• Post published:August 20, 2021
  • Post author:
  • Reading time:7 mins read
<<< Tolong Beri Rating Artikel ini

Tugas Leader sebuah perusahaan di dalam menjalankan kegiatan produksi pasti memiliki banyak orang-orang  yang saling berinteraksi satu sama lain. Nah, disinilah mereka membutuhkan seorang pemimpin produksi yang bisa dan minimal ia selalu menonjol dalam segala hal seperti pengambilan dan penentuan keputusan, pengelolaan sumber daya dan lain-lain.

tugas leader

Konsepnya tentu saja berdasarkan pada interaksi setiap individu, dimana setiap dari mereka harus ikut andil di dalam setiap pengambilan keputusan. Dan disinilah, seorang leader produksi dibutuhkan agar bisa mengelola dan menghandle kemampuan bekerja mereka.

Baca Juga! Operator Produksi Adalah Tugas dan Jobdesk Penting

Dimana setiap ide mereka bisa sebagai tolak ukur perusahaan untuk mengambil keputusan, begitu pula sang leader harus bisa menjadi seorang visioner yang tentunya tugas ini tidak semudah itu bisa dilakukan oleh banyak orang. Yap! Perusahaan harus lebih selektif saat memilih leader produksi supaya komunikasi antar pegawai dan perusahaan bisa dijembatani dengan baik.

Tugas Leader Produksi

Dengan adanya suatu tingkatan pangkat yang dimiliki sebuah perusahaan industri, maka kamu bisa lebih mudah untuk berkoordinasi dan menjalankan komunikasi antar bagian untuk membongkar seluruh permasalahan yang dialami oleh industri tersebut. Solid dan kokohnya kerjasama di dalam bentuk kepemimpinan di suatu industri akan mempengaruhi kinerja para pegawainya dan juga kemajuan pabrik industri tersebut dari segi quality, safety, productivity, cost, delivery dan lain- lainnya.

tugas leader produksi

Disini sengaja penulis uraikan beberapa poin-poin yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab leader produksi dalam sebuah perusahaan yang diantaranya adalah:

  • Menata job kegiatan di lapangan.
  • Mengkoordinir operator di dalam melakukan job profesi.
  • Bisa mem-back up pekerjaan operator di lapangan.
  • Membuat rekap laporan setiap hari maupun daily berpegang dari hasil kegiatan.
  • Mengadakan stock opname material yang di hasilkan atau mencatat list dari hasil produk yang di hasilkan di tiap hari.

Gaperlu Bingung! Ini Dia Perbedaan Premium Pertalite dan Pertamax

  • Menuntaskan permasalahan ataupun trouble shooting yang ada di lapangan.
  • Memastikan tidak terdapat kelalaian sistem ataupun trouble shooting yang parah di lapangan.
  • Merekap balik informasi dari anak buah ataupun operator untuk di follow up dan di tindak lanjuti.
  • Menjadi penengah atas permasalahan yang ada di lapangan lalu menyampaikannya ke Mengasah skill kerja operator biar bisa lebih handal saat bertugas di lapangan.

Cara Kerja Leader Produksi

Peran penting dari suksesnya seorang team leader yaitu keinginannya untuk terus belajar dan bergerak maju dalam memajukan perusahaan, saling berkomunikasi jujur dan terbuka, dan betul-betul mempersiapkan diri saat akan mengambil suatu tindakan agar tepat sasaran. Nah, berikut ini ada beberapa tips buat kamu yang ingin memiliki leader-goals agar bisa berhubungan baik dengan anggota lain. Yuk simak sampai akhir ya!

Jalin Komunikasi

Yang pertama adalah, cobalah sebisa mungkin untuk menjalin komunikasi yang cukup intens dengan setiap anggota team. Karena, saat kamu ditempatkan dalam sebuah team, pastilah anggota lain ada saja yang merasa gugup saat dihadapkan dengan pemimpinnya. Nah, disini, kamu jangan ragu untuk bersikap terbuka dan mengungkapkan apa yang sedang kamu pikirkan untuk rencana-rencana yang akan datang. Disamping itu, kamu juga bisa mengevaluasi dan mempelajari setiap perkembangan team tersebut. Kalau kamu semakin terbuka dengan team, maka, mereka pun akan semakin nyaman dan gak ragu lagi untuk berbagi dan mendiskusikan banyak hal dengan kamu.

tugas leader

Jangan Sungkan Untuk Bertanya

Yap! Di setiap akhir diskusi sering-sering deh kamu ajukan pertanyaan pada para anggotamu. Barangkali diantara mereka ada yang ingin belum paham dan ingin mengajukan pertanyaan terkait dengan apa yang telah kamu bahas sebelumnya. Karena gak semua anggota team bisa sepenuhnya mencerna dan mengetahui maksud dari pembahasanmu, menurut penulis, disini kamu perlu mengadakan sesi tanya jawab di setiap akhir diskusi. Pssstt, hal ini juga menjadi poin penting supaya kamu bisa lebih mudah ‘didekati’ lho. Setidaknya kamu berusaha untuk belajar dan memahami situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Cobalah untuk berusaha memahami apa yang diinginkan oleh setiap anggota. Coba tanyakan pada anggotamu, hal apa saja yang membuatnya berantusias yang bisa membuatnya menikmati pekerjaannya. Dan tanyakan juga adakah yang ingin mereka capai dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan? Nah, kalau kamu bisa memanfaatkan dan menyalurkan bakat dari setiap setiap anggota, hal tersebut bisa menjadi perubahan yang cukup signifikan bagi setiap individu.

Menjadi seseorang yang baru saat menjadi leader produksi adalah hal gak mudah. Pastinya kita harus terus keep in touch dan mengenal lebih jauh dan sedekat mungkin dengan para anggota. Kenapa harus gitu? Karena, kalau kamu sudah mengenal antar anggota, pengaruh kamu disini akan cukup berpeluang besar supaya mereka mulai mengikuti dan mau menerima kamu sebagai seorang pemimpin.

Apa Yang Dimaksud Dengan Leader

Seperti yang sudah disebutkan. Memang gak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalau leadernya termasuk yang introvert ya. Slowly but sure. Pasti akan terbiasa dengan lingkungan juga kok. Nah, kalau sudah saling kenal gini, kamu akan semakin memahami situasi tentang hal-hal seperti apa yang akan terjadi ke depannya.

Jadi seorang pemimpin itu gak mudah! Seperti yang sudah yang penulis jelaskan, seorang leader haruslah seseorang yang memiliki kombinasi skill, personality, dan ambisi. Seseorang yang memiliki aura pemimpin dimana saat ia berbicara dan berpendapat, semua orang mendengarkan. Terlepas dari rasa ambisius yang ada, ia juga harus bisa bersikap humble ya. Gimana karyawan mau terbuka dan bisa mengekspresikan pendapatnya kalau seorang leader sekalipun tidak berhubungan baik dengan team atau karyawan lain.

Perlahan tapi pasti! Cobalah persiapkan diri kamu agar bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dan solid dengan team ya! Good luck, pals!

Author