• Post published:September 7, 2021
  • Post author:
  • Reading time:9 mins read
<<< Tolong Beri Rating Artikel ini

Jabatan di perusahaan sangat penting dimiliki sebuah kegiatan operasional perusahaan karena agar roda bisnis dapat berjalan dengan mudah, efisien, dan berdaya guna, hingga tiap SDM yang terdapat di dalam badan perusahaan bertugas menurut posisi serta jabatannya masing- masing. Lebih lengkapnya berikut merupakan susunan jabatan di perusahaan yang biasanya terdapat di dalam perusahaan.

jabatan di perusahaan

Dalam suatu perusahaan kedudukan seorang direktur amatlah berarti. Oleh sebab itu, dewan direksi menduduki posisi sebagai pimpinan perusahaan. Direksi adalah orang yang bertanggung jawab serta mempunyai wewenang dalam manajemen perusahaan.

Seorang direktur wajib bisa menunjang kebutuhan serta tujuan perusahaan. Baik kebutuhan internal maupun eksternal yang sesuai dengan ketentuan anggaran dasar perusahaan. Bagian ini pada umumnya terdiri dari seorang direktur penting, tiga orang wakil dirut ( direktur utama), serta enam direktur.

Peranan seorang direktur secara umum adalah memastikan upaya atau bisnis yang hendak dijalani oleh perusahaan. Direktur juga memastikan kebijakan- kebijakan serta agenda untuk seluruh kegiatan perusahaan. Dengan begitu, bisa pula dibilang kalau seorang direktur mempunyai kontrol penuh terhadap perusahaan serta bertanggung jawab langsung atas perkembangan perusahaan. Sebab seorang direktur mempunyai tanggung jawab yang sangat besar pada perusahaan.

Simak Juga : Tugas Operator Produksi

Jabatan Perusahaan yang Cocok dengan Passion Kamu

Posisi apa saja yang menurutmu cocok dan sesuai dengan passion kamu?

General Manager

Dalam susunan industri pada suatu posisi yang sangat diminati dan disegani karena langsung di bawah direktur utama. Posisi itu merupakan General Manager. General Manager merupakan organisator yang mempunyai tanggung jawab terhadap semua bagian atau fungsional pada suatu perusahaan ataupun lembaga. Salah satu jabatan ini merupakan jabatan idaman seorang Manajer, apalagi buat para calon lulusan perguruan tinggi.

jabatan dalam perusahaan

Tugas dan tanggung jawab jabatan di perusahaan General Manager:

  1. Menjadi jembatan antara pimpinan dan staf dalam mengomunikasikan ide, strategi, dan gagasan.
  2. Secara jelas membimbing dan mendelegasikan beberapa tugas yang dikerjakan oleh bawahan.
  3. Memperbaiki dan menyempurnakan penataan agar tujuan perusahaan dapat segera tercapai seefektif mungkin.
  4. Menentukan dan menetapkan rencana, tujuan, dan kebijakan perusahaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Peran Penting Manajemen Keuangan Jabatan dalam Perusahaan

Secara umum, manajer keuangan berperan penting dalam mengelola finansial sesuatu perusahaan. Terdapat sebagian peran yang wajib dijalani oleh seseorang Manajer Keuangan. Perihal itu tergantung pada ukuran dan kerumitan dari perusahaan itu sendiri. Berbagai macam kewajiban Manajer Keuangan juga harus diterapkan dengan baik.

Sebagai contoh, pada perusahaan besar, bisa saja Manajer Keuangan cuma terfokus pada analisa strategi. Perihal ini bermaksud supaya para manajer yang sudah pendahulu buat bisa membuat suatu keputusan yang baik. Kewajiban yang satu ini melingkupi tentang pemahaman data finansial atau ditaksir berbagai macam tren yang akan muncul di era datang.

Sedangkan pada perusahaan kecil, kedudukan seorang Manajer Keuangan lebih luas lagi, terlebih lagi pula bisa mengatur semua fungsi dari finansial. Sebagian dari Manajer Keuangan juga selalu melaksanakan pengawasan tugas tim silang ataupun yang disebut dengan( cross function) bersama dengan bagian TI dan staf administrasi.

Baca Juga nih : Tugas Leader Produksi

Manajemen Produksi

Manajemen produksi ialah salah satu bagian di bagian manajemen yang memiliki kedudukan dalam mengkoordinasikan kegiatan untuk menggapai tujuan. Untuk mengelola kegiatan ini, perlu dibuat keputusan- keputusan yang berkaitan dengan usaha- usaha untuk menggapai tujuan supaya barang serta jasa yang diperoleh cocok dengan apa yang direncanakan. Dengan begitu, manajemen produksi menyangkut pemungutan keputusan yang berkaitan dengan sistem produksi untuk menggapai tujuan lembaga ataupun perusahaan.

