Jenis Pahat Bubut yang Perlu Anda Ketahui mari simak di artikel ini. Kualitas dan spesifikasi setiap mesin bubut akhirnya menjadi perhatian penting pada sektor industri. Karena itu sejumlah anggapan bahwa aspek utama dalam penggunaan mesin bubut pastinya memiliki perangkat tambahan seperti pahat bubut beserta jenisnya.

Karena itulah berbagai macam konsep dari penggunaan mesin bubut harus mengetahui seperti apa macam macam pahat dan fungsi dari pahat bubut. Sehingga dari cara kerja mesin bubut terbaik akan langsung memberi dampak besar terhadap produksi di sebuah industri berskala kecil sampai besar.

jenis pahat bubut
jenis pahat bubut

Jenis Pahat Bubut dan Fungsinya

Bagi para pegiat dunia pemesinan, tentunya pahat bubut adalah hal yang sudah tidak asing lagi di telinga. Dibawah ini akan dipaparkan secara jelas dan gamblang mewakilinya macam macam pahat.

Lihat juga : Video Bubut Extreme, Heavy Duty :

Pahat Ulir

pahat bubut ulir
pahat bubut ulir

Pada pahat ulir menjadi opsi penting untuk membuat ulir yang dibutuhkan dalam skala besar ataupun kecil. Dari fungsi utama jenis pahat ulir bisa dipakai untuk membuat ulir kiri, ulir tunggal, ulir ganda, dan ulir kanan ataupun lainnya. Kemudian dari sudut pahatnya sendiri memiliki pengaturan yang mana bisa dibentuk sesuai hasil produksinya. Sedangkan jenis pahat bubut dari pahat ulir ini sering digunakan dan butuh perawatan ekstra agar tetap awet.

Pahat Potong

jenis pahat bubut
pahat bubut potong

Berikutnya ada macam macam pahat jenis bubut potong yang mana fungsinya untuk memotong kerja pada mesin bubut. Kemudian dari proses pemotongan dari jenis bubut potong ini bekerja dengan tambahan senter untuk penahannya. Kemudian dari melakukan proses pemotongan tidak diperbolehkan sampai putus. Sebisa mungkin dari fungsinya harus menghindari beberapa benda kerja yang melompat dari proses pembuatan beberapa perangkat. Bahkan dari patahnya pahat harus bisa dicegah untuk menimbang pahat potong bekerja maksimal.

Pahat Bubut Sisi

jenis pahat bubut
pahat bubut sisi

Setiap mesin memiliki macam macam pahat atau jenis pahat bubut sisi ataupun muka. Bahkan dari penggunaannya bisa digunakan dalam sudut 55 derajat. Ditambah lagi digunakan untuk membubut permukaan ujung benda kerja sampai memiliki tekstur rata. Gerakan dari pahatan bubut sisi ini hanya maju mundur, kemudian dari fungsinya harus tetap optimal untuk memperlancar semua proses produksi dari mesin bubut.

Pahat Bubut Rata

jenis pahat bubut
pahat bubut rata

Proses pembuatan diameter luar benda kerja sampai memiliki tekstur rata dapat diakses dari pahat bubut rata. Karena itulah besar sudut puncak pahat bubut rata ini bisa mencapai 80 derajat. Kemudian dari sudut relatifnya sendiri tidak terlalu banyak berubah. Ditambah lagi ada macam macam pahat terdiri dari 2 macam yakni pahat kiri dan pahat kanan. Setiap jenis pahat kiri ataupun kanan memiliki beberapa fungsi yang bisa memudahkan Anda dalam menghasilkan beberapa perangkat baru.

Pahat Chamfer

pahat bubut chamfer
pahat bubut chamfer

Sesuai dengan fungsinya, bahwa jenis pahat chamfer masih banyak digunakan untuk proses chamfer di setiap ujung permukaan benda kerja. Jenis Pahat Bubut memiliki besaran sudut tertentu. Kemudian dari jenis chamfer ini juga memiliki sudut umum mencapai 0,2 mm x 45 derajat.

Pahat Bentuk

pahat bubut bentuk
pahat bubut bentuk

Terakhir ada macam macam pahat atau jenis pahat bubut bentuk yang sering digunakan untuk membentuk permukaan benda kerja. Menariknya dari bentuk pahat bubut satu ini memiliki banyak bentuk, sehingga dari fungsinya bisa disesuaikan dengan keinginan operator. Karena itu, dari jenis ini memiliki bentuk radius.

Ciri-ciri Pahat Bubut

Dibalik banyaknya jenis pahat yang kita temui di pasaran, kamu juga harus tahu nih ada banyak jenis material yang biasa dipakai untuk membuat pahat bubut. Lalu ciri-ciri material ideal yang seperti apa sih yang bisa membuat sebuah pahat bisa memotong jenis logam lainnya? Penasaran? Pantengin terus ya! Kita ulas sampai ke akar!

  • Pertama, material yang digunakan harus lebih keras dari material benda kerja yang akan dipotong, kira-kira sekitar 30 % sampai 50%.
  • Kedua, harus bisa tahan terhadap kejutan termal.
  • Ketiga, tidak ada reaksi kimia dengan benda kerja dan cairan pendingin.
  • Bisa menahan banyaknya tumbukan (impact).
  • Bisa menahan aus yang tinggi.
  • Dan juga mudah dan murah dalam pembuatannya.

Dan, sayangnya, jarang ada lho material tunggal yang bisa mencakup semua ciri dengan good quality yang bisa membuat alat potong ideal seperti yang sudah disebutkan di atas. Contohnya saja nih, pada alat potong keramik yang memiliki ketahanan panas tinggi, tapi, material berbahan ini tidak bisa menahan besarnya daya kejut dan tumbukan yang tinggi. Berikut akan penulis jelaskan tentang bahan-bahan seperti apa yang umum digunakan pada material pahat bubut dan bagaimana details bahannya.

Material Pahat Bubut

  1. Baja karbon adalah salah satu material yang telah lama dipakai sebagai material pahat bubut dan jenis alat potong lainnya. Perkakas berbahan baja karbon mengandung sekitar 0,8% – 1,3% karbon, 0,1% – 0,4% silicon, dan 1% mangan. Karena kandungan karbonnya yang tinggi, proses pengerasan pada material baja karbon dilakukan dengan heat treatment yang mana kekerasannya bisa mencapai 62 RC dan mulai akan melunak pada 180˚C. Sayangnya, material berbahan baja karbon hanya sanggup memotong dengan kecepatan rendah, yaitu 5 m/menit.
  2. Pahat bubut yang terbuat dari High Speed Steel dikatakan juga sebagai pahat pengganti dari pahat bubut yang terbuat dari baja karbon. Kecepatan potongnya bisa empat kali lipat dari baja karbon yaitu sekitar 10 sampai 60 m per menit.

Berbagai macam macam pahat Bubut dan fungsinya masih memiliki potensi besar dalam menilai bagaimana cara kerja semua komponen dari pemahatan secara tepat. Bahkan tingkat akurasi sistem pahat bubut yang terdiri dari berbagai macam macam pahat dihadirkan untuk menghasilkan banyak konsep terbaik dari satu proses kerja mesin bubut.

Demikian pembahasan tentang jenis pahat bubut atau macam macam pahat yang dapat kami paparkan. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu.

Jasa & Layanan Bengkel Bubut CV. Teknik Jaya Component, Jasa Machining, dan Jasa Bubut

Jasa Machining Terbaik

Leave a Reply