Cara mengembangkan usaha bengkel las bagi anda yang telah memiliki usaha tempat las adalah hal yang perlu dilalui step by step. Ketika anda merasa stuck dan dalam tahap yang stagnan tanpa perkembangan maka anda cocok untuk membaca artikel ini.

cara mengembangkan usaha bengkel las

Tahap serta Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las dan Bengkel Besi

Bagaikan seorang murid yang sedang belajar, kita sebagai manusia setiap harinya perlu belajar dan terus belajar. Kita yang sudah memiliki usaha pastinya ingin mengetahui cara mengembangkan usaha bengkel las kita. Bagi anda yang terjun dalam bidang ini, Simak berikut tips nya.

Evalusi tempat usaha bengkel las anda

Mengevaluasi usaha anda dalam hal ini adalah bagaikan mengaudit semua kegiatan dan segmen yang ada di dalam sistem usaha anda. Dimulai dari melihat sumber daya manusia yang ada di dalamnya, tempat operasi pengelasan, tool dan alat yang digunakan, pengeluran dan pemasukan uang yang ada, hingga pemasaran dan promosi.

Dalam melakukan evaluasi ini tentunya anda tidak bisa sendiri. Cobalah ajak rekanan atau teman yang kira – kira sudah paham betul dalam mengevaluasi usaha. Ketika setelah anda mengevaluasinya segera tuliskan kedalam poin yang anda anggap penting dan simpan baik – baik.

Mencari Penyebab Kemunduran dan Hal Buruk dari Hasil Evaluasi

Setelah ada poin yang dicatat, segera buat chart penyebab hal tersebut terjadi. Poin yang dimaksud yaitu poin – poin yang dapat menyebabkan kemunduran usaha anda bukan kemajuan. Bisa dibuatkan sebuah mind mapping agar dapat mudah dihubungkan satu sama lain. Biasanya penyebab ini bisa dilihat dari dampak, carilah penyebab tersebut sampai ke akarnya. Jangan hanya melihat sesuatu hal dari permukaan saja. Ada cara lain yang bisa anda tempuh yaitu memanggil tenaga ahli dalam audit site, lalu anda tinggal menunggu report saja dari yang bersangkutan.

Baca Juga : jasa bubut online

Mencari Solusi dari Penyebab Kemunduran dan Eksekusi Perbaikan dengan Cepat

Solusi dari penyebab tersebut biasanya sangat mudah dicarinya. Sekarang ini sudah banyak media yang bisa jadi sumber solusi, yaitu internet. Bahasa kerennya yaitu “ Mbah Google aja! “. Atau anda coba sharing dan ceritakan kondisi terkait dan meminta masukan dari rekanan di sosial media seperti grup bengkel las di facebook. Media ini sangat – sangat membantu, dijamin!.

Setelah anda mendapatkan solusi tersebut segera di eksekusi dalam pelaksanaannya tentukan target penyelesaia. Sebagai contoh, misalnya bengkel las anda banyak mengalami kecelakaan kerja, tentu penyebabnya adalah kurang nya pengawasan safety dan kurang nya wawasan dalam hal ini. Atau juga karena SDM yang kurang perhatian dalam hal keselamatan kerja.

Tentunya ada sudah dapat memperkirakan solusi yang pas untuk masalah ini. Misal masalahnya adalah SDM yang menganggap remeh keselamatan kerja padahal semua perangkat keselamatan sudah anda siapkan seperti googles las atau sapu tangan anti panas. Maka solusinya adalah anda memberikan edukasi kepada semua SDM dan memberikan punishment bagi yang melanggar.

Perbanyak Wawasan dan Masukan dari Banyak Sumber Tips Bisnis

Mengikuti perkumpulan bengkel las ataupun yang sejenis tidak ada salahnya. Atau anda mengikuti seminar bisnis pengerjaan logam yang diadakan oleh Lembaga pemerintah pun bisa menjadi jalan. Ketika kita banyak memiliki jejaring sosial yang banyak, maka dari sana pula anda bisa belajar dari orang lain.

Belajar dari kesalahan dan kesuksesan orang lain, mana saja cara yang patut dicoba dan mana saja cara yang harus dihindari. Hal ini bisa jadi pedoman anda sebagai pengusaha yang ingin benar – benar meroketkan bisnis anda.

Baca Juga : bengkel bubut di karawang

Berdoa dan Terus Istiqomah Demi Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

Setelah kita berusaha semaksimalnya maka tahapan yang kemudian harus anda tempuh yaitu berdoa kepada sang pencipta. Ada pepatah yang mengatakan usaha tanpa doa bagaikan hal yang sia – sia. Seberapapun usaha anda maksimal, anda harus ingat bahwa yang memberikan rezeki kepada anda yaitu sang pencipta.

Sekian artikel singkat ini, mudah – mudahan dapat menjadi bahan inspirasi kita semua agar dapat menjadi cara mengembangkan usaha bengkel las dan besi. Simak artikel – artikel lainnya dari kami.
Salam Sukses!