Berdasarkan penafsiran di atas bisa dibilang kalau manajemen produksi mempunyai hubungan erat dengan sistem produksi yang mempunyai tujuan untuk menaikkan nilai guna barang ataupun jasa yang diperoleh. Untuk menciptakan produk yang memiliki mutu yang bagus yang cocok dengan standar yang ditentukan, maka perusahaan dituntut untuk lebih meningkatkan sistem produksinya.

Jobdesk Staff Admin dalam Jabatan di Perusahaan

Administrasi adalah upaya serta aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Dalam dunia bisnis serta perkantoran, seorang karyawan administrasi, yang biasa disebut sebagai admin, mempunyai kewajiban serta tanggungjawab yang penting serta memerlukan keterampilan dan kemampuan khusus tertentu.

jabatan perusahaan

Dalam melaksanakan tugas- tugas administrasi, umumnya seorang menginginkan sebagian keterampilan serta kemampuan yaitu cermat, rajin, mempunyai inisiatif, keahlian berhitung, energi ingat yang bagus, sanggup bertugas dalam regu, dan sanggup memakai aplikasi administratif dengan bagus serta betul.

Tugas dan tanggung jawab admin:

  1. Melayani klien.
  2. Mengelola buku harian
  3. Memesan persediaan kantor
  4. Melakukan perekapan data
  5. Mengelola dokumen perusahaan
  6. Melakukan entry data
  7. Melakukan perekapan data
  8. Mengarsip surat masuk dan keluar
  9. Menerima panggilan telepon
  10. Menyiapkan akomodasi kunjungan/transportasi kerja.

Simak Pula : Operator Forklift Adalah

Office Boy ( OB )

Office Boy atau umum juga disingkat dengan OB yaitu pekerjaan profesi di suatu perusahaan ataupun kantor yang menolong pegawai serta karyawan untuk melaksanakan seluruh pekerjaan di luar pekerjaan seorang pegawai serta karyawan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan pekerjaan.

Meski masih ada yang beranggapan kalau pekerjaan seorang Office Boy atau Girl merupakan pekerjaan yang kecil ataupun pekerjaan dengan kedudukan posisi di bawah, akan namun sesungguhnya peranan seorang Office Boy atau Girl ini sangatlah berfungsi penting sebab seorang Office Boy atau Girl bisa menolong seluruh pegawai di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, pekerjaan Office Boy atau Girl tidak menginginkan tingkatan pembelajaran resmi akademik khusus, yang diperlukan cuma keinginan dan juga kerja keras. Tidak cuma sampai di sana, kesempatan untuk memperoleh pekerjaan sebagai Office Boy juga sangat besar sebab perkembangan ekonomi di negeri Indonesia semakin bertambah yang berbanding lurus dengan semakin banyaknya perusahaan yang membuka kantor- kantor baru yang memerlukan tenaga Office Boy atau Girl.

Tips and Tricks Naik Jabatan Ala Kamu !

Tips ampuh pertama yang bisa kamu lakukan adalah tiba di perusahaan lebih awal. Dengan begitu, kamu jadi bisa menyelesaikan jobdesk yang sebelumnya belum sempat kamu selesaikan. Jadi kamu bisa sedini mungkin menyelesaikan tugas itu sebelum batas waktu deadline yang sudah ditentukan.

Aktif dalam mengeluarkan pendapat dan memberikan solusi untuk kemajuan perusahaan. Hal ini menjadi kesempatan emas terutama bagi para ekstrovert yang doyan banget speak up nih. Rajin-rajinlah memberikan win win solution saat meeting berlangsung atau disaat atasan meminta saran dan solusimu.

Menurut para ahli, kemajuan karir pada diri seseorang bisa dilihat dari kebersihan diri pada kerapian rambut, bagaimana ia menjaga kesehatan fisik, serta dari caranya mengenakan pakaian. Ada baiknya saat pergi kerja kamu berpakaian serapi mungkin ya. Karena pakaian yang kita kenakan mencerminkan kepribadian kita yang bisa menjadi penilaian para atasan.

Selain tiga yang sudah penulis jelaskan di atas, point terakhir adalah menghindari banyak bercengkrama dengan teman sesama pada saat jam kerja. Aturlah sebisa mungkin akan tidak menunda-nunda dan mangkir dari kerjaan. Selesaikan segera. Jadi saat atasan meminta tugas yang pernah diberikan, saat itu kamu sudah selesai dan lanjut akan memberikannya atasan.

Memiliki seluruh kriteria pegawai teladan, tapi buat apa kalau tidak ada kejujuran di dalam dirinya? Hal yang sudah jarang dimiliki oleh etika setiap individu ini adalah suatu hal dimana pegawainya sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan. Atasan tidak mungkin memberikan posisi tertentu kalau dari awal saja kamu tidak bisa mengamalkan kejujuran. Utamakanlah hal ini dan hindari bersaing dengan tidak sehat.

Author