• Post published:November 11, 2021
  • Post author:
  • Reading time:7 mins read
3/5 - (2 votes)

Macam macam poros atau biasa yang kita sebut dengan istilah Shaft adalah sebuah elemen mesin bergerak yang berbentuk bulat yang berperan sebagai pengirim daya dari satu komponen ke komponen lain. Proses transmisi daya ke poros ini akan melalui kekuatan tangensial. Di artikel sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang tools, dan material lainnya. Nah, sekarang, it’s time to discuss about Shaft! Lengkap aja ya sekaligus dengan fungsi dan ilustrasinya.

macam macam poros

Shaft atau yang secara Bahasa disebut dengan Macam Macam Poros adalah suatu komponen stasioner yang berputar, umumnya berpenampang bulat dimana terpasang elemen- elemen semacam roda gigi ( gear), pulley, flywheel, engkol, sprocket serta komponen pemindah yang lainnya. Macam Macam Poros dapat menerima berat lenturan, berat tarikan, beban tekan ataupun beban puntiran yang memiliki peran masing-masing ataupun berupa perpaduan satu dengan yang lain.

Artikel Lainnya : Alat Ukur Mekanik

Jenis Jenis Poros

Poros dalam suatu mesin berperan untuk menyambung tenaga bersama- sama dengan putaran. Tiap komponen mesin yang berputar, seperti roda tali, puli sabuk mesin, piringan kabel, tromol kabel, roda jalur serta roda gigi, dipasang berputar pada poros dukung yang tetap ataupun dipasang tetap pada poros dukung yang berputar. Contohnya suatu poros dukung yang berputar, ialah poros roda keran pemutar gerobak.

  • Transmission Shaft atau poros transmisi digunakan berperan sebagai pengirim dari sumber daya ke mesin. Counter Shaft, Line Shaft, Overhead shaft dan semua jenis poros setiap pabrik adalah jenis poros Transmisi. Itu sebabnya poros transmisi memiliki bending momen yang juga dilengkapi dengan twisting moment.
  • Machine Shaft: Shaft semacam ini bekerja sebagai bagian mesin. Di sisi lain, poros ini juga disebut sebagai bagian dari mesin. Itu sebabnya Machine Shaft disebut dengan  poros mesin. Crankshaft adalah contoh yang sangat baik dari poros mesin.

Macam Macam Poros Apa Saja yang Ada pada Mesin ?

  • Spindle juga sama seperti poros tetapi ukuran panjangnya lebih pendek. Spindle digunakan untuk menyalurkan gerakan ke alat pemotong. Contoh sederhana spindle adalah bor chuck yang memberikan gerakan untuk mengebor pada pembuatan lubang.
  • Rear axle atau poros belakang adalah elemen terakhir dari kereta listrik. Pada sebagian besar mobil, real axle adalah poros penggerak. Ia terletak di antara roda penggerak dan gigi diferensial lalu akan mentransfer daya dari diferensial ke roda penggerak. Poros belakang ini memiliki dua bagian yang terhubung ke gigi diferensial. satu untuk satu roda.
macam macam poros

Ujung dalam pada bagian masing-masing poros terhubung ke sun gear ( gear terkecil yang terletak di tengah poros ) diferensial dan ujung luarnya terhubung ke roda. Poros belakang dan gigi diferensial benar-benar membungkus seluruh komponen yang melindungi mereka dari air, debu dan keretakan yang tak disengaja.

  • Propeller Shaft adalah poros yang mentransmisikan daya dari gearbox ke gigi diferensial pada kendaraan bermotor dari mesin ke baling-baling di perahu atau mesin terbang. Poros baling-baling, kadang juga dikenal sebagai poros gardan yang berperan untuk mentransmisikan daya dari gearbox ke poros belakang. Secara teratur poros ini memiliki bagian tubular dan biasanya terbuat menjadi beberapa bagian konstruksi.

Baca Juga nih : Macam Macam Proyeksi

Supaya macam macam poros memiliki fungsi yang lebih efektif, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan pada propeller shaft ( poros baling-baling ).

  • bisa mengurangi beban dorong.
  • Tingginya kekuatan torsional.
  • Kuat dan mudah mengeras.
  • Memiliki keseimbangan yang dinamis.

Perbedaan Crankshaft dan Camshaft pada Macam Macam Poros

Kita semua pasti udah pernah denger dua istilah nih, apalagi mereka yang berkutat di dunia pemesinan. Sering banget dong yaaa. Tapi, gak banyak juga yang kadang masih suka bingung nih, gimana cara membedakannya sih? Memang perbedaannya apa? Jadi, si crankshaft dan camshaft ini merupakan dua bagian dasar dari mesin pembakaran internal dimana sebuah perangkat mesin akan mengubah suatu energi kimia yang terkandung di dalam hidrokarbon lalu diubah menjadi energi mekanik.

macam macam poros
  • Crankshaft adalah poros yang kurang lebih memiliki satu engkol, terutama poros utama dari motor pengapian internal dimana batang interfacing akan ditambahkan. Pada umumnya, crankshaft ini dibuat oleh baja paduan dengan cara menempanya terlebih dulu. Poros ini terus bekerja dalam kekuatan yang berdaya tinggi sehingga harus cukup kuat untuk menahan muatan benda kerja lain. Ia terletak di bawah silinder. Salah satu ujung crankshaft melekat dengan flywheel.
  • Camshaft berisi dua atau lebih unit cam yang pada umumnya terbuat dari besi cor atau baja dan letaknya ini berada di sisi atas silinder. Camshaft kadang-kadang terletak di bagian bawah silinder dan nantinya gerakan poros ini akan ditransmisikan ke katup oleh mekanisme lengan rocker.

Simakk Juga : Perbedaan Solar dan Bensin

Hal Hal yang Harus Diperhatikan pada Jenis Jenis Poros

Kondisi Yang Mesti Dicermati Dalam Mengatur Poros

  • Poros yang didesain itu mesti cukup terjamin agar bisa menahan beban- beban tersebut.
  • Selain mencermati intensitas poros, kekakuan poros pula wajib dicermati serta dicocokkan dengan tipe mesin yang hendak ditransmisikan dayanya dengan poros tersebut.
  • Jangan lupa untuk mempertimbangkan putaran kerja dari poros tersebut supaya lebih ringan dari putaran kritisnya.

Material Poros pada umumnya dipakai pada putaran tinggi serta beban yang berat dimana rata-rata terbuat dari baja paduan ( alloy steel) dengan sistem pengerasan kulit ( case hardening ) akibatnya macam macam poros ini tahan terhadap keausan. Beberapa diantaranya terbuat dari material baja khrom nikel.

Demikian pembahasan mengenai macam macam poros, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Lainnya : Gear Sprocket Adalah

Author