Jasa Bubut CNC adalah cermin dari kemajuan teknologi. Semakin hari semakin tidak dapat tertahankan, kita bisa lihat sendiri. Kemajuan ini pula terjadi pada bidang permesinan (machining) yaitu pada mesin bubut. Pada mesin bubut sekarang hadir teknologi CNC atau yang disingkat dengan Computer Numerical Control.

Perkembangan teknologi mengantarkan kita pada kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Seperti mesin bubut CNC yang hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai sektor terutama manufaktur jasa bubut cnc.

Mesin bubut sendiri merupakan mesin yang berfungsi untuk memotong, membentuk kemudian memproduksi benda kerja. Masyarakat berharap dengan Mesin CNC pekerjaan semakin mudah dan cepat tanpa mengabaikan ketelitian dan kualitas akhir benda kerja yang diproduksi.

jasa bubut cnc handal
Lathe CNC Procces

Jasa Bubut CNC Terbaik

Mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan mesin bubut yang pengoperasiannya dikendalikan oleh komputer dengan pemrograman numerik sesuai dengan namanya. Hal ini lah yang membedakan dengan mesin bubut manual atau konvensional. Mesin bubut konvensional dikendalikan dengan putaran tangan atau otomasi yang sederhana yaitu menggunakan cam. Namun secara umum prinsip kerja sama mesin bubut manual dengan mesin CNC adalah sama, benda kerja yang berputar disayat menggunakan alat potong.

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia permesinan, sudah barang tentu tidak asing dengan jasa bubut cnc. Jangan sampai anda salah pilihan dalam memilih partner. Kami adalah ahli dalam bidang ini. Sejak tahun 1994 jasa bubut cnc sudah melanglangbuana merayapi segala jenis pekerjaan permesinan.

Inventaris mesin yang dimiliki sudah lengkap akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis anda. Mesin bubut kami sangat mampu mengerjakan berbagai jenis pekerjaan permesinan. Dari mulai ukuran kecil, sedang, hingga ukuran heavy duty, seluruh komponen perusahaan kami menuju satu tujuan yang sama yaitu kepercayaan dari anda.

Dalam mengerjakan spare part di bidang permesinan, mesin bubut cnc saat ini adalah pilihan yang paling banyak dipilih, meskipun saat ini ada mesin cetak logam 3D. Akan tetapi jika melihat kecepatan dan efesiensi jasa bubut cnc masih tetap menjadi primadona di kalangan pemakai jasa machining.

Pada bidang permesinan atau machining proses, ada beberapa hal yang herus dipahami oleh kita semua dari mulai asal usul CNC, software basis CAD, CAM, hingga keuntungan, dan perawatan mesin CNC itu sendiri. Hal-hal ini akan dibahas dibawah ini.

Hubungi Kami :
Whatsapp : 0878-7368-2510
Email : mail@teknikjaya.co.id

Jasa Bubut CNC
Jasa Bubut CNC

Keuntungan Mesin CNC dalam Produksi

Saat ini mesin CNC atau jasa CNC sangat diminati banyak orang, dan memiliki beberapa keuntungan utama yaitu :

Produktivitas Meningkat Tajam

Mesin CNC dapat memproduksi benda kerja dalam kuantitas yang cukup besar. Tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya, karena produk yang dihasilkan sangat baik dan tidak terdapat perbedaan satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat mendukung efektivitas dalam kegiatan produksi.

Produktivitas Meningkat

Mesin CNC dapat memproduksi benda kerja dalam kuantitas yang cukup besar. Tidak perlu khawatir mengenai kualitasnya, karena produk yang dihasilkan sangat baik dan tidak terdapat perbedaan satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat mendukung efektivitas dalam kegiatan produksi.

