Buat yang paham mesin apalagi yang berkutat di dunia perbengkelan, pasti kalian sudah gak asing lagi kan dengan yang namanya komponen karburator. Yap! Karena hampir setiap kendaraan pasti punya komponen ini! tapi, pengecualian deh buat motor yang pakai mesin injeksi. Kalau bisa diistilahkan sih, karburator ini sama halnya dengan jantung pada tubuh, ia akan bekerja keras agar bisa memasok bahan bakar dan campuran udara ke dalam ruang bakar bensin, kalau karburator melakukan tugasnya dengan baik, maka mesin kendaraan pun akan terus berjalan.

Gak ada yang sempurna di dunia ini. begitu pun dengan karburator, kalau sampai ada pembakaran yang tidak sempurna, hal ini akan berakibat pada mesin yang akan semakin cepat panas dan knalpot kendaraan bisa mengeluarkan asap yang tidak normal. Nah, yang begini ini bisa menjadi dampak bertambahnya polutan di udara. Selain mengenal dan membenarkannya kembali menjadi lebih baik, kamu sudah tahu belum komponen apa saja yang ada di dalam karburator suatu perangkat mesin kendaraan? Penasaran? Yuk mari kita simak!
Artikel Lainnya : Macam Macam Poros
Cara Kerja Komponen Karburator Mobil
Komponen Karburator bertanggung jawab untuk menggabungkan bensin dan udara bersama- sama dalam jumlah yang pas dan memperoleh kombinasi itu ke dalam silinder. Walaupun mereka tidak ditemui pada mesin mobil terkini, karburator sudah mengirimkan bahan bakar ke mesin tiap alat transportasi dari mobil balap legendaris ke mobil mewah kategori atas.
Mereka dipakai di NASCAR sampai 2012 serta banyak penggemar mobil klasik memakai kendaraan karburator tiap hari. Dengan banyaknya penggemar berat, karburator wajib menawarkan sesuatu yang eksklusif untuk mereka yang menggemari mobil.
Karburator bergantung pada vakum yang terbuat oleh mesin untuk menarik udara serta bahan bakar ke dalam silinder. Sistem ini dipakai seperti itu sudah sejak lama sebab kemudahan di baliknya. Throttle bisa membuka serta menutup, memungkinkan udara lebih ataupun kurang untuk memasuki mesin. Udara ini bergerak lewat lubang kecil yang disebut venturi. Hal ini menghasilkan vakum yang dibutuhkan untuk melindungi mesin tetap berjalan.
Baca Juga Kuy : Cara Kerja Rem Hidrolik
Mengenal Komponen Karburator dan Fungsinya
Yuk kenalan lebih dekat dengan komponen karburator! Salah satu kalimat ini mungkin harus kamu telusuri lebih jauh. Hal ini tentu saja biar kamu bisa lebih paham tentang fungsi dan cara kerja dari setiap komponen yang ada. Jadi, kalau kamu sudah paham dasarnya, kamu gak perlu kebingungan lagi dengan berbagai macam istilah yang biasanya teknisi bengkel atau workshop langganan kita jelaskan dan kamu pun gak mudah buat dibohongin tuh. Hehe
Komponen Apa Saja yang Ada di Dalam Karburator?
- Sebelum mesin digunakan, di dalam karburator ada tuh yang namanya mangkok karburator atau float chamber yang bertugas untuk menyimpan persediaan bensin.
- Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin ke dalam float chamber adalah tugas utama Klep atau jarum pelampung.
- Nah, sedangkan si float ini fungsi sebenarnya yaitu mengatur dengan sebaik mungkin agar bahan bakar yang ada di dalam mangkuk karburator itu tetap konstan.
- Di dalam silinder, kita akan menemukan skep atau katup gas yang berperan sebagai pengatur sedikit banyaknya gas yang masuk.

Simakk Artikel Sebelumnya : Alat Ukur Mekanik
- Besarnya motor pada saat digas ini diatur oleh terangkatnya jarum skep yang ada pada pemancar jarum ( main jet / needle jet ).
- Selain itu, pada saat motor digas, jarum skep / jarum gas akan memainkan perannya dalam mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle.
- Supaya bisa memancarkan bensin saat motor digas full, ini hanya dilakukan oleh main jet ( pemancar besar / induk ). Sebaliknya, ada slow jet yang akan memancarkan bensin dalam keadaan stasioner.
- Ada juga sekrup gas ( throttle screw ) yang bertugas untuk mengatur posisi skep sebelum digas, dan sekrup udara ( choke valce ) yang berperan sebagai pengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
- Pada waktu start ada kompen karburator bernama katup cuk ( choke valve ) yang bertugas untuk menutup udara luar yang masuk ke karburator.
Karburator Mobil
Karburator pada mobil dioperasikan dengan metode yang serupa. Untuk menghidupkan mobil, Kamu harus mengeluarkan choke serta membiarkan mesin memanas. Sistem injeksi bahan bakar modern tidak membutuhkan rentang waktu pemanasan ini. Banyak mobil serta truk saat ini kini memanfaatkan injeksi langsung, sistem yang sudah teruji menambah kemampuan mesin, serta secara bergantian, meningkatkan ekonomi bahan bakar pengguna. Di mana sistem injeksi bahan bakar standar cuma membuat karburator tertinggal zaman, direct injection membuat mereka tampak sangat aneh.
Walaupun telah tertinggal jaman, karburator merupakan bagian besar dari asal usul otomotif serta bekerja secara mekanis dan cemerlang. Dengan bekerja dengan mesin karburator, penggemar bisa memperoleh wawasan langsung mengenai bagaimana udara dan bahan bakar dibawa ke mesin untuk dihidupkan dan menjaga semuanya tetap bergerak.
Demikian Artikel singkat mengenai komponen karburator dari Teknik Jaya Component, semoga bermanfaat untuk anda.