Komponen Kopling itu apa sih? Pada mobil, adanya gear box sangat diperlukan untuk mengubah kecepatan dan torsi kendaraan sesuai dengan kebutuhan mengemudi. Kalau kita mau mengganti gigi ( gear ), ketika mesin terlibat dengan gear box atau ketika roda gigi berada dalam posisi berjalan maka hal ini bisa mengakibatkan keausan pada gigi.
Agar masalah ini bisa teratasi dengan baik, maka, komponen lain seperti gear box dan engine yang biasa dikenal dengan sebutan clutch atau komponen kopling adalah komponen utama dari power train. Fungsi utama dari komponen kopling ada melibatkan dan melepaskan mesin agar bisa bertransmisi dengan baik ketika seorang pengemudi ( driver ) membutuhkan atau selama pergeseran pada gigi ( gear ).
Fungsi Kopling
Bagian utama kopling: Perlu kalian ketahui, ada beberapa bagian utama pada komponen kopling. Ketiga bagian itu diperlukan agar bisa memenuhi fungsinya. Lalu, apa saja bagian utama dari komponen kopling?
- Driving member: adalah bagian komponen yang terhubung langsung ke crankshaft. Driving member terdiri dari penutup ( cover ) yang membawa piringan pelat (cakram mengemudi), tekanan pegas dan tuas yang melepaskan. Seluruh perakitan ini dibaut pada flywheel dan berotasi dengan mesin sepanjang waktu. Flywheel dan piringan pelat akan mencengkeram komponen yang didorong di antara mereka di bawah tekanan pegas yang bergerak.
- Driven member terdiri dari piringan memanjang pada spline poros kopling yang mendorong poros melalui spline tersebut. Piringan ini dikenal sebagai friction plate. Housing kopling juga termasuk dalam driven member.
- Operating member menghubungkan pengemudi ke seluruh perakitan ini. komponen kopling ini terdiri dari pedal kaki, linkage, tuas, dan pegas yang dibutuhkan untuk memastikan pengoperasian kopling berjalan dengan baik.
Artikel Lainnya : Manifold Absolute Pressure Adalah
Prinsip Kerja Kopling
Friction atau gesekan adalah sebuah proses awal dimana komponen kopling mulai bekerja. Ketika dua permukaan gesekan saling berputar ia akan dibawa ke dalam kontak dan ditekan, maka mereka bersatu dan mulai berputar pada kecepatan yang sama karena gaya gesekan di antara mereka. Ini adalah prinsip dasar kopling. Gesekan antara kedua permukaan ini tergantung pada luas permukaan, tekanan yang diterapkan pada setiap komponen dan bahan gesekan di antara mereka.
Anggota penggerak kopling merupakan flywheel yang dipasang pada crankshaft dan driven member yang digerakkan adalah pelat tekanan yang dipasang pada poros transmisi. Beberapa pelat gesekan, kadang juga dikenal sebagai pelat kopling yang disimpan di antara kedua komponen ini. Seluruh perakitan ini dikenal sebagai kopling.
Komponen Kopling Paling Utama Pada Kendaraan
Proses kopling ini gaterlalu rumit kok. yang pertama harus kamu lakukan adalah menyalakan mesin, libatkan kopling dengan melepaskan pedal dan transfer torsi dari crankshaft ke transmisi. Melepaskannya cukup dengan menginjak pedal dan mesin akan terus bergerak tanpa mentransfer torsi ke gearbox. Betul sekali; Kesalahan pertamamu adalah menyimpulkan bahwa kopling terlibat pada saat kamu menginjak pedal. Ternyata, justru yang sebaliknya lah yang benar.
- Semuanya diawali dengan flywheel yang merupakan komponen penting. Sebuah baja besar, kromoly atau aluminium disk, flywheel disini bukan Cuma sebuah perantara diantara perakitan kopling dan crankshaft, yang memungkinkan keduanya untuk antarmuka satu sama lain, juga membantu dengan keseimbangan rotasi, meredam getaran dan terlibat dengan starter untuk awalan fire-up. Tanpa adanya salah satu dari segala macam hal yang berarti tidak akan terjadi.
Baca Juga : Komponen Karburator
- Perakitan kopling terdiri dari dua komponen utama: cakram ( disc ) dan pelat tekanan. Disk ini cukup sederhana. Di sini, bahan yang berbasis friction mengelilingi cakram baja lain di kedua sisi, yang terjepit di antara flywheel dan pelat tekanan.
- Pelat tekanan ( pressure plate ), yang menekan cakram di antara dirinya sendiri dengan flywheel, benar-benar hanya penjepit yang berotasi dan bermuatan pegas. Dengan pedal kopling pada rest, pelat tekanan mendorong disk terhadap flywheel, memungkinkan perakitan berotasi/bergerak sebagai sebuah unit komponen kopling, sehingga mentransmisikan torsi dari poros engkol ke poros input transmisi.
Simakk Juga : Cara Kerja Rem Hidrolik
Pada jantung utama perakitan komponen kopling adalah sesuatu yang biasanya jarang sekali diacuhkan: hanya bantalan buangan katanya. Tapi, walaupun begitu, kamu harus paham betul lho, karena tanpa memahaminya dengan benar, kamu jadi tidak rentan mengalami kendala di jalan.