Apa itu Hidrolik adalah akan dibahas dalam artikel ini. Perangkat yang menggunakan sistem hidrolik sudah banyak dalam kehidupan sehari-hari. Baik digunakan dalam keseharian maupun dalam industri besar seperti pabrik atau perusahaan. Namun bagi Anda yang belum paham betul tentang sistem hidrolik adalah, artikel berikut akan membahasnya dengan singkat.

apa itu hidrolik
Hidrolik

baca juga : Memprogram CNC Dasar

Pengertian Sistem Apa Itu Hidrolik Adalah

Sebelum belajar tentang fungsi sistem hidrolik dan kegunaannya, Anda harus paham terlebih dahulu pengertian apa itu hidrolik. Yang dimaksud dengan sistem hidrolik adalah suatu sistem yang bekerja dengan cara memindahkan daya dengan pengantarnya yaitu menggunakan zat cair. Nantinya energi yang dihasilkan dari sistem hidrolik adalah energi mekanis.

Gerakan yang dihasilkan dengan sistem hidrolik adalah nanti adalah bisa gerakan putaran, bisa juga gerakan segaris. Sistem hidrolik menggunakan prinsip dari hukum Pascal. Yang mana apabila fluida atau suatu yang cair apabila diberikan tekanan, maka tekanan tersebut dapat ke segala arah. Namun tekanan tersebut tidak bertambah atau berkurang.

Sistem Hidrolik adalah salah satu cabang dari aplikasi praktis cairan fluida. Terutama cairan dalam gerakannya. Ini terkait dengan mekanika fluida (qv), yang sebagian besar memberikan landasan teorinya.

Hidrolik berhubungan erat seperti aliran cairan dalam pipa, sungai, dan saluran dan pengurungannya oleh bendungan dan tangki. Beberapa prinsip sistem hidrolik juga berlaku untuk gas, biasanya dalam kasus di mana variasi densitasnya relatif kecil. Akibatnya, ruang lingkup hidrolik meluas ke perangkat mekanis seperti kipas dan turbin gas dan sistem pneumatik.

Cairan yang bergerak atau yang diberikan tekanan telah memberikan pekerjaan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia selama berabad-abad sebelum ilmuwan Prancis Blaise Pascal dan fisikawan Daniel Bernoulli asal Swiss merumuskan hukum yang menjadi dasar teknologi hidrolik modern.

Asal Muasal Hidrolik dari Hukum Pascal

Sekitar tahun 1650 Hukum Pascal yang dirumuskan menyatakan bahwa tekanan dalam cairan diteruskan secara merata ke segala arah. Maksudnya yaitu ketika air dibuat untuk mengisi wadah tertutup, penerapan tekanan pada setiap titik akan ditransmisikan ke semua sisi wadah.

Dalam Sistem tekanan hidrolik, hukum Pascal digunakan untuk mendapatkan peningkatan gaya. Gaya yang kecil diterapkan pada piston kecil dalam silinder kecil ditransmisikan melalui tabung ke silinder besar, di mana ia menekan secara merata ke semua sisi silinder, termasuk piston besar tersebut.

Hukum Bernoulli ini, dirumuskan kurang lebih satu abad kemudian. Hukum yang menyatakan bahwa energi dalam cairan fluida disebabkan oleh elevasi, gerakan, dan tekanan. Apabila tidak ada efek buruk akibat gesekan dan tidak ada usaha yang dilakukan, jumlah energinya tetap konstan. Dengan hal ini kecepatan yang berasal dari energi gerak dapat dirubah menjadi energi tekanan dengan memperbesar penampang pipa. Hal ini yang memperlambat aliran tetapi meningkatkan area di mana fluida tersebut menekan.

Contoh Sistem Hidrolik

Contoh sistem hidrolik adalah dibedakan menjadi dua macam, yaitu hidrolik motor dan hidrolik pompa. Pembahasan dari keduanya akan dibahas dengan singkat seperti di bawah ini.

1. Hidrolik Motor

Yang dimaksud dengan apa itu hidrolik motor adalah sistem hidrolik yang menghasilkan energi dengan cara konversi tekanan hidrolik aliran fluida. Energi yang dihasilkan dengan sistem ini adalah energi mekanis.  Jenis motor hidrolik yang umum dipakai adalah hidrolik roda gigi, baling-baling dan motor piston.

apa itu hidrolik
hidrolik motor

2. Hidrolik Pompa

Yang dimaksud dengan apa itu hidrolik pompa adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan tekanan pada suatu sistem hidrolik.

hidrolik pompa
hidrolik pompa

Baca Juga : Kalibrasi Alat Ukur

Penerapan Fluida Dalam Keseharian

Fluida merupakan suatu zat yang mengalir, namun zat engalir disii tentunya tidak melulu zat cair ya. Bisa berbentuk fluida gas dan bisa juga berbentuk fluida minyak. Fluida gas ini dapat mengalir dan dapat mengalami perubahan.

Pembagian jenis fluida ini digolongkan menjadi dua jenis, yaitu fluida statis yang merupakan fluida diam. Yang kedua adalah fluida dinamis yang merupakan fluida bergerak terus. Contoh penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

Fluida Pada Dongkrak Hidrolik Adalah

Dongkrak hidrolik merupakan salah satu contoh sistem hidrolik menggunakan jenis fluida yaitu fluida minyak. Pada dogkrak hidrolik, fluida akan mendatang gaya angkat pada penghisap besar, sehingga akhirnya dapat terangkat dengan dongkrak.

Fluida Pada Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik adalah contoh pemanfaatan sistem hidrolik dengan fluida gas. Pompa hidrolik nantinya akan memakai gaya tekan dari atas, kemudian perantara penghisap kecil akan keluar tekanan udara.

Fluida Pada Hydraulic Machine

Hydraulic Machine atau mesin hidrolik adalah yang sering dipakai pada sistem hidrolik alat berat dengan cara penerapan fluida secara otomatis. Pengontrolan otomatisnya yaitu dengan katup kotrol lalu dialirkan melalui pipa, selang, tabung atau yang lainnya. Energi yang besar tersebut melaui pipa-pipa akan mampu mengangkat beban yang besar.

Penerapan Hidrolik Motor Dalam Keseharian

Contoh penerapan motor hidrolik adalah yang diterapkan pada sistem hidrolik pada forklift. Forklift dengan menggunakan bantuan mesin diesel nantinya akan mampu menghasilkan putaran. Dengan putaran tersebut akan mampu menggerakkan oil pump atau pompa oli menuju control valve mesin forklift.

Dalam mesin control valve terdapat katup mesin sebagai pengontrol keluar dan masuknya batang torak di lift silinder mesin. Dengan peerapan sistem hidrolik tersebut menjadikan forklift dapat berfungsi menaikkan dan menurunkan beban.

Setelah membaca artikel di atas, bagaimana? Tentunya semakin paham ya tentang apa itu hidrolik. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami cara kerja dari sistem hidrolik adalah serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.