Fungsi kikir adalah salah satu perkakas utama dalam suatu pekerjaan. Terbuat dari bahan dasar Baja berkarbon tinggi menjadikan kikir mempunyai gigi-gigi pemarut yang memudahkan proses perataan dan penghalusan benda kerja.

fungsi kikir

Sebelum kita masuk ke pembahasan secara terperinci tentang fungsi kikir berikut dengan jenis-jenisnya, mari kita bahas  dulu definisinya tentang kikir itu apa sih? Dan bagaimana manfaatnya di dalam kehidupan sehari-hari. Nah, buat kalian yang berkutat di dunia perteknikan  pasti udah gak asing lagi dong dengan fungsi kikir dan jenis-jenisnya. Gak cuma satu atau dua, banyaknya jenis jenis kikir adalah ini mungkin ada juga yang gak banyak orang tahu.

Simak Juga : Macam Macam Mesin Gerinda

Fungsi Kikir Adalah Meratakan dan Menyiku Dua Bidang

Dilihat dari penampang yang dibuat, kikir memiliki berbagai macam bentuk penampang, ada yang berbentuk segitiga, bulat, persegi, pipih, tembereng, dan segi empat panjang. keuntungannya adalah kamu bisa mengikir celah ataupun lubang berbentuk bujur sangkar dan lain sebagainya.

Buat kamu yang baru terjun di dunia pemesinan teknik bubut, berikut penulis uraikan beberapa fungsi utama kikir yang harus kamu kenali:

  • Tujuan diciptakannya kikir adalah untuk menyayat dan menghaluskan bidang benda kerja.
  • Untuk meratakan dan menyiku antara dua bidang.
  • Meratakan dan membuat sejajar permukaan benda kerja.
  • Membuat bidang memiliki bentuk dan lain lain.

Jenis Jenis Kikir Adalah

Perkakas utama dalam kegiatan mengikir adalah kikir. Terbuat dari baja tempa yang mengandung karbon tinggi meliputi seluruh bagian panjang pemotong bentuk dan gigi pemotong dan merupakan alat perkakas tangan yang berguna untuk pengikisan benda kerja.

Selain itu, bentuk kikir yang dibuat bermacam-macam tidak lain untuk disesuaikan antara fungsi dan kebutuhannya. Berikut ini beberapa fungsi kikir yang dilihat dari bentuknya, diantaranya adalah:

  • Berbentuk kotak dan pipih, kikir gepeng ( kikir plat ) biasanya digunakan untuk meratakan permukaan bidang kerja supaya datar dan sejajar tegak lurus.
  • Berbentuk segi empat kikir persegi empat ( files square ) berfungsi menciptakan rata dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lainnya, hal ini agar permukaan benda kerja bisa dibentuk berbentuk siku.
  • Kikir segi tiga ( files triangle ) sama seperti namanya, files triangle memiliki bentuk segi tiga dengan ujungnya yang berbentuk segitiga kecil. Berfungsi untuk meratakan dan menghaluskan permukaan dimana sudutnya berbentuk 60˚ atau lebih besar.
  • Kikir pisau ( files knife ) adalah jenis kikir yang sekilas mirip dengan pisau. Salah satu sisi kikir pisau memiliki ketebalan yang pipih, sedangkan pada sisi lainnya lebih sedikit tebal. Kikir ini berfungsi untuk menghaluskan sebuah sudut 60˚ atau yang lebih kecil dibawahnya.

Baca Pula : Bengkel Bubut Terpercaya

Bagian Bagian Utama Fungsi Kikir

Kalau ditinjau dari bentuk permukaan bidangnya, kikir terdiri tiga jenis yaitu kikir kasar, kikir sedang, dan kikir halus.

  • Kikir halus adalah kikir dengan permukaan yang halus dan berfungsi sebagai pengikir benda kerja yang sebelumnya sudah dihaluskan lebih dulu dengan menggunakan kikir sedang dan kikir kasar.
  • Kikir sedang adalah kikir yang permukaan bidangnya tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar. Jenis kikir satu ini berguna untuk mengikir permukaan benda kerja yang sudah lebih dulu dikikir dengan kikir kasar.
  • Memiliki peran untuk mengikir permukaan benda kerja yang masih kasar dan sama sekali belum pernah dikikir, itulah tugas dari adanya kikir kasar.

Supaya hasil pengikiran maksimal, perhatikan tabel dibawah ini sebagai acuan karena kamu harus memilih kikir sesuai dengan yang diinginkan.

Arah Pengikiran

Kamu bisa melakukan pengikiran dari berbagai arah, seperti pengikiran menyilang, melintang dan memanjang. Pada pengikiran menyilang kamu bisa mencobanya dari  dua arah pengikiran, dari arah awal kamu bisa mengambil posisi kikir sebesar 45˚ terhadap benda kerja dan di arah kedua posisi kikir yaitu sebesar 90˚ terhadap arah kikir yang awal. Pengikiran pada arah memanjang dilakukan kalau arah pengikiran sejajar dengan panjangnya benda kerja. Sedangkan pada pengikiran melintang, posisi pengikiran melintang terhadap panjang benda kerja.

Artikel Lainnya : Chamfer Adalah

Pengecekan Kerataan, Kesikuan, dan Kesejajaran

Kamu bisa menggunakan mistar baja atau mal kerataan ( straight gauge ) saat mengecek kerataan permukaan benda kerja yaitu dengan cara merapatkan bagian mistar atau mal pada permukaan benda kerja dari berbagai macam arah ( melintang, membujur ataupun diagonal ). Salah satu penanda sudah adanya kerataan adalah bila diantara mistar atau mal dan permukaan benda kerja tidak terdapat celah cahaya yang terlihat.

Kamu bisa memakai siku-siku dengan teknik merapatkan siku-siku pada dua sisi bidang yang diperiksa kalau kamu mau mengecek kesikuan di antara dua sisi permukaan bidang yang saling berpotongan 90˚. Kamu bisa melihat penunjuk kesikuan kalau sepanjang siku-siku rapat pada permukaan benda kerja dan tanpa adanya celah cahaya.

Mengecek kesejajaran antara 2 permukaan sisi benda kerja yang saling berlawanan bisa memakai jangka sorong atau jangka bengkok, yaitu dengan metode merapatkan kedua rahang jangka sorong pada permukaan yang diperiksa. Sebaliknya, pada penanda kesejajaran indikator bisa ditemukan bila kedua rahang jangka sorong rapat pada permukaan benda kerja tanpa celah cahaya.

Pemeliharaan Fungsi Kikir Agar Tetap Awet

Jangan cuma sering digunakan, supaya kikir awet dalam jangka waktu lama, dan tidak mudah tumpul, cobalah tahapan pemeliharaan kikir berikut. Pertama, sikatlah beram yang ada pada kikir. Hal ini sebagai antisipasi agar benda kerja yang akan dikikir tidak mengalami kecacatan maupun kerusakan pada saat proses pengikiran berlangsung. Usahakan untuk menyikat dan membersihkannya dengan sikat baja.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan dan membersihkan beram-beram masih melekat pada sela-sela kikir. Kedua, simpan kikir pada tempat yang aman supaya tidak bersinggungan satu sama lain. Maka dari itu, sebelum dan setelah pemakaian kikir harus ditempatkan menggantung atau disejajarkan dan diberi jarak secukupnya.