Efisiensi Biaya dan Waktu

Dengan jasa bubut CNC tidak diperlukan manusia sebagai operator dalam jumlah yang banyak. Sehingga meminimalisir pengeluaran dalam hal membayar pekerja. Cukup efisien bukan? Dari segi waktu juga sangat efisien, karena mesin CNC dapat memproduksi banyak kuantitas dalam satu waktu bersamaan.

Akurasi yang Tinggi

Meskipun mesin CNC memproduksi benda kerja dalam kuantitas besar, namun ini tidak mengurangi tigkat akurasi produksi. Produk yang dihasilkan sama dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Sehingga tidak perlu khawatir operator salah dalam mengoperasikan mesin CNC ini.

Lebih Awet

Karena tingkat akurasi produksi yang tinggi, maka kualitas pun dijamin dan lebih tahan lama.

Nah, apakah Anda akan menjadi salah satu orang yang menggunakan mesin ini? Jika ya, maka Anda akan menemukan kesesuaian antara ekspektasi dengan hasil yang diperoleh. Mengenai harga Anda tidak perlu khawatir jika hasilnya sebanding dengan apa yang Anda dapatkan, bahkan lebih.

Jasa bubut CNC sangat ditentukan oleh kekuatan finansial perusahaan, mengingat harga mesin bubut CNC ini bisa mencapai 3 sampai 5 kali lebih tinggi dibandingkan mesin bubut manual. Harga mesin bubut CNC berada pada kisaran 300 juta hingga 3 miliar Rupiah. Tetapi, jika anda ingin memilih mesin bubut CNC second pun sudah banyak di pasaran dengan harga yang terjangkau apabila anda ingin memulai usaha pada bidang ini.

Wawasan Dasar CNC

Penting untuk mengetahui elemen apa saja yang terdapat dalam mesin CNC atau bagian utama mesin jasa bubut CNC. Berikut keterangan masing-masing bagian utama tersebut.

Bagian Utama Mesin Bubut CNC

  1. Kepala Tetap, Kepala tetap merupakan motor penggerak yang berfungsi memutar roda gigi dan spindle utama.
  2. Meja Mesin, Digunakan sebagai alat potong yang dipasang pada turret. Biasanya terbuat dari material yang cukup keras supaya tidak mudah rusak ketika terkena gesekan.
  3. Cekam, Cekam harus kuat untuk menjepit benda kerja yang sedang produksi, guna membuat hasil yang baik. Cekam didukung oleh kepala lepas sehingga putaran lebih stabil. Selain itu di dukung juga oleh tailstock quil yang memperkuat cekam.
  4. Pedal Kaki, Digunakan untuk membuka dan menutup cekam serta memaju dan mundurkan tailstock.
  5. Panel Kontrol, Bagian penting dari mesin CNC. Semua program dimasukkan pada panel ini.
  6. Tool Turret, Digunakan sebagai alat potong untuk dipasang pada turret.

Kemudian, Terdapat beberapa hal yang harus dipahami dalam bidang mesin modern CNC ini. simak poin-poin berikut ini :

Asal-usul CNC, CAD, dan CAM

CNC sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak lama, hanya saja dulu hanya berbentuk NC (Numerical Control) yang berarti kontrol angka atau control nomer yang memodifikasi mesin manual yang ditambahkan motor berbentuk servo. Dalam perkembangan nya mesin NC ini terjadi revolusi menjadi mesin CNC dengan sistem analog yang dilanjut dengan computer numerical control. Control pada mesin bubut CNC ini ada beberapa macam diantara dikembangkan oleh Fanuc, Syntec, Siemens, Sinumerik, GSK, dan lain sebagainya.

Sistem mesin CNC sendiri adalah memanfaatkan automatisasi dalam langkah kerjanya. Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan data-data nomer atau numeric dengan coding yang sudah ditentukan ke dalam media penyimpanan pada mesin bubut CNC. Tingkat ketelitian dari mesin ini bisa mencapai lebih dari 1 per 100 mm.

