Dewasa ini, yang namanya bahan bakar sudah menjadi sumber tenaga inti dari setiap mesin. Tapi, tahu nggak sih? Perbedaan premium, pertalite, dan pertamax nggak cuma sebatas namanya saja lho. Fungsi dan penerapannya pun berbeda tergantung jenis mesin. Nah, tentunya ketiga jenis bahan bakar ini nantinya akan melalui berbagai proses pembakaran yang akan memberikan tenaga pada mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine).

perbedaan premium pertalite dan pertamax

Kamu juga harus tahu nih, terkadang, tidak sedikit juga tangan-tangan nakal pengoplos bahan bakar yang nantinya dijual lagi. Masalahnya sih bukan tentang harga ya, kadang tindakan pengoplosan seperti ini justru menyebabkan bahan bakar menjadi berkualitas rendah. Ya iya dong, kan tadinya murni dari perusahaan yang sudah melewati uji klinis dan sebagainya nih, terus dioplos oleh sembarang orang dengan takaran yang tidak jelas, pastilah kualitas si bahan bakar juga bakal ikut merosot.

@jasabubutcnc

Jangan Keliru! Simak Perbedaan Solar dan Bensin Berikut!

Dengan terjadinya keberkurangan kualitas bahan bakar, maka, bahan bakar yang berkualitas rendah inilah yang nantinya (sesekali) akan menimbulkan suara ledakan akibat dari proses pembakaran yang tidak terbakar dengan baik. Sudah jelas bukan? Yang kayak gini ini yang perlahan bakal merusak ketahanan mesin.

Perbedaan premium pertalite dan pertamax secara spesifiknya bisa kamu lihat pada tingkat oktan (Research Octane Number/RON) setiap jenis bahan bakar tersebut. Semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin tinggi pula perbandingan kompresi pada setiap mesin. Jadi, sebelum mengisi bahan bakar, ada baiknya kamu harus tahu dulu nih info oktan yang biasanya ada pada buku manual.

Beda Pertamax dan Pertalite

Research Octane Number atau RON adalah angka oktan yang paling sering dipakai dan penetapannya dengan membakar bahan bakar yang ada di dalam mesin uji dengan kondisi dan kompresi variabel yang terkendali. Lalu, hasilnya dibandingkan dengan campuran heptane dan iso-oktan. Di sini, kita akan berfokus pada bahasan tentang perbedaan premium pertalite dan pertamax dari mulai definisi, angka oktan, dan perbedaan-perbedaan lainnya yang sangat informatif. Yuk simak terus!

Baca Juga! Sistem Pembakaran Motor Diesel

Premium adalah yang biasa kita kenal sebagai bensin (BBM) yaitu sejenis distilat yang jernih dan berwarna kekuningan. Memiliki angka oktan sebesar 88 (RON) dan merupakan BBM dengan kadar paling rendah di antara BBM kendaraan bermotor lainnya. Pertamax adalah BBM yang terbuat dengan campuran zat aditif.

perbedaan premium pertalite dan pertamax

Sebagai pengganti premix 98 dengan kandungan unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan, maka diluncurkanlah Pertamax di tahun 1999 pada pertama kalinya yang menggunakan teknologi pengubah katalitik (catalytic converters) dan Electronic Fuel Injection (EFI). Sedangkan Pertalite adalah BBM jenis baru yang diluncurkan pada akhir Juli 2015 berwarna jernih dan kekuningan.

Dari Segi Teknologi

Premium memiliki kandungan RON sebesar 88 dimana penggunaan premium dalam mesin berkompresi tinggi akan menyebabkan knocking, yaitu premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak karena tidak sesuai dengan gerakan piston. Hal ini menyebabkan tenaga mesin akan cepat berkurang yang akhirnya akan terjadi pemborosan (inefisiensi).

Berbeda dengan pertamax, dengan kadar RON 92 membuatnya bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi. Sehingga pada gerakan piston ia akan bekerja seoptimal mungkin.

Dengan kandungan RON 90, Pertalite memiliki pembakaran lebih baik dibandingkan dengan premium.

Dari Segi Ekonomi

Knocking berkepanjangan yang terjadi pada proses pembakaran premium akan berdampak pada kerusakan piston. Jadi, bagian komponen itu akan lebih cepat diganti. Karena mendapat subsidi dari pemerintah, harga premium jadi dibanderol dengan kisaran harga paling murah .

Sedangkan pada BBM jenis Pertamax tidak mendapat subsidi dari pemerintah yang menjadikan harganya pun mengikuti harga Internasional.

Nah, kalau si pertalite ini berada di tengah-tengah nih. Lebih murah dari Pertamax dan lebih mahal dari premium, tapi, dibandingkan dengan premium, kualitasnya justru lebih bagus Pertalite kalau mau digunakan pada mesin. Ya, walaupun berbeda dengan pertamax, tapi BBM jenis ini juga tidak mendapat subsidi dari pemerintah, jadi ikut harga Internasional juga.

Perbedaan Bensin Pertalite dan Pertamax

Dari segi polusi yang dihasilkan, ditemui fakta bahwa Premium menghasilkan jumlah NOx dan COx dalam jumlah besar dibanding dengan Pertalite yang hanya menghasilkan sedikit NOx dan Cox, sedangkan pada Pertamax unsur NOx dan COx nya sangat sedikit daripada keduanya (Premium dan Pertalite). Pasti banyak dari kalian yang masih awam tentang unsur kandungan ini, lalu, apa sih NOx dan COx itu sendiri?

perbedaan premium pertalite dan pertamax

Jadi NOx dan Cox adalah gas yang dihasilkan dari reaksi pembakaran pada mesin yang nantinya akan dilepaskan ke udara, dan inilah yang kita sebut sebagai polusi udara. Maka dari itu, kenapa para manusia di bumi dituntut untuk memperbanyak melakukan reboisasi disaat inginĀ  menciptakan banyak teknologi dan penemuan baru. Karena, pasti selalu akan berdampak pada lingkungan. Kalau sudah rusak, toh kita sebagai manusia juga yang akan menerima kerusakan itu.

Dari Segi Pembuatan

Dari segi pembuatannya bisa kita lihat bahwa Premium memproduksi lebih banyak komponen lokal yang memakai tambahan pewarna (dye) dengan kandungan sulfur maksimal 0,15 % m/m yang setara dengan 1500 ppm. Sedangkan Pertamax memiliki kandungan Ethanol untuk meningkatkan angka oktannya (RON). Di samping itu, selain Premium, ada juga Pertalite yang mengandung Sulfur pada angka maksimal 0,05% m/m yang setara dengan 500 ppm.

Dari Segi Warna

Perbedaan premium, pertalite dan pertamax juga bisa kamu lihat dari warna yang dihasilkan. Pada premium ia akan berwarna kuning bening, pertamax memiliki warna biru kehijauan, sedangkan pertalite berwarna hijau terang.

Demikian pembahasan tentang perbedaan premium, pertalite dan pertamax yang sedikit demi sedikit bisa kamu pahami. Semoga informatif dan kamu pun jadi nggak susah buat membedakannya lagi ya.

Leave a Reply