• Post published:December 11, 2021
  • Post author:
  • Reading time:7 mins read
<<< Tolong Beri Rating Artikel ini

Manifold Absolute Pressure Adalah MAP sensor dimana sensor tekanan yang biasanya terdapat pada mesin pembakaran. Sensor ini akan memperoleh sinyal yang setara dengan jumlah daerah hampa udara ( vakum ) di pipa masukan ( intake manifold ). Hasil dari pembacaan sensor ini nantinya akan digunakan untuk memperkaya bahan bakar dan juga sebagai pengatur waktu pengapian.

manifold absolute pressure adalah

Semakin besar daya yang dijalankan mesin, maka, tekanan pada vakum akan semakin menurun ( drop ) dan katup penyumbat ( throttle ) cenderung semakin terbuka lebar. Mesin akan menerima lebih banyak udara yang menyebabkan dibutuhkannya lebih banyak bahan bakar  untuk menjaga perbandingan ( rasio ) udara dan bahan bakar tetap seimbang.

Ketika komputer memperoleh sinyal tinggi dari sensor MAP, biasanya, hal ini akan membuat lebih banyak campuran bahan bakar. Alhasil, mesin pun akan mendapatkan tenaga lebih. Di saat bersamaan, komputer akan menghambat ( mundur ) waktu pengapian agar tidak terjadi percikan api yang bisa membahayakan kondisi mesin.

Artikel Lainnya : Fungsi Komponen Karburator

Prinsip Kerja Manifold Absolute Pressure Adalah

Sensor MAP mengetahui tekanan absolut dari intake manifold di balik throttle. Setelah itu ia akan mengetahui transformasi tekanan absolut dalam manifold yang disetarakan dengan kecepatan dan beban mesin, dan setelah itu menyembunyikannya jadi tegangan sinyal dan mengirimkannya ke bagian pemantauan mesin( ECU). ECU mengendalikan daya tampung injeksi bahan bakar dasar sesuai dengan tegangan sinyal.

Terdapat banyak tipe sensor MAP, termasuk tipe varistor serta jenis kapasitif. Karena tipe varistor mempunyai kelebihan durasi respons cepat, akurasi deteksi tinggi, dimensi kecil, serta instalasi fleksibel, membuatnya lebih banyak dipakai dalam sistem injeksi tipe- D.

Pada saat meluncur atau melambatnya kendaraan yang membawa beban lebih ringan, mesin tidak akan memerlukan lebih besar daya dan hanya akan membuat throttle sedikit terbuka, atau bahkan tertutup yang menyebabkan asupan vakum meningkat. Pada saat seperti ini, MAP akan segera mendeteksi komputer dengan mengeluarkan campuran bahan bakar supaya konsumsi bahan bakar sedikit berkurang dan kemudian akan mempercepat waktu pengapian supaya bisa lebih menghemat bahan bakar.

Simak Juga : Bagaimana Cara Kerja Rem Hidrolik

Jenis-Jenis Sensor pada Manifold Absolute Pressure Adalah

Sensor Manifold Absolute Pressure Adalah mengubah tekanan pipa intake mesin menjadi sinyal listrik yang sesuai. Pengontrol elektronik mesin akan menghitung waktu injeksi bahan bakar dasar dan menentukan sudut awal pengapian dasar berdasarkan sinyal ini. Sensor tekanan datang dalam berbagai bentuk. Menurut prinsip generasi sinyal, dapat dibagi menjadi piezoelektrik, varistor semikonduktor, kapasitif, transformator diferensial, dan jenis gelombang elastis permukaan.

Fungsi Map Absolute Sensor Adalah

Manifold Absolut Pressure adalah sensor ataupun pengawasan titik berat manifold yang digunakan pada mesin EFI jenis D berperan untuk mengetahui titik berat ( tekanan ) pada intake manifold. MAP sensor merupakan pengawasan yang sangat berguna pada mesin EFI jenis D. Lewat IC yang terdapat di dalam sensor ini, sensor titik berat manifold akan mengetahui titik berat sebagai tanda PIM. Setelah itu ECU akan memastikan lamanya penginjeksian ataupun lamanya penyemprotan serta ujung pengajuan pengapian dasar berdasarkan pada sinyal PIM ini. desain dari MAP sensor bisa kalian perhatikan pada ilustrasi berikut ini:

manifold absolute pressure adalah

Sensor pada Manifold Absolute Pressure Adalah bisa memunculkan permasalahan pada keterampilan mengemudi( driveability) sebab sensor MAP sangat penting dalam penggunaan bahan bakar serta pengapian. Oleh sebab, dibutuhkan pemeriksaan terlebih dulu pada sensor, koneksi, serta ruang vakumnya.

Ruang vakum( vacuum chamber) harus benar benar terhubung ke port sensor serta tidak terjadi penyumbatan atau kebocoran di dalamnya. Sensor MAP mesti tersambung pada tekanan 5 volt, serta ground harus benar benar tidak mempunyai resistansi. Kalibrasi dan performansi sensor dicoba dengan titik berat yang berbeda beda, setelah itu dibanding dengan perincian penurunan tekanan. Penyusutan tekanan didapat dari:

Baca Juga ni : Macam Macam Poros

Ciri Ciri MAP Sensor yang Buruk!

Sensor MAP yang gagal mempunyai keterkaitan serius pada pengendalian bahan bakar, emisi knalpot kendaraan serta ekonomi bahan bakar. tanda- tanda sensor MAP yang kurang baik ataupun gagal mencakup:

  • Konsumsi bahan bakar berlebih

Sensor MAP yang mengukur titik berat manifold intake tinggi memperlihatkan beban mesin yang besar ke PCM. Hal ini menyebabkan kenaikan bahan bakar yang disuntikkan ke dalam mesin. Pada akhirnya perihal permasalahan semacam ini akan mengurangi ekonomi bahan bakar Kamu secara totalitas dan juga menambah jumlah emisi hidrokarbon serta karbon monoksida dari alat transportasi Kamu ke udara sekelilingnya. Hidrokarbon serta karbonium monoksida merupakan sebagian bagian kimia awan asap.

  • Sedikitnya daya Sensor

MAP yang mengukur titik berat manifold absolute pressure adalah intake kecil memperlihatkan beban mesin kecil ke PCM. PCM merespon dengan mengurangi jumlah bahan bakar yang disuntikkan ke dalam mesin. Walaupun Kamu cenderung mengenali adanya kenaikan ekonomi bahan bakar, Kamu juga akan melihat kalau mesin Kamu tidak sekuat sebelumnya. Dengan mengurangi bahan bakar ke dalam mesin, temperatur ruang bakar bertambah. Perihal ini akan menambah jumlah penciptaan NOx( oksida nitrogen) dalam mesin. NOx juga merupakan bagian kimia dari kabut asap.

  • Percobaan emisi yang gagal

Sensor Manifold Absolute Pressure Adalah yang kurang baik akan menimbulkan kendaraan Kamu gagal dalam percobaan emisi. Emisi knalpot Kamu bisa jadi membuktikan tingkat hidrokarbon yang besar, penciptaan NOx yang besar, CO2 rendah, ataupun tingkat karbon monoksida yang besar.

Demikian artikel singkat mengenai Manifold Absolute Pressure Adalah, semoga bisa bermanfaat. Nantikan artikel lainnya dari Bengkel Bubut Teknik Jaya, Sampai Nanti.

Author