Di abad ini, berbagai macam jenis teknologi sudah semakin maju dan dikembangkan ke berbagai teknologi digital. Seperti halnya salah satu jenis motor pembakaran yang lambat laun mulai ditinggalkan dan kini beralih ke motor listrik yang keberadaannya lebih efektif dan tidak menimbulkan polusi udara seperti teknologi sebelumnya.

Nah, salah satu jenis motor listrik yang paaaling sering digunakan adalah motor servo. Fungsinya buat apa sih? Motor servo ini berguna banget sebagai salah satu komponen penggerak rangkaian. Beragam jenis mesin berbasis industri dan mainan elektronik mulai menggunakan teknologi ini loh.

Here’s the good one! Industri Manufaktur Sebagai Tren Modern di Indonesia

Tahu nggak sih? Ternyata motor servo ini jadi salah satu bagian penting dari Smart Factory Industry 4.0 yang sedang booming-boomingnya dalam perkembangan dunia teknologi saat ini.

Tapi, apa kalian sudah tahu? Apa sih sebenarnya Motor Servo yang sedang ramai dibicarakan ini? Dan gimana bisa kok banyak orang mulai beralih ke teknologi ini? Yuk! Simak bahasan berikut!

Motor Servo adalah perangkat
Motor Servo

Motor Servo adalah Teknologi Terbarukan

Motor Servo adalah motor listrik atau aktuator putar yaitu sebuah perangkat yang disusun menggunakan sistem closed loop (servo). Jadi, disini kamu bisa mengaturnya supaya bisa memastikan dan menentukan setiap posisi sudut dari poros/sumbu output motor. Jadi, kecepatan dan posisi sistem ini tidak dimiliki oleh motor biasa. Menarik bukan?

Sama halnya manusia, di teknologi 4.0 ini ke-efesiensi-an dan ke-otomatis-an sebuah produk sangat dibutuhkan agar mudah diterapkan. Oleh karena itu, Motor Servo nggak bisa berdiri sendiri loh. Ia membutuhkan banyak komponen pendukung supaya bisa berfungsi dengan baik.

Simak artikel lainnya yuk! Harga Jasa CNC Router MDF Kayu Berkualitas

Apa saja sih komponen pendukung Motor Servo yang berhasil membentuk sebuah teknologi efektif yang juga membantu produktivitas manusia? Here they are!

  • Motor Servo
  • Drive Servo
  • Gearbox (Opsional)
  • Aksesoris (Opsional)
Motor Servo adalah
Komponen Motor Servo

Rangkaian gear yang bertautan dengan poros motor DC gunanya untuk meningkatkan torsi motor servo dan melambatkan laju putaran poros. Sedangkan potensiometernya berperan sebagai batas penentu posisi pada putaran porosnya.

Jenis Motor Servo dan Pengertiannya

Umumnya, berdasarkan beban arus yang dimilikinya, Jenis Motor Servo terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Motor Servo AC adalah satu jenis perangkat yang berfungsi untuk mengerjakan beban berat atau tegangan arus listrik berdaya tinggi. Motor Servo AC ini cocok banget loh kalau kamu mau menerapkannya untuk mengendalikan beberapa mesin industri supaya bisa lebih efektif untuk digunakan.
  • Motor Servo DC adalah jenis yang perangkat yang fungsinya cuma bisa menjalankan beban dan tegangan arus yang lebih kecil.  Well, kalau kamu mau menerapkannya pada mesin-mesin kecil seperti drone, mobil, dan sebagainya, Motor Servo jenis inilah solusinya!

Kelebihan dan Kelemahan Motor Servo

Sejak kemunculannya yang booming di dunia perteknologian, Motor Servo pun tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Motor Servo:

  • Tidak bising saat beroperasi tegangan tinggi.
  • Beban yang diberikan sebanding dengan arus listrik yang digunakan.
  • Tidak menghasilkan getaran dan resonansi saat dioperasikan.
  • Encoder yang dipakai bisa mengubah akurasi dan resolusi.

Kelemahan Motor Servo

  • Untuk menstabilkan umpan balik, diperlukan pengaturan yang tepat.
  • Kalau encoder tidak memberikan feedback, motor akan menjadi tidak terkendali.
  • Motor Servo akan mengalami kerusakan kalau beban yang diberikan terlalu berlebihan.

Intinya gini, Motor Servo yang saat ini sedang digunakan oleh hampir setiap industri merupakan salah satu komponen penting yang berperan sebagai pengendali otomatis. Tapi, ingatlah salah satu pesan dari pakar teknologi berikut ini:

“Technology makes things faster and more cost-effective, but it’s not perfect. It requires you to be as flexible as you can be.”

— John Phillips

Maksudnya adalah Teknologi itu membuat segalanya lebih cepat dan lebih hemat biaya, tetapi hal tersebut tidak sempurna. Justru hal itu mengharuskanmu untuk menjadi sefleksibel yang kamu bisa. Well, done. Semoga bermanfaat, ya!

Simak Artikel kami lainnya