• Post published:February 19, 2021
  • Post author:
  • Reading time:7 mins read
<<< Tolong Beri Rating Artikel ini

Gear sprocket adalah bagian komponen mesin yang penerapannya banyak kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari.

gear sprocket adalah
GEAR SPROCKET

Banyak yang masih kebingungan nih dalam membedakan gear dan sprocket. Jadi? Apakah sama? Atau berbeda? Banyak orang juga mungkin yang mungkin salah persepsi tentang kedua jenis komponen mesin ini.

Karena, faktanya, gear sprocket adalah dua jenis komponen mesin yang memang memiliki fungsi yang relatif sama, tapi, penempatan dan fungsi spesifiknya itu berbeda lho gaes. Nggak percaya? Baiklah.. Kita simak dulu penjelasan berikut ini ya! Oh iya, jangan lupa perhatikan juga visualisasi yang ada ya.

Sprocket Adalah

Sprocket adalah suatu benda kerja yang berbentuk roda bergerigi yang terpasang dengan rantai, track, atau beberapa benda berukuran panjang lainnya yang juga memiliki gerigi. Nah, sprocket itu berbeda dengan gear loh. Sprocket tidak berikatan dengan sprocket lainnya. Berbeda pula dengan pulley yang tidak memiliki gigi, justru sprocket memiliki gigi yang tidak berhubungan dengan sabuk (V-belt).

Fungsi Sprocket yang Wajib Kamu Tahu

Tahu nggak sih? Disaat roda gigi tidak mampu menjangkau pemindahan gaya putar di antara dua poros, maka sprocket yang terpasang pada mobil, sepeda, motor, kendaraan roda berantai, dan mesin lainnya membantu dalam mentransmisikan gaya tersebut.

gear sprocket adalah
bagian sprocket tampak depan

Pada kendaraan jenis ini, tentu sprocket yang dipakai pun terbilang banyak. Tapiii, sebanyak-banyaknya sprocket yang digunakan, tetap saja kok yang menggerakkannya cuma satu, dua ataupun tiga. Loh? Kok bisa?

Simak Artikel Lainnya! Penerapan Parameter Mesin CNC di Bidang Industri

Jadi sistemnya tuh gini lho gaes, kalau cuma satu sprocket yang bergerak, biasanya akan diletakan di belakang atau di depan kendaraan. Tapi, kalau ada dua sprocket yang harus bergerak, maka posisinya akan berada di belakang dan di depan kendaraan.

Nah, kalau ada tiga gimana? Biasanya sih yang ketiga itu bakal diletakan dimana saja. Dan, posisinya juga bakal lebih tinggi dari sprocket penggerak lainnya. Sampai sini sudah paham ya? Oke, kita lanjut.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat poin-poin berikut ini ya.

  • Melalui bushing, sprocket jadi bisa mentransmisikan tenaga gerak.
  • Agar sebuah unit bisa bergerak, pada track, sprocket membantu merubah putaran menjadi gulungan.

Jenis Sprocket Apa Saja Yang Ada?

Ternyata, sprocket juga diklasifikasikan ke dalam dua jenis lho. Ada sprocket berjenis solid yang terbuat dari cast steel dan termasuk ke dalam satu kesatuan. Jadi, kalau ada salah satu gigi sprocket yang rusak, kalau kamu mau menggantinya, maka kamu harus memotong dan mengelasnya lagi.

Yang kedua adalah sprocket dengan tipe segmented, lain halnya dengan tipe pertama, sprocket jenis ini pemakaiannya cukup sederhana lho. Karena pemasangannya yang mudah dilepas atau diganti satu persatu.

Gear Sprocket Adalah

Tahukah kamu bahwa gear sprocket adalah dua jenis komponen mesin yang meskipun fungsinya hampir sama, tapi bentuk dan sistem kerjanya itu berbeda lho.

Pada dasarnya, gear adalah roda bergerigi yang tersambung dengan gigi yang terpasang pada gear lainnya. Sedangkan sprocket adalah suatu komponen yang setiap ujungnya terdiri dari banyak gerigi yang terhubung dengan rantai untuk memindahkan daya pada suatu komponen tertentu pada mesin.

Baca Juga! Pengecoran Logam dan Pembahasan Prosesnya

Umumnya kamu bisa menemukan pengaplikasian komponen sprocket ini pada sistem gerak sepeda, motor, dan juga mobil. Agar sepeda dan motor bisa berjalan, sprocket yang ada di dalam mesin ini bekerja dengan cara berputar untuk menggerakkan rantai yang terpasang. Itulah alasan kenapa posisi sprocket selalu diletakkan di luar mesin karena agar lebih mudah dilepas saat akan diperbaiki.

gear sprocket adalah
gear

Sedangkan pada gear, peletakannya sendiri cenderung berada di dalam mesin yang fungsinya adalah sebagai pemindah daya dari mesin ke suatu komponen. Misal, pada seorang perancang mobil, gear yang ia gunakan cenderung lebih kaku, kenapa? Karena gear yang kaku itu cenderung memiliki transmisi daya yang jauh lebih besar dan efektif.

Gimana? Sekarang sudah paham dong ya kalau Gear Sprocket adalah dua jenis komponen yang berbeda. Yaaa, walaupun fungsinya yang relatif hampir sama ini kadang suka bikin bingung buat membedakannya.

Author

Leave a Reply