Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya tentang apa itu perusahaan manufaktur. Masih ingat atau sudah lupa? Okeee, diperjelas lagi ya, perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak di sektor industri yang menjual beragam macam bahan baku dan bahan setengah jadi dalam skala besar.

perusahaan manufaktur
sektor industri manufaktur

Tujuannya sendiri ya untuk memenuhi seluruh permintaan pasar, baik yang cakupannya lokal maupun interlokal. Dan, di industri 4.0 ini, perusahaan manufaktur sendiri lagi ‘naik daun’ banget lho. Bukan banyak lagi deh, bahkan di era teknologi yang semakin canggih ini perusahaan manufaktur menjadi salah satu perusahaan industri yang perannya sangat mendominasi lho.

Baca Juga: LENGKAP!!! Kupas Tuntas Mesin Turet

Wah wah wah, makanya, di abad ini, kita yang enggak terlalu paham teknologi cenderung akan semakin tertinggal saja. Dan, perlu kamu tahu juga, biasanya perusahaan manufaktur yang trusted dan legal itu adalah perusahaan yang sudah terdaftar di BEI lho. Tapi, bukan berarti yang belum terdaftar itu ilegal.

Apa itu BEI?

Bagi yang belum tahu, pasti banyak banget deh yang bertanya-tanya BEI ini apa sih? Kok kayaknya sering dengar. Tapi masih belum paham juga. Sederhananya, BEI adalah Bursa Efek Indonesia yang bertugas sebagai tempat penjualan surat-surat berharga (efek) dari perusahaan yang sudah tercatat. Pada dasarnya, hampir setiap negara mempunyai bursa efek masing-masing.

perusahaan manufaktur

Lalu, apa hubungannya dengan perusahaan manufaktur. Jelas, karena ada banyak juga perusahaan manufaktur yang sudah terdaftar di BEI. Fungsinya sendiri banyak. Pertama, supaya kita bisa tahu dengan lebih mudah, perusahaan mana yang akan kita jadikan media partner, atau yang akan kita tawarkan banyak produk yang kita buat.

Baca Juga: Ulasan Paling Lengkap Mesin Bending

Selain itu, dengan terdaftarnya perusahaan itu di BEI, memudahkan para pelajar dan pebisnis dalam membuat penelitian, survey, dan manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Jadi, informasinya cukup jelas karena si perusahaan sudah terdaftar secara legal.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Yuk kenalan dengan beberapa contoh sektor perusahaan manufaktur di Indonesia:

  • ASII atau ASTRA International Tbk
  • IKBI atau Sumi Indo Kabel Tbk
  • FPNI atau Titan Kimia Nusantara
  • Ades atau Akasha Wira International Tbk
  • MAIN atau PT Malindo Feedmill Tbk

Manfaat Perusahaan Go Public

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Perusahaan yang tidak terdaftar di BEI bukan berarti mnejadi perusahaan yang illegal. Hanya saja, yang sudah terdaftar itu manfaatnya jauh lebih besar. Istilah lainnya adalah Go Public. Pasti belum banyak yang tahu juga kan?

Go Public adalah salah satu sistem perusahaan yang memperjualbelikan sahamnya pada masyarakat secara terbuka. Jadi, nilai saham setiap perusahaan yang statusnya Go Public ini bisa dibeli oleh masyarakat umum yang mulai ingin berinvestasi. Tapi ternyata nggak semudah itu juga loh suatu perusahaan yang bisa terdaftar di BEI.

Karena seperti biasa, mereka harus memenuhi persyaratan-persayaratan yang diajukan oleh BEI. Tapi, kalau perusahaan sudah bersedia, siap-siap saja buat dapat banyak manfaat lainnya. Seperti apa?

Pertama, pendanaan baru yang didapatkan perusahaan menjadi tidak terbatas. Kok bisa??? Tentu, kan dana itu sendiri asalnya dari penjualan saham yang bisa dijadikan sebagai tambahan modal supaya perusahaan akan semakin berkembang.

Kedua, ekspansi perusahaan jadi semakin mudah dan berkembang. Yang ketiga, bertambahnya mitra bisnis perusahaan. Kalau yang ini kayaknya hal yang cenderung nggak bisa kita pungkiri lagi ya. Karena kalau perusahaan semakin dikenal public, semakin banyak pula perusahaan lain yang ingin bermitra dengannya.

Leave a Reply