Selama perjalanan revolusi industri, komoditas CNC dalam bidang permesinan ini sangat erat kaitan nya dengan Computer Aided Design yang disingkat menjadi CAD. Program CAD ini digunakan dalam banyak software yaitu Autodesk atau autocad, Solidwork, SAP2000, Inventor, dan lain-lain.

Ketika penggunaan program CAD ini dilaksanakan, CAD dapat dikonversi menjadi Computer-Aided-Manufacturing yang disingkat CAM. CAM berfungsi menggambarkan proses machining yang divisualisasikan pada layar komputer sehingga dapat secara mudah diprediksi hasil pekerjaan dalam mesin CNC bubut. CAM sendiri mendukung beberapa jenis pekerjaan seperti yang dikutip dari Wikipedia, yaitu :

  • Desain, untuk merancang bentuk 3D wireframe yang dikonversi dari file CAM.
  • Bubut (Lathe), untuk pekerjaan mesin bubut.
  • Frais (Mill), untuk pekerjaan mesin milling yaitu drill, mill, dan lain sebagainya.
  • Wire, untuk membuat 2 hingga 4 sumbu wirepath.
  • Art, untuk mendesain 3D dengan cepat yang dikonversi dari bentuk 2D.
  • Router
jasa bubut cnc terbaik
Bengkel Bubut CV. Teknik Jaya Component

Sistem Kerja Mesin CNC

Perkembangan teknologi yang sudah tidak dapat di tahan lagi, termasuk pada bidang teknik pemesinan jasa bubut cnc. Varian mesin CNC pun sebenarnya sudah sangat banyak sekali dalam bidang permesinan. Dari mulai mesin bubut CNC, Mesin CNC Milling, Mesin CNC Laser cutting, Mesin CNC bending, dan mesin CNC lainnya.

Intinya program kerja CNC adalah semuanya berdasarkan perintah coding. Coding yang digunakan pun beragam tergantung developer mesin itu sendiri. CNC (Computer Numerical Control) memberikan kemudahan dalam sistem kerjanya, yaitu memproses pekerjaan berdasarkan coding yang disimpan dalam memory penyimpanan.

Dimulai dari pembuatan program kerja, kemudian menyimpannya dalam storage data, sampai akhirnya memberikan perintah kepada motor dan servo yang akhirnya menjadi energi mekanis pada spindel dan bed. Dalam prakteknya ada yang bed sebagai bidang yang dinamis (bergerak) ada pula tool yang bergerak, bahkan dapat keduanya bergerak secara dinamis. Sumbu mesin CNC sendiri saat ini sudah mencapai 5 sampai 6 sumbu, namun biasanya hanya 3 sumbu utama yakni sumbu x, y, dan Z.

Pengelolaan Mesin Jasa Bubut CNC

Dalam menjalankan mesin CNC harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

  • Lokasi atau tempat penempatan mesin bubut CNC, mesin bubut CNC tidak baik ditempatkan pada tempat bersuhu tinggi. Mesin bubut CNC baik ditempatkan dibawah suhu kamar.
  • Spare Part Mesin bubut CNC, pemilihan spare part harus teliti yaitu menggunakan spare part asli. Penggunaan spare part palsu hanya akan merusak komponen spare part lainnya dan menimbulkan masalah besar.
  • Perawatan mesin, mesin bubut CNC sangat dipengaruhi oleh perawatan berkala. Apabila perawatan dilakukan dengan baik dan berkala maka mesin pun akan tahan lama.
  • User atau operator yang mengoperasikan, operator harus memiliki keterampilan dan menguasai mesin bubut CNC karena jika tidak menghasilkan pekerjaan yang buruk dan tidak jarang ditemukan mesin bubut CNC berjalan tidak normal seperti biasanya.

Perawatan Mesin Bubut CNC

Perawatan adalah hal vital yang harus lebih difokuskan pada mesin CNC. Dikarenakan karakterisktik mesin ini adalah robotik sistem. Dia tidak memilik perasaan dan kemauan, kita lah yang memperlakukannya. Tak jarang ditemukan mesin bubut CNC yang masih bagus, hanya saja cepat rusak dan tidak beroperasi. Hal ini tidak lain karena kurang perawatan.

