• Post published:March 10, 2023
  • Post author:
  • Reading time:7 mins read
<<< Tolong Beri Rating Artikel ini

Mesin las listrik dan fungsinya berguna untuk pengelasan listrik. Tanpa las listrik, Anda tidak mampu mencapai kekuatan maksimal hingga tidak bisa membuat sambungan secara permanen pada benda kerja. Sebelum belajar mesin las ini, Anda harus mengetahui dulu bagian mesin las listrik dan fungsinya

bagian mesin las lsistrik dan fungsinya

8 Bagian Mesin Las Listrik Dan Fungsinya Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal bagian mesin las listrik sangatlah penting untuk memaksimalkan proses pengelasan. Selain paham bagian mesin las Anda juga perlu paham fungsi-fungsinya, inilah penjelasan lengkapnya:

Mesin Las

Mesin las adalah alas pengelasan listrik paling utama dan peralatan ini memiliki fungsi bisa mengubah energi listrik menjadi energi panas. Pemanfaatan energi panas biasanya untuk melelehkan logam induk, elektroda/logam dasar. Setelah proses tersebut keduanya bisa memadat menjadi satu dan akan membentuk sambungan pengelasan. Mesin las listrik dalam proses pengelasan SMAW, GMAW, GTAW hingga SAW mempunyai alat-alat pendukung relatif serupa. 

bagian mesin las listrik dan fungsinya

Perbedaan pada kedua alat ini bisa dilihat dari kemampuan komponen yang bisa dipakai sebagai ampere tinggi, terutama dalam proses pengelasan GMAW dan SMAW.

Baca Juga : Jenis Elektroda Las Listrik

Kabel Massa

Peralatan kabel massa merupakan kabel dengan fungsi mengalirkan listrik dari mesin las menuju benda kerja/logam induk. Alat ini sangat penting keberadaannya pada mesin las listrik, jika mesin rusak bisa mempengaruhi kinerja pengelasan. 

Klem Massa

Klem massa merupakan alat yang digunakan sebagai alat untuk menghubungkan kabel massa menuju logam induk. Secara umum klem massa dibuat dari logam, seperti tembaga atau logam lainnya yang punya sifat konduktor bagus. 

Pada klem massa dilengkapi dengan pegas yang berfungsi menjepit benda kerja dengan baik supaya benda kerja tidak mudah terlepas. Kerusakan pada pegas bisa mengakibatkan pekerjaan pengelasan terhambat. 

Kabel Elektroda

bagian mesin las listrik dan fungsinya selanjutnya adalah kabel elektroda yang merupakan kabel dengan fungsi mengalirkan arus listrik dari mesin las menuju holder/elektroda sehingga busur listrik bisa menyala saat disentuhkan ke benda kerja. 

Kabel las harus memiliki sifat fleksibel atau gampang digerakkan. Biasanya di dalamnya ada beberapa bagian misalkan, lapisan karet, lead, juga kawat tembaga. Perhatikan kondisi kabel elektroda secara berkala agar mesin las listrik tetap berjalan dengan baik.

Simak Pula : Keuntungan dan Kerugian Las Listrik

Elektroda

Peralatan las listrik elektroda adalah suatu material yang dipakai untuk proses pengelasan listrik. Fungsinya untuk pembakar agar busur bisa menyala. Ada berbagai elektroda, salah satu elektroda yang bisa melebur ketika proses pengelasan. 

Pemegang kawat las/holder 

Alat ini memiliki fungsi sebagai pemegang kawat las/elektroda ketika dipakai welder dalam proses pengelasan. Holder umumnya harus dibuat dari bahan yang mempunyai ketahanan panas tinggi. Hal ini sebagai antisipasi, karena posisi holder berdekatan dengan kawat las/elektroda yang mencari bahkan temperatur bisa meningkat sampai 2000℃.

Pada bagian dalam holder ada pegas dengan fungsinya mengunci/menjepit elektroda supaya gampang lepas dan bisa bergerak ketika dipakai untuk mengelas. Supaya holder tetap awet, Anda harus rutin membersihkan di daerah penjepit dari percikan las/kotoran yang membuat penjepit tidak bekerja maksimal ketika selesai dipakai mengelas. 

Palu / las

Bagian mesin las listrik dan fungsinya selanjutnya adalah palu las yang umumnya dipakai dalam membersihkan produk hasil pengelasan dari keras las/slag. Umumnya alat ini dipakai pada proses las yang jenis pelindungnya memakai flux dan spatter/percikan las. Cara membersihkan alat ini cukup mudah hanya dengan memukulnya/menggoreskan di bagian yang ada spatter atau slag-nya. 

Jenis Las Listrik Menurut Bagian Mesin Las Listrik Dan Fungsinya

Las listrik ada beberapa macam jenis. Mesin las listrik disediakan sesuai kebutuhan pengelasan logam masing-masing. Pembagian jenis las listrik ada empat, yaitu : 

  1. Las busur listrik
  2. Las terak listrik
  3. Las gas listrik
  4. Las resistensi listrik

Demikian informasi tentang mesin las listrik yang bermanfaat dalam memudahkan proses pengelasan sehari-hari. Anda bisa mendapatkan mesin las listrik ini dengan mudah, baik secara online atau offline. 

Harga biasanya tergantung dari jenis daya listrik yang diperlukan, brand, dan juga kualitas. Oleh karena itu, Anda harus bisa memastikan lokasi beli las mesin listrik terpercaya dan profesional. Biasanya dari segi harga dibanderol mulai jutaan rupiah. 

Itulah informasi tentang bagian mesin las listrik dan fungsinya yang semakin menambah pengetahuan Anda. semoga membantu. 

Author