain: spindle speed  berkisar antara 1500 rpm, 1750 rpm, dan 2000 rpm, feed rate 80 mm/min, 180 mm/min, dan 280 mm/min, dan depth of cut yang berdiameter 0.1 mm, 0.2 mm, dan 0.3 mm.

parameter mesin cnc
contoh mesin cnc

Di revolusi industri 4.0 ini, setiap pembuatan apapun yang berhubungan dengan benda kerja, selalu tak pernah lepas dari bantuan permesinan. Bukan merupakan kompetisi antara manusia dengan mesin. Melainkan memang itulah cara – teknologi yang diciptakan manusia untuk mempermudah setiap pekerjaan.

Mampir yuk! Solenoid Valve Adalah Jenis Katup Listrik

Di antara sekian banyak teknologi yang dikembangkan, salah satunya adalah dengan terciptanya mesin cnc yang perannya sendiri bisa digunakan pada hampir setiap bidang industri (artikel jasa mesin bubut). Contohnya, di dunia pendidikan, kamu bisa melakukan  riset dan penelitian dimana hasilnya tentu akan sangat berguna sekali bagi masyarakat.

Dampak Parameter Mesin CNC Pada Produk

Dan, di dunia industri dan manufaktur beserta jajarannya, pemanfaatan keberadaan mesin cnc jauh lebih banyak digunakan pada bidang ini. Karena, adanya mesin cnc ini kamu jadi bisa menghasilkan jumlah produk yang cenderung lebih banyak dari biasanya dengan waktu yang bisa diatur dan relatif lebih singkat.

Disamping itu, dengan ini kamu jadi lebih bisa menghemat biaya produksi lho. Cukup efektif bukan? Tapi, terlepas dari banyaknya manfaat yang diberikan, ada juga kendala – atau lebih tepatnya hal penting yang proses pengerjaannya benar-benar harus diperhatikan dengan teliti.

Baca Artikel lainnya yuk! Mesin Sekrap Besi (Metal Shaping Machine)

Kekasaran suatu benda kerja yang telah dibuat  merupakan faktor utama yang menjadi tolak ukur kualitas dari suatu produk yang akan kamu jual nantinya.

parameter mesin cnc
hasil produk @jasabubutcnc

Jadi, supaya hasilnya memuaskan dan berkualitas bagus di pasaran, kamu harus paham betul tentang pengaruh parameter mesin cnc supaya nantinya kamu bisa mendapat persentase kekasaran permukaan benda kerja yang cukup baik.

Satuan yang Digunakan

Dari hasil penelitian data analyze yang secara grafik menunjukkan bahwa semakin besar depth of cut dan feed rate yang digunakan maka getaran yang dihasilkan pun akan semakin besar. Saat seorang operator melakukan penambahan spindle speed, maka hal ini akan menyebabkan bertambahnya nilai getaran yang tidak relevan.

parameter mesin cnc
parameter mesin cnc

Adapun, satuan nilai pada parameter mesin cnc disebutkan dalam bentuk: kecepatan ( mm/s ), percepatan ( m/s2 ), dan perpindahan (μm). Selain itu, kita akan mengulas tentang hal-hal apa saja yang meliputi parameter mesin cnc.

Seperti yang kita ketahui, pada parameter pemotongan mencakup kecepatan putaran mesin ( Revolution Permenit – Rpm ), kecepatan pemakanan ( Feed – F ), kecepatan potong ( Cutting speed – Cs ), dan waktu proses pengerjaan pemesinannya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi

Sebelumnya akan penulis bahas dulu tentang apa saja sih faktor-faktor yang mempengaruhi parameter mesin cnc. Diantaranya adalah:

  • Benda kerja yang meliputi dimensi, bentuk dan bahan yang akan digunakan.
  • Jenis material, ketepatan sudut dan pendingin pada tools.
  • Kualitas dan kelayakan suatu mesin yang dioperasikan.
  • Pengetahuan dan kondisi biologis operator.
  • Sedangkan pada alat ukur yang dipakai, penting bagi seorang operator mengetahui kualitas, ketelitian dan kepresisian benda kerja.
  • Terakhir, parameter mesin cnc lah disini yang paling berpengaruh dari semua faktor tersebut di atas.

Seorang operator harus paham dan teliti tentang bagaimana parameter mesin cnc yang benar supaya menghasilkan produk yang banyak diminati oleh customer. Jadi, sebelum merekrut, pastikan mereka yang paham betul tentang seluk-beluk Jasa Bubut CNC Teknik Jaya.

Leave a Reply