Diantara hal-hal yang harus dirawat dalam mesin CNC bubut yaitu :

  • Kelistrikan. Daya yang dibutuhkan oleh mesin harus dipenuhi, agar supply energi untuk menghasilkan energi mekanik dapat terpenuhi. Selain itu, agar komponen di dalamnya tidak rusak.
  • Kebersihan mesin. Skrap atau gram selama produksi harus selalu dipantau, karena jika tidak akan menimbulkan problem besar, misalnya macet dan mengganggu tool saat memakan benda kerja.
  • Saluran Coolant. Saluran coolant harus di cek secara berkala. Coolant adalah hal penting dalam mesin CNC. Karena penggunaan RPM tinggi pada mesin ketika bersentuhan dengan pahat akan menimbulkan panas yang berlebih. Agar pahat tidak cepat aus, maka coolant adalah tindakan preventifnya.
  • Control Utama. Hindari control dari sinar matahari bahkan cairan. Control utama ini adalah otak dari mesin yang bersifat elektrik, harganya pun sangat mahal. jadi harus dijaga dengan baik.
  • Servo dan Motor. Servo dan motor sebagai penggerak mekanikal adalah hal vital yang seringkali lalai di cek oleh user. Sehingga dapat menimbulkan error bahkan ukuran yang dikendaki melemnceng dari yang seharusnya.
  • Ball Screw. Ball Screw pada mesin harus selalu di cek kebersihan dan pelumasnya. Jika Macet maka efeknya besar, sampai bisa merusak sistem kerja utama. Cek lah pergerakan Ball screw mesin CNC anda berkala.
  • User. Sehebat apapun mesin anda jika user sebagai penunggang nya tidak paham karakter mesin maka masalah yang akan didapat. Sebisa mungkin user memahami dasar perawatan mesin CNC, minimal dalam hal kebersihan.

Siap Membantu Kebutuhan Spare Part anda

Sekarang banyak yang menawarkan jasa pengerjaan barang dengan mesin CNC, baik bubut atau milling. Dari sekian banyak yang menawarkan, anda harus lebih selektif dalam memilih partner. Percayakan pengerjaan part industri jasa bubut cnc kepada CV. Teknik Jaya Component. Karena kami memiliki banyak kelebihan dibanding penyedia lain. Harga yang bersaing, Pengiriman sesuai jadwal kirim, dan yang pasti hasil produk berpresisi tinggi, Percayakan jasa mesin bubut CNC anda.

Jika anda membutuhkan jasa bubut CNC yang berpengalaman dan berkualitas, maka Bengkel bubut CV. Teknik Jaya Component adalah jawaban nya. Kami memiliki SDM yang ahli dan berpengalaman lebih dari 25 tahun. Jasa bubut CNC yang kami tawarkan memiliki keunggulan dibanding yang lainnya. Keunggulan kami dalam menjalankan Jasa ini adalah :

  • Kualitas tinggi, dengan quality department yang sangat di kontrol dengan ketat, dan penggunaan alat ukur yang dikalibrasi secara berkala. Selain itu, kami juga menerapkan after sales service agar part yang anda terima benar-benar sesuai dengan drawing yang disepakati.
  • Harga Kompetitif, harga yang kami berikan dijamin lebih murah dibandingkan tempat yang lain akan tetapi bukan murahan karena kami menerapkan sistem manajemen quality yang mengedepankan efektif dan efisien.
  • Pengiriman tepat waktu – kami menjamin pengiriman part yang diminta akan sesuai dengan request dan didukung dengan customer care yang maksimal.

Pemesanan Jasa Bubut CNC :
WA : 0878 7368 2510
mail@teknikjaya.co.id

Leave a Reply